Sukses

10 Manfaat Teh Kunyit dan Cara Membuatnya, Tingkatkan Kekebalan

Liputan6.com, Jakarta Kunyit dikenal sebagai rempah kaya khasiat. Rimpang berwarna oranye kekuningan ini kaya akan antioksidan yang membantu mencegah berbagai penyakit. Tak hanya dicampurkan sebagai bumbu masakan, kunyit juga sudah lama dikonsumsi sebagai minuman herbal.

Salah satu minuman herbal kunyit yang bisa dicoba adalah teh kunyit. Teh kunyit adalah salah satu bentuk konsumsi kunyit yang populer. Minum teh kunyit merupakan salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kunyit.

Teh kunyit juga mudah dan cepat dibuat. Minum teh kunyit dipercaya bisa mendatangkan beberapa manfaat. Berikut manfaat teh kunyit, dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Senin(14/12/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat teh kunyit

Kurangi gejala artritis

Sebagai anti-inflamasi, kurkumin dalam kunyit dapat membantu mengurangi gejala artritis. Sifat anti-inflamasi yang kuat dari teh kunyit dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita artritis. Kunyit dapat membantu menghilangkan nyeri dan sakit pada penderita osteoartritis.

Tingkatkan kekebalan

Kurkumin terbukti meningkatkan fungsi kekebalan dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kurkumin juga telah terbukti bertindak sebagai modulator kekebalan, membantu mengatur fungsi sel kekebalan melawan kanker.

3 dari 7 halaman

Manfaat teh kunyit

Bantu kurang komplikasi kardiovaskular

Beberapa penelitian telah menunjukkan kurkumin memiliki sifat meningkatkan kesehatan jantung. Ini bermanfaat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi untuk sistem kardiovaskular.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa mengonsumsi 4 g kurkumin per hari 3 hari sebelum dan 5 hari setelah operasi pencangkokan bypass arteri koroner, mengurangi risiko serangan jantung sebesar 17 persen.

Cegah kanker

Banyak khasiat teh kunyit, termasuk sifat antioksidan dan anti-inflamasi, dapat berkontribusi untuk pencegahan kanker. Sebagai antioksidan dan antiradang, kurkumin dianggap dapat menurunkan risiko sel-sel dalam tubuh rusak, mengurangi risiko mutasi sel dan kanker.

Lebih lanjut, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin memiliki sifat anti tumor, membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

4 dari 7 halaman

Manfaat teh kunyit

Bantu atasi sindrom iritasi usus

Kurkumin telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi pencernaan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kurkumin dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sindrom iritasi usus dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang dengan kondisi tersebut.

Cegah alzheimer

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mengurangi kemungkinan beberapa kondisi neurodegeneratif. Antioksidan kunyit mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan Alzheimer.

Kekuatan antioksidan dan anti-peradangannya dianggap mengurangi kerusakan sel, peradangan, dan endapan atau plak amiloid penyebab kondisi ini. Curcumin mungkin dapat memperlambat atau mencegah beberapa perubahan protein terkait usia yang terkait dengan neurodegenerasi.

5 dari 7 halaman

Manfaat teh kunyit

Cegah penyakit hati

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dapat melindungi dari kerusakan hati. Potensi manfaat hati dan kandung empedu dari kurkumin termasuk meningkatkan produksi cairan empedu pencernaan sekaligus melindungi sel hati dari kerusakan akibat bahan kimia yang berhubungan dengan empedu.

Cegah diabetes

Obat tradisional telah menggunakan kunyit untuk diabetes selama ribuan tahun. Beberapa penelitian yang menggunakan model hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa suplementasi kurkumin memiliki sifat anti-diabetes.

6 dari 7 halaman

Manfaat teh kunyit

Turunkan kolesterol

Ada bukti bahwa kunyit efektif untuk melakukan hal itu. Misalnya, sebuah studi tahun 2008 yang menemukan bahwa dosis rendah kurkumin dikaitkan dengan penurunan LDL dan kadar kolesterol total. Menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan beberapa kondisi serius, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Bantu atasi kondisi paru-paru

Para peneliti menduga bahwa sifat anti-inflamasi dan antioksidan kurkumin dapat membantu mengurangi gejala kondisi paru-paru kronis atau jangka panjang. Tinjauan medis tahun 2017 menyimpulkan bahwa meskipun bukti klinisnya terbatas, kurkumin dapat membantu mengobati asma, fibrosis paru dan kistik, kanker atau cedera paru-paru, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

7 dari 7 halaman

Cara membuat teh kunyit

Teh kunyit dapat dibuat dari bubuk kunyit atau parutan kunyit segar. Berikut cara membuat teh kunyit sederhana:

1. Rebus 4 gelas air

2. Tambahkan 1 hingga 2 sendok teh bubuk kunyit, parut, atau bubuk

3. Biarkan campuran mendidih selama kurang lebih 10 menit.

4. Saring teh ke dalam wadah dan biarkan dingin selama 5 menit.

Teh kunyit jahe

1. Siapkan panci yang telah diisi 4 gelas air.

2. Memarkan masing-masing satu rimpang kunyit dan jahe lalu iris tipis-tipis. Masukkan ke dalam air di dalam panci.

3. Tambahkan masing-masing 2 sendok makan gula pasir dan gula jawa.

4. Rebus air kunyit dengan api kecil hingga mendidih dan kunyit maupun jahe matang.

5. Jika sudah matang, angkat lalu saring air kunyit jahe.

6. Tambahkan 2sendok makan madu ke dalamnya dan aduk rata.

7. Sajikan di gelas saji.

Kunyit madu

1. Parut 2 rimpang kunyit hingga halus.

2. Rebus 1 gelas air hingga mendidih.

3. Masukkan parutan kunyit hingga matang.

4. Matikan api dan saring kunyit ke dalam gelas.

5. Tambahkan madu dan aduk hingga rata.

6. Minum selagi masih hangat secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Kunyit lemon

1. Masukkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam gelas. Tambahkan air hangat, aduk rata.

2. Tambahkan perasan 1/4 buah lemon.

3. Masukkan madu untuk penambah rasa.

4. Agar bubuk kunyit tak mengendap, jangan lupa untuk mengaduk minuman ini terlebih dahulu sebelum menikmatinya.