Sukses

7 Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan, Atasi Kulit Berminyak

Liputan6.com, Jakarta Selain digunakan sebagai salah satu bahan baku dalam membuat beberapa jenis kue, ternyata ada beberapa manfaat tepung beras untuk kecantikan kulit Anda. Selain itu, dengan manfaat tepung beras untuk kecantikan ini, bisa menjadi alternatif yang murah dan efektif untuk merawat penampilan kulit Anda.

Pasalnya, demi menunjang penampilan, banyak wanita rela mengeluarkan kocek yang sangat besar untuk melakukan perawatan kulit wajah atau membeli produk kecantikan. Akan tetapi, banyak juga yang memilih beragam bahan alami sebagai salah satu cara menjaga kulit supaya selalu sehat dan cerah tanpa ada masalah seperti kulit berminyak dan jerawat.

Di negara-negara Asia sendiri, manfaat tepung beras untuk kecantikan sudah dikenal sejak berabad-abad lamanya. Berikut ini Liputan6.com telah rangkum dari berbagai sumber beragam manfaat tepung beras untuk kecantikan tersebut, Rabu (16/12/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. Samarkan Kantong Mata Hitam

Manfaat tepung beras untuk kecantikan yang pertama, yaitu efektif untuk mengatasi kantong mata hitam. Muncunya kantong mata hitam ini sering menjadi masalah bagi segelintir orang, karena bisa mengganggu penampilan.

Meski kini sudah banyak beredar di pasaran aneka ragam produk kecantikan untuk mengatasi masalah tersebut, menggunakan tepung beras masih menjadi salah satu alternatif alami yang lebih aman dan murah untuk digunakan.

Manfaat tepung beras untuk kecantikan terutama dalam menyamarkan kehitaman pada kantong mata ini, tidak lain karena tepung beras mengandung asam amino serta vitamin. Kandungan tersebut yang mampu bantu untuk menyamarkan kantung mata yang gelap bahkan sudah hitam, serta memberikan efek menyegarkan pada mata yang lelah.

Cara penggunaannya juga terbilang mudah. Pertama-tama, haluskan setengah buah pisang, kemudian campur dengan 2 sdm minyak jarak dan 3 sdm tepung beras. Gunakan ramuan tersebut ke area kantung mata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bersihkan sisa masker memakai kapas yang sudah dibasahi.

3 dari 8 halaman

2. Kurangi Jerawat

Selanjutnya, manfaat tepung beras untuk kecantikan juga mampu mengurangi jerawat pada wajah maupun area tubuh lain. Tepung beras dikenal efektif untuk mengurangi jerawat karena sifat antiseptik yang dikandungnya, di mana sangat efektif dalam melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, manfaat tepung beras untuk kecantikan ini didapat juga dari kandungan allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi sangat baik. Kemudian, khasiat lain dari allantoin tersebut, dapat membantu perbaikan dari tekstur kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tepung beras untuk kecantikan ini cukup mudah, yaitu dengan buat masker dari 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya. Semua bahan tesebut dicampur rata hingga membentuk pasta halus. Aplikasikan secara lembut masker wajah ke kulit berjerawat. Diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air dingin.

4 dari 8 halaman

3. Tabir Surya

Manfaat tepung beras untuk kecantikan ini tidak kalah efektif bagi kecantikan. Pasalnya, tepung beras memiliki konsentrasi PABA yang tinggi atau Para Aminobenzoic Acid, di mana sangat bermanfaat sebagai tabir surya yang sangat baik bagi kulit.

Caranya penggunaannya dengan mencampur tepung beras menggunakan susu dingin hingga membentuk pasta kental. Kemudian, oleskan pasta tersebut ke wajah. Diamkan dahulu selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

5 dari 8 halaman

4. Bantu Cerahkan Kulit

Dengan kandungan tepung beras yang sangat kaya akan mineral, menjadi salah satu solusi alami dalam mencerahkan kulit. Manfaat tepung beras untuk kecantikan tidak lain berasal dari asam amino dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Kandungan tersebut berfungsi untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Selain itu, kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Cara pengaplikasiannya dengan mencampur 2 sdm tepung beras, 1 sdt kunyit, serta 4 sdm air jeruk nipis ke dalam mangkuk. Aduk sampai jadi adonan pasta yang halus. Tapi, sebelum digunakan pada anggota tubuh seperti wajah sebagai masker, bersihkan wajah terlebih dahulu dan uapi wajah supaya hasilnya lebih efektif. Selanjutnya, aplikasikan ramuan ke kulit wajah dan diamkan sekitar 15 menit. Terakhir, bilas masker dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

6 dari 8 halaman

5. Lawan Tanda-tanda Penuaan

Apabila sedang mencari bahan alami untuk melawan penuaan pada kulit wajah, tepung beras adalah salah satu solusinya. Tepung beras punya kandungan ferulic acid, yaitu sejenis anti-oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap.

Tepung beras juga sangat kaya akan vitamin B yang bisa meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit. Tidak hanya itu, dengan penggunaan masker tepung beras secara teratur juga berfungsi untuk mempertahankan elastisitas serta kekencangan kulit dan membuat kulit terlihat segar juga awet muda.

Untuk cara aplikasinya, pertama-tama campur 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu. Oles masker ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, dan diamkan hingga benar-benar kering. Lepas masker secara perlahan ke arah atas menggunakan ujung jari. Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih.

7 dari 8 halaman

6. Atasi Kulit Berminyak

Manfaat tepung beras untuk kecantikan selanjutnya berasal dari sifat partikel tepung ini yang bisa menyerap minyak. Maka tidak heran jika tepung ini sering dijadikan pengganti bedak tabur yang alami karena sifatnya mudah menyatu dengan lapisan kulit serta menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah. Bahkan tepung beras sangat baik digunakan jika Anda memiliki tipe kulit berminyak dan acne-prone.

Cara penggunaannya dengan membuat campuran tepung beras serta tepung maizena dengan perbandingan 2: 1. Kemudian, aplikasikan secara merata ke wajah menggunakan brush. Lakukan hal ini setelah mengaplikasikan foundation terlebih dahulu supaya hasil makeup tidak cracky, cakey, serta membantu makeup bertahan lebih lama.

8 dari 8 halaman

7. Angkat Sel Kulit Mati

Kemudian, manfaat tepung beras untuk kecantikan ini berasal dari tekstur tepung beras yang sedikit kasar. Tidak heran jika tekstur tersebut bisa dimanfaatkan sebagai scrub kulit. Dengan kata lain, penggunaan tepung beras ke kulit bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Kemudian, tepung beras juga akan menyerap seluruh sebum pada kulit, dan membuat kulit lebih bersih erta halus.

Cara pengaplikasiannya, campur bubuk tepung beras, bubuk cokelat, gula, dan madu ke dalam mangkuk hingga kental seperti lulur. Setelah itu, gunakan campuran bahan alami tersebut sebagai scrub wajah dan tubuh.

Memang cepat lambat hasil dari manfaat tepung beras untuk kecantikan di atas akan berbeda-beda pada tiap orang. Tergantung intensitas dan kondisi kulit itu sendiri dalam merespon bahan alami ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.