Sukses

Tolak Hadiah Pernikahan, Pengantin Ini Minta Tamu Sumbang Uang untuk Petani

Pasangan ini menolak hadiah pernikahan dan lebih baik diberikan kepada petani.

Liputan6.com, Jakarta Saat hari pernikahan, biasanya pasangan pengantin akan mendapatkan bingkisan atau amplop dari tamu undangan. Tamu undangan biasanya akan memasukkan amplop yang berisi uang tersebut ke dalam kotak yang sudah disediakan.

Namun, belum lama ini viral di media sosial pasangan pengantin yang menolak hadiah dan pemberiaan dari tamu undangan di hari pernikahannya. Pasangan ini mengimbau kepada tamu undangan untuk lebih baik menyerahkan uang tersebut kepada petani yang membutuhkan.

Pasangan yang menolak hadiah pernikahan dan viral di media sosial ini diunggah oleh pemilik akun Twitter @Dapindr pada 9 Desember 2020 lalu. Dalam video singkat tersebut terlihat pihak keluarga meminta tamu undangan untuk memberikan sumbangan kepada petani yang membutuhkan.

Terlihat dalam video tersebut kotak khusus untuk sumbangan para petani India. Aksi yang dilakukan oleh pasangan ini untuk menolak hadiah pernikahan dan meminta tamu undangan sumbang uang untuk petani dilansir Liputan6.com dari indiatimes dan Twitter @Dapindr, Minggu (13/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tolak Hadiah Pernikahan

Pasangan yang berasal dari India ini memilih untuk menolak hadiah pernikahan dan mengimbau kepada tamu undangan untuk lebih baik menyumbangkan uang kepada para petani India yang membutuhkan. Hal tersebut dilakukan karena sehubungan dengan protes petani India baru-baru ini.

"Alih-alih membayar uang 'shagun' untuk pasangan itu, tolong donasikan uang tersebut untuk para petani yang memprotes di Delhi. Uang ini akan digunakan untuk menyediakan makanan, pakaian hangat, dan kebutuhan lainnya kepada para petani," kata seorang penyiar dalam video berdurasi 1 menit di laman Twitter @Dapidr.

Video singkat yang berdurasi 1 menit ini diunggah oleh pemilik akun @Dapindr pada 9 Desember 2020 dan sudah ditonton lebih dari 100 kali. Dalam video tersebut juga terlihat bahwa terdapat kotak kosong yang dimana tentunya untuk meletakkan sumbangan dari para tamu undangan. Para petani yang melakukan protes ini terjadi di Muktsar Punjab, sekitar 250 kilometer dari Chandigarh.

3 dari 3 halaman

Petani Lakukan Protes

Pasangan yang menolak hadiah pernikahan dan mengimbau tamu undangan untuk sumbang uang tersebut kepada petani bukan tanpa alasan. Dilansir dari indiatimes, petani India telah memprotes tiga undang-undang pertanian baru yang mereka yakini akan menurunkan pendapatan mereka. Para petani menuturkan bahwa mereka akan menerima eksploitasi dari rumah-rumah perusahaan besar.

Namun, pemerintah pusat percaya bahwa undang-undang baru tersebut akan memberikan opsi baru bagi petani karena mereka akan diizinkan untuk menjual produknya di mana pun mereka mau. Selain itu, para petani ingin pemerintah pusat mencabut hukum tersebut.

Dalam kejadian lainnya, seorang petani dari Amroha tidak menghadiri pernikahan putrinya untuk mendukung komunitasnya saat protes. Subhash Cheema yang berusia 58 tahun menyaksikan upacara tersebut melalui panggilan video yang diatur oleh anggota keluarganya. Dia percaya bahwa kehadirannya lebih dibutuhkan pada saat protes untuk membela mata pencahariannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini