Sukses

Ganjar Pastikan RS di Jateng Tak Buka Pre-Order Vaksin

Liputan6.com, Semarang Kabar masuknya vaksin Covid-19 di Indonesia membuat beberapa rumah sakit di Indonesia dikabarkan membuka pre-order vaksin. Namun, hal ini tak akan berlaku bagi rumah sakit di Jawa Tengah. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan tak ada rumah sakit di wilayahnya yang melayani pre-order.

Hal ini disampaikan Ganjar Pranowo usai melakukan Rakor via zoom dengan Menko Marvest, Luhut Binsar Pandjaitan terkait Penanganan Covid-19 di Jateng, Jabar, DKI Jakarta, Jatim di Ruang Kerja Gubernur, Senin (14/12/2020).

“Kita nanti akan siapkan tata caranya, belum-belum (pre-order vaksin), itu kan belum pasti, wong tadi masih ada angka-angka yang baru masuk, prioritas-prioritasnya, kita dari daerah ngikut aja,” tegas Ganjar.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang sedang menyiapkan tata cara khusus bagi rumah sakit terkait prosedur vaksinasi yang tengah disiapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Katanya untuk fasilitasnya diberikan pada Nakes dulu, kita ikut sajalah apa yang ada, mana yang paling membutuhkan dari vaksin itu,” tambah Ganjar.

2 dari 2 halaman

Fokus pada kesiapan libur akhir tahun

Menurut Ganjar, saat ini yang perlu difokuskan adalah kesiapan menghadapi libur akhir tahun. Menurutnya, Pemda se Jawa-Bali sepakat membatasi kegiatan yang melibatkan massa saat akhir tahun.

“Sepakat tadi hampir di Jawa-Bali sepakat semuanya. Terus kemudian yang mau bepergian itu harus tes antigen, jadi rapid-nya musti antigen, bentuknya kaya di-swab gitu, kalau tidak lebih baik tidak bepergian dulu, agar kita sama-sama bisa saling menjaga,” pungkas Ganjar.