Sukses

8 Cara Membuat Masker Kiwi dan Manfaatnya, Kaya Vitamin C

Kiwi bisa meningkatkan kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Kiwi dikenal sebagai buah kaya vitamin C dan nutrisi menarik lainnya. Buah coklat, kecil berbentuk telur berbulu ini begitu segar dan lezat. Buah ini kerap hadir menambah rasa dan sentuhan unik pada salad, jus, atau makanan penutup.

Selain lezat dikonsumsi, kiwi juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Buah yang tampak biasa ini memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Manfaat kecantikan kiwi didapat dari kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi.

Tak cuma vitamin C, kiwi juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Antioksidan - termasuk vitamin C, kolin, lutein, dan zeaxanthin - membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Salah satu cara mendapat manfaat kencantikan kiwi adalah menjadikannya masker. Masker kiwi cukup mudah dibuat dengan bahan-bahan alami. Masker ini bisa digunakan secara rutin untuk membuat kulit tampak sehat bercahaya.

Berikut cara membuat masker kiwi dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Kamis(17/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat kiwi untuk wajah

Tinggi Vitamin C

Kiwi penuh dengan vitamin C dan fitokimia bersama dengan vitamin E, karotenoid, dan fenolat. Kiwi adalah sumber antioksidan yang sangat baik yang melindungi sel kulit dari paparan oksidatif dan meremajakannya.

Tingkatkan produksi kolagen

Kolagen adalah senyawa yang membantu menjaga elastisitas kulit. Kolagen juga membuat kulit embut dan kenyal serta mencegah kekeringan. Vitamin C yang terkandung di dalam Kiwi mendukung kepadatan kolagen di kulit.

Melawan jerawat

Kiwi merupakan buah super padat nutrisi untuk kulit. Kiwi memiliki sifat antibakteri yang melawan jerawat dan masalah kulit lainnya. Kiwi memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah jerawat, ruam, dan peradangan lainnya.

Penyembuh kulit

Kiwi bukan hanya buah yang enak tapi penuh dengan unsur penyembuh kulit. PVitamin E yang ada dalam buah ini memiliki sifat menyembuhkan kulit. Vitamin E dikenal dapat memperbaiki kerusakan kulit, baik kerusakan UV ataupun peradangan. Vitamin E juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

3 dari 6 halaman

Cara membuat masker kiwi

Masker kiwi dan yogurt

Vitamin C dalam kiwi membantu mencerahkan kulit. Sementara yogurt mengandung AHA yang meremajakan dan mengisi ulang sel-sel kulit. Haluskan satu buah kiwi dan aduk rata dengan satu sendok makan yogurt. Aplikasikan pada secara merata pada wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit. Cuci bersih dengan air hangat.

Masker kiwi dan almond

Masker kiwi dan almond bisa menyegarkan, mengencangkan, dan melembapkan kulit. Masker ini juga membantu membuka pori-pori, dan memberi penampilan cerah dan segar pada wajah.

Rendam 3-4 kacang almond dalam air semalaman. Keesokan harinya, hancurkan dan buat pasta. Campur dengan satu buah kiwi yang telah dihaluskan. Aplikasikan di wajah dan leher dan biarkan selama 15-20 menit. Cuci dengan air hangat.

4 dari 6 halaman

Cara membuat masker kiwi

Masker kiwi dan lemon

Masker wajah ini membantu meminimalkan pori-pori dan noda. Ini berkat air lemon yang bertindak sebagai pencerah yang sangat baik. Masker kiwi dan lemon paling cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.

Haluskan satu buah kiwi dan campurkan dengan satu sendok teh air lemon. Oleskan secara merata ke area wajah dan leher. Biarkan mengering selama 15-20 menit, lalu bersihkan.

Masker kiwi dan pisang

Campuran pisang bisa membantu meningkatkan kelembapan kulit. Dicampur dengan yogurt, masker kiwi-pisang ini membantu menutrisi kulit dan mendetoksifikasi. Hancurkan satu buah kiwi dan campur dengan satu sendok makan pisang tumbuk. Tambahkan satu sendok makan yogurt dan aduk rata.

Oleskan secara menyeluruh di wajah dan leher. Biarkan mengering selama 20-30 menit, lalu bersihkan.

5 dari 6 halaman

Cara membuat masker kiwi

Masker kiwi dan alpukat

Alpukat mengandung vitamin A, E dan C. Semua ini penting untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Mencampurkannya dengan kiwi membantu menutrisi kulit secara maksimal.

Campur satu buah kiwi dan satu sendok makan alpukat. Haluskan menjadi pasta yang halus dan lembut. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Oleskan secara merata di wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Masker kiwi dan stroberi

Dengan penggunaan teratur, masker wajah ini membersihkan kulit secara menyeluruh dan melawan jerawat serta bakteri penyebab jerawat. Masker kiwi dan stroberi juga membantu mencerahkan wajah dan menambahkan kilau alami.

6 dari 6 halaman

Cara membuat masker kiwi

Masker kiwi dan minyak zaitun

Minyak zaitun dan jus kiwi mengandung antioksidan yang meremajakan sel kulit. Selain itu, memijatnya di wajah meningkatkan sirkulasi darah dan memberi energi pada sel-sel kulit. Ini membuat wajah lebih bersinar.

Hancurkan satu buah kiwi dan peras sarinya. Dalam mangkuk, campur minyak zaitun dan jus kiwi, lalu haluskan. Pijat campuran di wajah selama 5 menit menggunakan gerakan ke atas dan dengan gerakan memutar. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Masker kiwi dan lidah buaya

Masker kiwi yang satu ini melembapkan dan menyegarkan. Ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Masker ini juga bisa membantu menenangkan kulit yang iritasi. Hancurkan satu buah kiwi dan campurkan satu sendok makan gel lidah buaya. Oleskan ke area wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini