Sukses

Virtual Adalah Bentuk Komunikasi Maya, Ketahui Pengertian dan Jenisnya

Virtual adalah bentuk komunikasi maya melalui internet.

Liputan6.com, Jakarta Industri teknologi terus mengembangkan berbagai metode komunikasi. Komunikasi yang saat ini sedang populer adalah dilakukan secara virtual. Istilah virtual adalah mirip dengan sesuatu yang dijelaskan, biasanya menggunakan perantara internet, gawai, dan aplikasi.

Virtual memiliki sinonim mirip atau maya. Bisa dikatakan pula bahwa virtual adalah segala komunikasi yang dilakukan secara maya untuk terhubung dengan lawan bicara. Praktiknya sudah merambah ke berbagai sendi kehidupan, termasuk pendidikan sebagai metode pembelajaran yang terbarukan.

Tidak hanya mengandalkan internet, ruang komunikasi virtual adalah aplikasi. Ruang untuk melakukan banyak tipe komunikasi, entah itu teks, suara, video, dan berbagai panggilan lainnya. Jenisnya juga beragam, ada yang formal, informal, dan lain-lain.

Berikut Liputan6.com ulas virtual adalah mirip dengan sesuatu yang dijelaskan dari berbagai sumber, Senin (14/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Pengertian Virtual

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, virtual adalah memiliki tiga arti atau makna. Pertama disebut secara nyata. Kedua adalah mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan. Ketiga diartikan tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya di internet.

Untuk praktik di kehidupan nyata, virtual adalah sesuatu yang bersifat maya. Kini banyak difungsikan di berbagai sendi kehidupan dan bidang. Pendidikan, sosial, politik, kemasyarakatan, bisnis, dan masih banyak lagi. Biasanya diterapkan untuk keperluan sekolah, rapat, diskusi, dan lain-lain.

Sederhananya, virtual adalah mirip dengan sesuatu yang dijelaskan melalui perantara internet. Tanpa internet, komunikasi virtual tidak bisa dilangsungkan. Virtual adalah bentuk komunikasi langsung tanpa bertemu secara nyata, hanya mirip seperti nyata. Media komunikasi virtual adalah gawai seperti smartphone, komputer, laptop, smart TV, notebook, dan netbook.

Tidak cukup dengan gawai dan internet, komunikasi virtual masih harus diperantarai sebuah aplikasi. Aplikasi bisa disebut sebuah ruang yang bisa digunakan untuk bertemu dan melangsungkan suatu pertemuan yang mirip dengan kenyataan sebenarnya. Ada banyak sekali jenis aplikasi untuk komunikasi virtual yang bisa digunakan.

3 dari 6 halaman

Tipe Komunikasi Virtual

Menurut tipenya, komunikasi virtual adalah bisa dilakukan dengan banyak metode. Melalui obrolan dalam bentuk tulisan, panggilan video, panggilan suara, video, dan suara dengan sifat tunda. Berikut penjelasannya:

Video Call

Komunikasi virtual jenis ini menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Sehingga komunikator dan komunikan akan tetap mengetahui keadaan lawan bicaramu melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

Chatting

Komunikasi virtual chatting dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara. Saat ini pun berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

Call

Komunikasi virtual call merupakan komunikasi yang bisa dilakukan dengan cara telepon. Jadi kamu bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi. Namun tak sedikit  yang memiliki ketiga jenis komunikasi sinkron pada sebuah aplikasi.

Video

Berbeda dengan komunikasi virtual video call, pada komunikasi asinkron video ini, kamu hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini kamu tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lwan bicara kamu.

4 dari 6 halaman

Jenis Komunikasi Virtual

Formal

Jenis komunikasi ini biasa dilakukan pada acara formal ataupun acara resmi. Tujuan dari komunikasi formal sendiri ialah untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan suatu kepentingan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk jenis komunikasi formal, diantaranya menggunakan surat perintah, video conference ataupun komunikasi saat dalam sebuah rapat.

Informal

Komunikasi ini kebalikan dari komunikasi formal. Selain itu, jenis komunikasi ini memiliki tujuan untuk menjaga hubungan sosial. Selain itu, pesan atau obrolan yang akan disampaikan pun tidak terencana.

Kelompok

Seperti namanya, jenis komunikasi daring ini dilakukan secara berkelompok atau berregu. Jenis komunikasi ini biasa terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform.

Jaringan Kerja

Jenis komunikasi ini memiliki sifat pribadi. Karena tentu saja jenis komunikasi ini berhubungan dengan keperluan pekerjaan. Selain itu, pada komunikasi jaringan kerja, biasanya sebuah perusahaan memiliki alat komunikasi sendiri seperti email atau pun platform khusus.

Non Formal

Komunikasi ini bisa terjadi diluar acara resmi. Namun meskipun berada pada acara resmi, jenis komunikasi yang dilakukan ini bersifat pribadi atau hubungan dekat.

5 dari 6 halaman

Aplikasi Virtual yang Sering Digunakan

WhatsApp

Jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, aplikasi pesan milik Facebook ini memang sangat mudah digunakan dan dapat berfungsi di perangkat Android ataupun iOS. Menawarkan fitur end-to-end encryption, ini berarti hanya kamu dan lawan bicara yang bisa membaca pesan dikirim.

Selain untuk berkirim pesan, tidak banyak orang yang mengetahui atau menggunakan WhatsApp sebagai panggilan video. Tampilan yang mudah digunakan, aplikasi ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin video call dengan satu lawan bicara.

Skype

Dibuat oleh Microsoft, Skype sudah tersedia untuk pengguna iOS, Android, PC Windows, dan Mac ini menawarkan panggilan video dan audio, serta chatting.

Hadir sebagai salah satu pilihan pengganti Zoom, Skype mendukung obrolan hingga 50 orang--panggilan audio. Sedangkan untuk video jumlahnya tergantung dari jenis perangkat yang digunakan.

Tak hanya itu, Skype juga memungkinkan penggunanya untuk merekam, menyimpan, dan membagikan video call, dan menambahkan teks atau subtitle secara langsung.

Microsoft Teams

Microsoft Office Mobile untuk iPhone dan Android kini gratis, termasuk fitur membuat dokumen dan mengedit dokumen yang sebelumnya berbayar. Untuk perusahaan yang meluncurkan Office 365, Microsoft Teams mengabungkan fitur chat, video dan audio call, dan aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint ke dalam satu hub.

Bagi kamu yang sudah memiliki dan berlanganan Office 365, layanan ini sudah langsung tersedia dan dapat langsung digunakan. Meski tidak punya, kamu bisa mengunduh software dan aplikasi ini secara gratis. Pada Maret, Microsoft meningkatkan batas pengguna pada versi gratis. Tak hanya itu, perusahaan juga menawarkan trial secara cuma-cuma software tersebut selama enam bulan.

Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet merupakan platform konferensi video terintegrasi dalam platform G Suite yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan meeting via web, laptop, atau aplikasi di smartphone.

Jika perusahaan kamu memakai atau berlangganan Google Apps, kamu dapat mengirim link meeting lewat aplikasi Google Calender.  Adapun orang yang bisa bergabung ke dalam sesi Meet ini mencapai 100 orang, dan sangat sesuai dipakai untuk meeting perusahaan, perkuliahan, atau sekolah.

6 dari 6 halaman

Asisten Virtual yang Populer

Siri

Seiring perkembangan sistem operasinya, Apple turut meningkatkan kemampuan asisten virtual ini. Terbaru, Siri dapat mempelajari kebiasaan pengguna.

Melalui pembaruan ini, Siri dapat mengerti perintah yang diberikan pengguna sehari-hari. Sebagai contoh, asisten virtual ini dapat melakukan pemesanan transportasi online, menjadwalkan pertemuan, termasuk mengirim pesan via aplikasi chatting.

Tak hanya itu, ia pun akan terintegrasi dengan aplikasi iMessage dan menawarkan sinkronisasi iCloud secara otomatis. Apple dikabarkan juga akan mengoptimalkan performa Siri untuk sistem operasi TV pintar, Apple Watch, tvOS, dan watchOS.

Bixby

Memulai debut di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus Maret 2017, Samsung segera memperluas jangkauan dari layanan asisten virtual ini. Kini, Bixby dilaporkan telah menyambangi lebih dari 200 negara.

Negara-negara yang dimaksud di antaranya adalah Inggris, Australia, Kanada, dan Afrika Selatan. Seperti diketahui, saat ini Bixby Voice baru bisa dipakai di Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Bixby Voice dikembangkan sebagai antarmuka cerdas milik Samsung yang membantu pengguna memberikan perintah ke perangkatnya dengan cepat dan mudah melalui perintah suara.

Google Assistant

Asisten virtual ini pertama kali diperkenalkan di seri smartphone Google Pixel bulan lalu. Namun tak butuh waktu lama bagi Google untuk memperluas cakupan Google Assistant.

Kini, layanan asisten virtual ini hadir pula di perangkat Android yang sudah menjalankan versi Marshmallow dan Nougat. Sama seperti asisten virtual lain, fitur di aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat janji, bertanya soal informasi, termasuk terhubung dengan perangkat Google lain.

Bahkan, pengguna aplikasi chatting Allo kini dapat mengajak bicara Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Menurut Product Lead Google Allo, Adam Rodriguez, pengguna bisa menambahkan Google Assistant ke dalam percakapan grup atau percakapan pribadi untuk menanyakan hal apa pun.

Kemampuan Google Assistant berbahasa Indonesia tak lepas dari jumlah pengguna di Tanah Air yang terus meningkat. Karena itu, kemampuan asisten virtual ini juga akan terus ditingkatkan.

Alexa

Alexa merupakan sistem berbasis perintah suara yang dikembangkan Amazon untuk speaker besutannya, Echo. Kemampuan Alexa mencakup perintah untuk menyalakan lampu atau memasang lagu di rumah.

Seiring perkembangkan waktu, asisten virtual ini juga merambah produk lain, seperti Amazon Dot dan Tap. Kepopuleran asisten virtual ini juga dilaporkan terus menanjak bahkan mulai menyusul Siri.

Alasannya, pengguna Echo terus tumbuh dengan cukup cepat dan berimbas pada adopsi pengguna Alexa. Tak hanya itu, interaksi pengguna dengan Alexa juga lebih konsisten ketimbang tahun lalu.

Terbaru, Amazon dan Microsoft baru saja mengumumkan kerja sama yang fokus pada integrasi asisten virtualnya, Alexa dan Cortana. Jadi, pengguna bisa memanfaatkan perangkat berbasis Alexa untuk menggunakan fitur milik Cortana.

Cortana

Asisten virtual besutan Microsoft ini pertama kali meluncur di Windows Phone 8.1. Memiliki kemampuan serupa asisten virtual lain, Cortana kini juga telah menyambangi Windows 10.

Tahun lalu, Microsoft juga memperluas kemampuan Cortana dengan integrasi lebih baik untuk aplikasi email Outlook dan kalender. Selain itu, juga lebih pintar dalam mengenali waktu secara spesifik dan permintaan aktivitas.

Fitur baru lainnya termasuk membalas pesan yang datang dari ponsel Android di PC Windows. Selain itu, developer juga akan bisa mengintegrasikan Cortana ke dalam aplikasi mereka sehingga pengguna dapat melakukan tindakan dengan suara dan fungsi otomatis lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.