Sukses

8 Jenis Tanaman Hias Cantik buat Pemula, Gampang Banget Rawatnya

Liputan6.com, Jakarta Di tengah situasi pandemi saat ini, berkebun menjadi salah satu hobi yang semakin digemari masyarakat. Hampir setiap rumah dan jalanan komplek yang kita lalui tumbuh bermacam-macam tanaman hijau dan beraneka ragam warna dan jenis yang menghiasi.

Belum lagi timeline media sosial yang berisi orang-orang memposting aktivitas berkebun dan memamerkan tanaman baru mereka. Efek dari tanaman hias memang yang luar biasa mulai dari memberikan kesejukan hingga mengusir stres saat harus berada di rumah. 

Namun, jangan salah memilih tanaman hias, karena perawatan yang buruk dan tidak sabar malah dapat membuat orang stres. Untuk itu, buat kamu yang baru mau menekuni hobi berkebun dan belum cukup sabar untuk merawat bisa dimulai dengan jenis tanaman hias ini:  

1. Kaktus

Tanaman pertama yang sangat mudah merawat adalah kaktus. Ketahanan tanaman ini sudah terkenal dan sangat mudah untuk merawatnya. Namun, pastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak ya. Aneka Ragam jenis dan warna kaktus yang bisa kamu pilih, cocok ditanam dipot untuk menghiasi rumah kamu antara lain Ariocarpus, Astrophytum, Cereus tetragonus, Echinocactus grusonii, Haworthia attenuata dan sebagainya.

2. Kamboja Jepang

Tanaman yang dikenal juga dengan nama adenium ini memiliki bunga berwarna merah campuran putih. Selain warna bunganya yang cantik, tanaman hias ini juga memiliki bentuk batang yang unik, tahan akan panas dan tetap tumbuh walaupun jarang mendapatkan perawatan.

 

2 dari 3 halaman

3. Lidah Mertua

Tanaman hias selanjutnya dengan tampilan yang unik dan juga mudah perawatannya adalah lidah mertua. Kamu bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan.

4. Sirih Belanda

Selain meletakkan tanaman dalam pot di atas meja maupun di sudut rumah, salah satu cara menarik adalah dengan pot gantung. Tanaman Sirih Belanda ini termasuk yang cocok ditanam dalam pot gantung. Peralatannya sangat praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan tanah dan air saja sebagai media tanamnya.

5. Perennial Geranium

Perennial Geranium termasuk tanaman hias yang mudah dirawat. Tanaman yang kerap dikenal geranium abadi ini akan menghasilkan bunga cantik berwarna cerah. Dia bagus diletakkan di tempat yang teduh dan dapat menarik kupu-kupu.

 

3 dari 3 halaman

6. Million Bells

Ingin memiliki tanaman hias gantung yang selalu mekar dalam jumlah banyak? Pilihlah Million Bells. Bunga Million Bells tumbuh dalam jumlah yang banyak, memiliki daun berwarna hijau menyala dengan bentuk oval yang lucu. Kelopak bunganya tampil kontras dengan warna-warna utama seperti kuning dan merah.

7. Sri Rejeki

Tanaman hias ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memeliharanya. Terdapat banyak jenis tanaman Sri Rejeki yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hiasan rumah. Tidak usah khawatir dalam merawatnya, karena tanaman ini tidak perlu perawatan yang sulit dan ribet. Ada beberapa jenis tanaman Sri Rejeki yang bisa dipilih seperti sinar bulan, bidadari, legacy, pride of Sumatra, lipstik, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine.

8. Peace Lily

 

Tidak hanya menjadi dekorasi yang cantik dan manis, peace lily juga dikenal bisa membersihkan udara ruangan dengan sangat baik. Kemampuan peace lily dalam menyerap polutan dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Selain itu, bunga ini dapat mengontrol kelembapan dan membuat ruanganmu semakin nyaman untuk dihuni.

Itulah beberapa tanaman dan bunga yang mudah perawatannya, tapi mampu memberikan keindahan bagi rumah Anda. Selamat berkebun dan mempercantik hunian Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui update berita unik dan menarik, bisa mengunjungi https://awake.kapanlagi.com.

 

(*)