Sukses

6 Kombinasi Buah yang Baik untuk Sarapan, Penuh Asupan Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Kombinasi buah yang baik untuk sarapan bisa kamu konsumsi secara rutin. Hal ini tentunya menjadi salah satu solusi bagi kamu yang sering beralasan tidak sarapan karena ribet. Mengonsumsi buah utuh saat sarapan menjadi solusi praktis yang juga menyehatkan.

Kombinasi buah yang baik untuk sarapan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang membantu fungsi tubuh dan mencegah penyakit. Selain itu, kandungan seratnya juga baik untuk sarapan karena dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat perutmu kenyang lebih lama. 

Bahkan, dengan sarapan buah setiap hari, kamu bisa lebih semangat dan sehat dalam menjalani hari. Kamu harus memilih jenis buah yang tepat dan mengonsumsinya dalam porsi yang sesuai agar mendapatkan berbagai manfaat di pagi hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/12/2020) tentang kombinasi buah yang baik untuk sarapan.

2 dari 4 halaman

Kombinasi Buah yang Baik untuk Sarapan

Apel, Pisang dan Alpukat

Kombinasi buah yang baik untuk sarapan yang pertama adalah apel, pisang dan alpukat. Kombinasi buah ini sangat cocok dikonsumsi karena bisa menambah energi agar kamu menjalani aktivitas dengan baik. 

Kamu juga bisa menjadikan buah-buahan ini sebagai camilan sebelum berolahraga atau setelah olahraga. Pisang dan alpukat akan memberi energi pada tubuhmu. Sementara apel memiliki kandungan serat tinggi yang akan membuatmu kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pepaya, Blackberry dan Blewah

Kombinasi buah yang baik untuk sarapan berikutnya adalah untuk kesehatan kulitmu, yaitu pepaya, blackberry, dna blewah. Mengonsumsi buah-buahan ini setiap hari akan membuat kulitmu bercahaya.

Pepaya dikemas dengan antioksidan dan mengandung enzim yang disebut papain yang mencegah kerusakan kulit. Blewah mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh yang menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Blackberry rendah gula, yang dikemas dengan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C.

3 dari 4 halaman

Kombinasi Buah yang Baik untuk Sarapan

Ceri, Nanas dan Blueberry

Jus ceri kaya akan fitpnutrien, termasuk anthocyanin yang memiliki manfaat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pemulihan otot. Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang menurunkan peradangan usus dan merangsang pencernaan protein. Sementara itu, blueberry sarat dengan antioksidan.

Jadi, kombinasi buah yang baik untuk sarapan ini secara rutin bisa merevitalisasi sistemmu.

Semangka, Lemon dan Goji Berry

Semangka, lemon, dan goji berry juga bisa dijadikan kombinasi buah yang baik untuk sarapan. Semangka mengandung detoksifikasi utama yang disebut glutathione. Ini juga merupakan sumber likopen baik yang melawan radikal bebas. 

Sementara itu, dalam goji berry terdapat antioksidan, kolin dan zat besi yang dibutuhkan oleh hati untuk detoksifikasi. Lemon juga merupakan detoksifikasi kuat dan memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

4 dari 4 halaman

Kombinasi Buah yang Baik untuk Sarapan

Stroberi, Kiwi dan Grapefruit

Stroberi, kiwi, dan grapefruit merupakan buah-buahan sumber vitamin C yang sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Kombinasi bguah yang baik untuk sarapan ini akan mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan stroberi, kiwi, dan grapefruit setiap pagi untuk sarapan.

Delima dan Anggur Merah

Delima diketahui mengandung jumlah antioksidan yang tinggi sehingga bisa membalikkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Sementara itu, anggur merah mengandung resveratrol yang memiliki antioksidan kuat dan anti penuaan yang mencegah penyakit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Jika kamu bangun dengan kondisi tubuh yang lelah, kamu bisa mengonsumsi kombinasi buah yang baik untuk sarapan ini.

Mengonsumsi kombinasi buah yang baik untuk sarapan ini dapat memberikan dorongan semangat dan membuat tubuh lebih sehat. Meski begitu, kamu tetap harus memerhatikan porsi buah yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Atur porsi buah sedemikian rupa agar kamu merasakan manfaat yang signifikan untuk kesehatan.