Sukses

8 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental, Atasi Depresi

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental bisa kamu dapatkan dengan menerapkannya secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat olahraga bagi kesehatan mental tidak dapat dianggap sepele. Kebanyakan orang menganggap olahraga hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Padahal, kesehatan mental seseorang yang sering berolahraga juga akan lebih baik.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa manfaat olahraga bagi kesehatan mental sangat besar. Bahkan, para peneliti merekomendasikan pasien depresi, cemas, dan masalah mental lain untuk melakukan aktivitas fisik. 

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental bisa kamu dapatkan dengan menerapkannya secara rutin. Berolahraga dapat mencegah munculnya masalah mental dan mengatasi berbagai gejala pada penyakit mental yang dialami seseorang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Senin (14/12/2020) tentang manfaat olahraga bagi kesehatan mental.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Mood Jadi Lebih Baik

Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan mental adalah menjadikan mood lebih baik. Suatu penelitian menunjukkan, para partisipan merasa lebih tenang, senang, dan puas setelah berolahraga, sehingga mood-nya menjadi lebih baik.

Jadi, jika kamu merasa sering mengalami suasana hati yang naik-turun atau sedang mengalami mood yang buruk, sebaiknya kamu segera berolahraga agar kamu kembali ceria. Dengan begitu suasana hatimu akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mempertajam Ingatan

Hormon endorfin yang dihasilkan tubuh saat kamu berolahraga juga membantu mempertajam pikiran, ingatan, dan meningkatkan konsentrasi. Pasalnya, olahraga merangsang pertumbuhan sel-sel yang baru di otak.

Berbagai penelitian tunjukkan olahraga mampu meningkatan fungsi otak dan efek positif pada ingatan seperti diungkap studi dari Harvard Medical School.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental berikutnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Olahraga dapat meningkatkan zat kimia di otak, yaitu brain-derived neurotrophic factor (BDNF), yang dapat merangsang pembentukan sel otak baru. 

Baik olahraga yang bersifat aerobik maupun melatih kekuatan otot, keduanya dapat meningkatkan kadar BDNF. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi otak yang juga turut memengaruhi kesehatan mental.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Mengurangi Stres

Mengurangi stres juga merupakan salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan mental. Dengan berolahraga, kadar stres dapat berkurang. Hal ini karena peningkatan detak jantung saat olahraga dapat mencegah kerusakan otak akibat stres dengan merangsang produksi hormon saraf (norepinefrin) dan menurunkan kadar hormon stres (kortisol).

Selain itu, olahraga juga membuat sistem saraf pusat dan saraf simpatik tubuh dapat berkomunikasi satu sama lain. Jadi, kemampuan tubuh secara keseluruhan dalam mengatasi stres dapat meningkat.

Mengatasi Depresi

Selain mengurangi stres, manfaat olahraga bagi kesehatan mental juga dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar endorfin, yaitu hormon bahagia yang diproduksi oleh otak dan sumsum tulang.

Bahkan, para dokter pun menyarankan pasiennya untuk berolahraga rutin untuk mengatasi depresi atau kecemasan sebelum beralih ke penggunaan obat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Memperlambat Terjadinya Penurunan Kognitif

Seiring bertambahnya usia, meningkat pula risiko terjadinya demensia dan penurunan fungsi kognitif pada usia lanjut. Berbagai penelitian telah menunjukkan, aktivitas fisik dapat menurunkan risiko demensia dan penurunan kognitif.

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental ini perlu kamu terapkan dari sekarang. Dengan begitu, kamu bisa menghindari terjadinya penurunan kognitif dan demensia di masa tua nanti.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tidur. Olahraga ringan di pagi atau sore hari dapat membantu mengatur pola tidur. Adanya aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu tubuh. Hal ini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga lebih gampang tertidur.

Jika kamu susah tidur di malam hari atau mengalami insomnia, maka cobalah untuk berolahraga rutin. Tapi, meski olahraga mampu meningkatkan kualitas tidur, para ahli tidak menyarankan olahraga menjelang waktu tidur karena dapat memperburuk kualitas tidur.

Meningkatkan Percaya Diri

Selain itu, rasa percaya diri juga akan semakin meningkat merupakan salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan mental. Orang yang rutin berolahraga akan terbantu untuk menurunkan dan menstabilkan berat badan, serta mengencangkan otot tubuh. Pada akhirnya, penampilan akan menjadi lebih baik dan rasa percaya diri pun meningkat. Rasa percaya diri dinilai merupakan salah satu kunci dari kesejahteraan mental.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini