Sukses

8 Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris, Ketahui Macam-macamnya

Liputan6.com, Jakarta Adverb atau kata keterangan dalam Bahasa Inggris adalah sekelompok kata yang sangat luas. Kata keterangan dalam Bahasa Inggris memiliki fungsi untuk mendeskripsikan bagaimana, di mana, atau kapan suatu kejadian berlangsung.

Hadirnya kata keterangan dalam Bahasa Inggris juga dapat menyatakan sudut pandang pembicara mengenai kejadian, intensitas suatu kata sifat atau kata keterangan lainnya, atau bahkan memiliki beberapa fungsi lainnya. 

Berikut ini Liputan6.com melansir situs Education First, macam-macam kata keterangan dalam Bahasa Inggris dan penjelasan lengkapnya, Selasa (15/12/2020).

2 dari 5 halaman

Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris

1. Adverb of Time

Adverb of time atau keterangan waktu, berfungsi untuk memberi tahu kapan sesuatu terjadi, sekaligus berapa lama dan seberapa sering. Kata keterangan dalam Bahasa Inggris ini bersifat tetap dan sangat umum. Keterangan waktu punya posisi standar dalam kalimat, tergantung pada hal-hal yang dijelaskan oleh keterangan waktu. Contohnya seperti:

- Goldilocks went to the Bears' house yesterday.

- I'm going to tidy my room tomorrow.

- I saw Sally today.

- I will call you later.

 

2. Adverb of Place

Adverb of place atau kata keterangan tempat, bertujuan untuk memberi tahu di mana sesuatu terjadi. Keterangan tempat ini biasanya diletakkan setelah kata kerja utama atau setelah klausa yang diubah oleh kata keterangan tersebut. Keterangan tempat tidak mengubah kata sifat atau kata keterangan lainnya.

Ada beberapa contoh kata keterangan dalam Bahasa Inggris yang menunjukkan tempat, antara lain:

- John looked around but he couldn't see the monkey.

- I searched everywhere I could think of.

- I'm going back to school.

- Come in!

- They built a house nearby.

- She took the child outside.

3 dari 5 halaman

Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris

3. Adverb of Manner

Adverb of manner atau keterangan cara bertujuan untuk memberitahu bagaimana sesuatu terjadi. Keterangan cara biasanya akan diletakkan setelah kata kerja utama atau setelah objek. Contohnya seperti:

- He swims well.

- He ran quickly.

- She spoke softly.

- James coughed loudly to attract her attention.

 

4. Adverb of Degree

Adverb of degree atau keterangan tingkatan merupakan salah satu jenis kata keterangan dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk memberitahu tentang intensitas sesuatu. Keterangan tingkatan umum diletakkan sebelum kata sifat, kata keterangan, atau kata kerja yang dimodifikasi oleh keterangan tingkatan tersebut, meski ada beberapa pengecualian. Adapun contohnya seperti:

- The water was extremely cold.

- The movie is quite interesting.

- He was just leaving.

- She has almost finished.

- She is running very fast.

4 dari 5 halaman

Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris

5. Adverb of Certainty

Adverb of certainty atau keterangan tingkat kepastian, merupakan jenis kata keterangan dalam Bahasa Inggris yang memiliki fungsi untuk menunjukkan seberapa yakin seseorang terhadap suatu tindakan atau kejadian. Keterangan tingkat kepastian biasa diletakkan sebelum kata kerja utama, kecuali jika kata kerja utamanya adalah to be, maka keterangan tingkat kepastian akan diletakkan setelah to be. Sebagai contoh:

- He definitely left the house this morning.

- He surely won't forget.

- He is probably in the park.

- He is certainly a smart man.

 

6. Relative Adverb

Relative adverb atau kata keterangan relatif seperti where, when, dan why bisa digunakan untuk menggabungkan kalimat atau klausa. Kata-kata ini akan menggantikan struktur preposisi + which yang lebih formal, yang fungsinya untuk memperkenalkan klausa relatif.

 

Contoh struktur formal, preposisi + which:

- That's the restaurant in which we met for the first time.

- That picture was taken in the park at which I used to play.

- I remember the day on which we first met.

 

Struktur yang lebih umum menggunakan kata keterangan relatif:

- That's the restaurant where we met for the first time.

- That picture was taken in the park where I used to play.

- I remember the day when we first met.

5 dari 5 halaman

Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris

7. Interrogative Adverb

Interrogative adverb atau kata keterangan interogatif seperti why, where, how, dan when, diletakkan pada awal pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan kalimat atau frasa preposisional. Setelah kata keterangan interogatif, harus membalik posisi subjek dan kata kerja, sehingga kata kerja ada di depan subjek. Contohnya seperti:

- Where is my passport? In the drawer.

- When does the train arrive? At 11:15.

- How are you? I'm fine.

- Why are you so late? There was a lot of traffic.

 

8. Viewpoint and Commenting Adverb

Merupakan beberapa kata dan ekspresi keterangan yang tujuannya memberi tahu mengenai sudut pandang, pendapat, atau komentar penutur tentang suatu tindakan atau kejadian. kata keterangan dalam Bahasa Inggris ini berbeda dari keterangan lainnya, karena tidak menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi.

Viewpoint and commenting adverb atau kata keterangan sudut pandang dan komentar dapat mengubah seluruh klausa, tidak hanya kata kerja, kata keterangan, atau kata sifat tunggal. Tapi, memang tidak ada perbedaan yang jelas antara kata keterangan sudut pandang dan komentar, kecuali dalam peletakkan kalimatnya.

Pasalnya, banyak kata keterangan sudut pandang juga bisa digunakan sebagai keterangan komentar. Tapi, dalam beberapa kasus, beberapa kata keterangan jauh lebih sering digunakan dari kata keterangan lainnya.

Kata keterangan sudut pandang bisa diletakkan di awal, atau akhir kalimat. Kata-kata ini umumnya dipisahkan dari bagian kalimat lainnya oleh koma. Kata keterangan komentar diletakkan sebelum kata kerja utama, kecuali jika kata kerjanya adalah to be, di mana bisa diletakkan sebelum atau sesudah kata kerja.

Dalam beberapa kasus, penggunaan kata keterangan komentar yang diletakkan sebelum kata kerja utama akan dipisahkan dari bagian kalimat lainnya oleh koma.

Berikut contoh-contohnya di awal kalimat:

- Obviously, you are acting silly.

- Clearly, he doesn't know what he is doing.

- Presumably, he didn't have time to go to the post office.

- Technically, we cannot fly to Mars and back.

- Bravely, I kept on walking.

 

Sedangkan berikut ini contoh di akhir kalimat:

- You are acting silly, obviously.

- He doesn't know what he is doing, clearly.

- He didn't have time to go to the post office, presumably.

- We cannot fly to Mars and back, technically.

- I kept on walking, bravely.