Sukses

DIY Terima 50 Ribu Masker dari Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan

Liputan6.com, Yogyakarta Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mendapat bantuan 50 ribu masker dari Pemerintah Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan. Proses serah terima ini dilakukan secara simbolik oleh Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji Senin (14/12/2020) di Ruang Rapat Sekda DIY, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

50 Ribu masker senilai dengan 170 juta rupiah yang diterima DIY ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah Gyongsangbuk-do sebagai sister province. Gyongsangbuk-do telah menjalin kerjasama dengan DIY sebagai sister province sejak 2005.

50 ribu masker ini kemudian diserahkan oleh Ketua DPPM DIY Agus Priyono dan selanjutnya diserahterimakan kepada perwakilan BPBD DIY, Suwardoyo, SH. M.Si, selaku Kepala Bidang Logistik dan Peralatan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Dukung program 1 juta masker

Wardoyo selaku Kepala Bidang Logistik dan Peralatan BPBD DIY, menyatakan adanya bantuan 50 ribu masker ini sekaligus bisa mendukung program 1 juta masker sampai bulan Desember 2020. Wardoyo menuturkan bahwa dengan adanya bantuan tersebut, persediaan masker yang siap untuk dibagikan menjadi 550 ribu masker.

"Selanjutnya, masker ini akan dibagikan kepada masyarakat luas, terutama yang mengirimkan permintaan. Sejauh ini, permintaan paling banyak dari institusi dan kalangan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) DIY. Bantuan ini bisa menjadi cadangan persediaan hingga Januari 2021,” pungkas Wardoyo.

3 dari 3 halaman

Kiriman Bantuan Masker Pertama

Wardoyo berujar bahwa Gyeongsangbuk-do adalah provinsi pertama dari luar negeri yang mengirimkan masker untuk DIY. Agus Priyono juga mengungkapkan bahwa belum ada sister province lain yang memberikan bantuan masker kepada DIY.

“Kami sebelumnya sudah melakukan korespondensi sejak dua minggu sebelumnya. Namun pada akhirnya, dengan adanya bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, proses tersebut menjadi lebih mudah.” ujarnya saat membahas kendala proses pengiriman masker tersebut.

Agus juga mengutarakan bahwa kerjasama DIY dengan Gyeongsangbuk-do juga meliputi lintas bidang seperti ekonomi, pendidikan, seni, budaya, pertanian, pariwisata, serta perdagangan dan industri.

“Implementasi yang telah dilakukan dan masih berjalan adalah pemberdayaan masyarakat desa melalui gerakan Saemaul Undong di Desa Bleberan dan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, pelaksanaan lokakarya bagi petani milenial DIY di Gyeongsangbuk-do, serta peningkatan kapasitas SDM ASN DIY melalui pelatihan bahasa dan manajemen pemerintahan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.