Sukses

6 Artis Ini Mengidap Skoliosis, Perjuangannya untuk Sembuh Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan artis Indonesia tak pernah lepas dari sorotan publik. Selain kariernya yang bersinar di industri hiburan Tanah Air, kehidupan pribadinya juga kerap menjadi perhatian. Apapun yang dibagikan di media sosial, selalu membuat publik penasaran dan ingin mengulik hal tersebut lebih jauh.

Salah satu hal yang kerap menyita perhatian adalah perjuangan para artis Tanah Air ketika berjuang melawan penyakit yang dideritanya, salah satunya adalah penyakit kelainan tulang skoliosis. Skoliosis sendiri adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung, seperti huruf C atau S.Skoliosis lebih sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas, yaitu sekitar usia 10-15 tahun.

Perjuangannya untuk sembuh pun membuat warganet salut. Bahkan para artis yang mengidap penyakit skoliosis sejak lama ini mengajak para pengikutnya untuk selalu bersyukur. Ragam upaya tentunya dilakukan para artis ini untuk sembuh.

Bahkan cerita perjuangannya dan cerita para artis untuk melawan insecure karena penyakitnya ini tak jarang dibagikan di media sosial. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang artis yang mengidap kelainan tulang skoliosis, Senin (14/12/2020).

2 dari 7 halaman

1. Cinta Kuya

Belum lama ini, Cinta Kuya membagikan cerita perjuangannya untuk sembuh dari penyakit skoliosis yan diidapnya di akun TikTok miliknya. Dalam video singkat tersebut, sulung dari dua bersaudara ini membagikan momen-momen saat ia melakukan perawatan agar tulang belakangnya yang melengkung bisa lurus.

Bahkan melalui akun TikToknya, buah hati Uya Kuya ini menuturkan bahwa saat awal mula menderita skoliosis, ia mengaku insecure.

"Jujur gue insecure dengan kekurangan gue ini. tapi at the end we have to accept kekurangan kita. Dengan cerita ini gue harap, kalian banyak bersyukur ya," tulis Cinta Kuya di TikTok, Kamis (10/12/2020).

 

3 dari 7 halaman

2. Jessica Mila

Jessica Mila juga merupakan salah satu artis yang mengidap skoliosis sejak ia duduk di bangku SMP. Jessica Mila pernah membagikan potret hasil rontgen tulang belakangnya yang terlihat alami skoliosis. Foto tersebut dibagikan Jessica Mila di Instagram pada 18 Juni 2020.

Pemeran Nayla dalam sinetron Ganteng-Ganteng Srigala ini juga rutin melakukan olahraga dan perawatan agar ia kembali sembuh. Pasalnya, jika penyakit skoliosis ini kambuh akan menghambat aktivitas dan membuat seseorang menjadi tidak nyaman.

"Tetapi aku harus rajin olahraga, tetap harus menjaga pola makan aku, pola tidur aku. Karena semuanya itu berpengaruh gitu. Jadi aku harus tetap jaga supaya hidup sehat. Karena itu sangat mempengaruhi tulang punggung aku. Jadi ya paling itu aja sih yang aku lakuin," ungkap Jessica dilansir dari Kapanlagi.com.

 

4 dari 7 halaman

3. Gracia Indri

Kakak Gisella Cindy, yakni Gracia Indri merupakan artis Indonesia yang juga mengidap penyakit skoliosis dan pernah membagikan cerita perjuangannya di media sosial. Kakak dari Gisela Cindy ini sudah mencapai 45 derajat kemiringan tulang belakangnya.

Rupanya kondisi ini dialami karena tak kuat menahan berat tubuhnya. Alhasil tulang belakangnya pun mengalami pelengkungan dan munculah skoliosis.

Rutin berolahraga dan menjalani terapi merupakan upaya yang dapat dilakukan agar tulang belakang yang melengkung bisa kembali lurus.

"Scoliosis. Emang bener aku pernah kena Scoliosis miring 45 derajat, kalo di kasus aku karena tulang tidak kuat menopang ketika berat badan berlebih. Sempet melakukan terapi dan sekarang diteruskan saat olahraga Gak usah berat2 beban nya .. yg penting rutin," tulis Gracia Indri di laman Instagram pribadinya pada (13/5/2019).

5 dari 7 halaman

4. Aurelie Moeremans

Kakak Jeremie Moeremans, yakni Aurelie Moeremans juga mengidap skoliosis. Kelainan tulang belakang atau skoliosis ini diidapnya sejak tahun 2014 silam.

Hal tersebut pernah diceritakan Aurelie di laman Instagram pribadinya. Bahkan ia pernah mengunggah potret tulang belakangnya yang melengkung. Terapi dan olahraga rutin dilakukan artis kelahiran Belgia ini agar bisa sembuh dan tulang belakangnya bisa lurus.

"Baru sadar kalo bulan juni adalah #scoliosisawarenessmonth.. This is my spine.. Yep.. ini foto 3 tahun lalu.. ada yang punya #scoliosis juga? Kalo ada cerita feel free to share disini ya.. #notbrokenjustbent," tulis Aurelie Moeremans dilansir dari Brilio.net pada Senin (14/12/2020).

6 dari 7 halaman

5. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani juga merupakan salah satu artis yang mengidap penyakit kelainan tulang belakang atau skoliosis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung, seperti huruf C atau S. Ragam upaya dan pengobatan dilakukan para artis agar bisa sembuh dari penyakit tulang belakang ini.

7 dari 7 halaman

6. Opi Eks Supergirlies

Supergirlies merupakan salah girlband di Indonesia yang pernah naik daun dan mewarnai industri musik Tanah Air. Salah satu personel Supergirlies, yakni Opi terpaksa harus hengkang dari grup musik yang sudah membesarkan namanya karena mengidap penyakit skoliosis.

"Dari Manajemen 18 Musik membawa berita bahwa per tanggal 29 September 2013 mengumumkan bahwa Opi sudah tidak bersama Supergirlies, dikarenakan ada sakit di tulang punggung (skoliosis), jadi dia butuh perawatan dan istirahat," terangnya dilansir dari Brilio.net

Opi pun menambahkan jika skoliosis yang ia alami sudah berkurang dua derajat. Ia pun harus menjalani terapi rutin dan memakai alat bantu yakni brace untuk lekas sembuh.

"Tahun ini berkurang dua derajat (tulangnya turun), udah susah nopang. Sebenernya satu-satunya cara operasi, tapi resikonya besar, jadi lebih baik terapi, pake breket penyangga yang nggak bisa lepas 20 jam kecuali mandi. Untuk sekarang pengen sembuh dulu. Kalau misalnya ke depannya bisa berkarya ya ngga apa-apa, Insya Allah," terang Opi.