Sukses

10 Bahan Alami untuk Bilasan Rambut, Sehat dan Menguatkan

Liputan6.com, Jakarta Bilasan rambut atau hair rinse merupakan salah satu tahapan perawatan rambut yang punya bamyak manfaat. Rutinitas perawatan rambut apa pun tidak lengkap tanpa bilas rambut. Bilasan rambut membantu menambah kelembapan pada batang rambut, mencegah rambut kering, dan meminimalkan rambut kusut.

Bilasan rambut pada dasarnya adalah langkah terakhir keramas. Bilasan rambut digunakan setelah menggunakan sampo dan kondisioner. Bilasan rambut tak hanya bisa menggunakan air biasa.

Ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan bilasan rambut. Bahan-bahan ini cukup mudah ditemukan. Berikut bahan alami untuk bilasan rambut dan cara menggunakannya yang dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Senin (21/12/2020).

2 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Bilasan Rambut

Cuka sari apel

Cuka sari apel membantu menghilangkan lemak dan penumpukan produk dari rambut sekaligus menyeimbangkan pH dan produksi minyak. Ini adalah salah satu pembilas rambut paling sederhana yang bisa kamu gunakan. Cukup encerkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan 2 gelas air.

Aplikasikan larutan ini setelah bilasan terakhir kondisioner. Diamkan sebentar dan bilas dengan air yang lembut. Kamu bisa menggunakan bilas rambut ini 1-2 kali sebulan.

Lidah buaya

Lidah buaya membantu melembapkan rambut, membuatnya halus dan lembut. Ia juga memiliki sifat antimikroba yang meningkatkan kesehatan kulit kepala. Haluskan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 2 gelas air sampai mendapatkan cairan yang konsisten. Kumpulkan lidah buaya yang telah diencerkan ke dalam stoples.

Aplikasikan larutan ini setelah bilasan terakhir kondisioner. Diamkan sebentar dan bilas dengan air yang lembut. Kamu bisa menggunakan bilas ini seminggu sekali.

3 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Bilasan Rambut

Air lemon

Lemon membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus menyeimbangkan produksi minyak. Kandungan vitamin C yang kaya meningkatkan produksi kolagen. Ini membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Bilas rambut ini sesederhana bilas dengan cuka sari apel. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengencerkan 1 sendok makan jus lemon dengan 2 gelas air. Gunakan bilas rambut ini seperti menggunakan bilasan rambut biasanya. Kamu dapat menggunakan bilasan ini setiap satu atau dua minggu.

Teh hitam

Bilasan rambut ini berguna untuk mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Ini juga membantu menggelapkan warna rambut. Kamu juga dapat menggunakan jenis teh lain seperti kamomil, melati, kombucha, atau teh hijau.

Rebus 2 gelas air dan rendam 2-3 kantong teh teh hitam ke dalam air. Biarkan terendam selama beberapa jam sampai teh benar-benar dingin. Gunakan bilasan ini seminggu sekali.

4 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Bilasan Rambut

Baking soda

Baking soda sangat efisien dalam menghilangkan kotoran, minyak, dan penumpukan produk dari rambut. Bilasan rambut ini membersihkan dan meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan menyeimbangkan pH dan produksi minyak.

Campur 1/2 gelas baking soda dan 1 gelas air hangat dalam mangkuk sampai menjadi pasta yang halus. Tidak seperti bilasan lainnya, bilasan ini tidak dapat digunakan sebagai bilasan akhir. Kamu dapat menggunakan bilasan ini untuk menggantikan sampo, atau kamu dapat menggunakannya setelah keramas dan sebelum menggunakan kondisioner.

Cukup oleskan dan pijat pasta baking soda ke kulit kepala dan rambut. Bilas dengan air dingin dan lanjutkan menggunakan kondisioner. Gunakan bilas rambut ini sebulan sekali untuk rambut berminyak.

Air kelapa

Air kelapa mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut. Ini juga membantu melembapkan rambut, membuatnya lebih mudah diatur.

Tidak seperti bilasan biasa, kamu perlu menyemprotkan larutan ini ke rambut alih-alih menuangkannya ke rambut. Campur 4 sdm air kelapa, 2 sdt jus lidah buaya, dan 2 sdt minyak jojoba ke dalam botol semprotan. Semprotkan larutan ini setiap sebelum menata rambut. Kamu bisa menggunakan ini setelah setiap mencuci rambut.

5 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Bilasan Rambut

Madu

Madu adalah humektan yang membantu menyegel kelembapan di batang rambut. Manfaat madu meningkat bila dikombinasikan dengan cuka sari apel karena cuka membantu menutup kutikula dengan pH rendah.

Dalam mangkuk, campurkan 1 gelas air dengan 2 sendok makan cuka sari apel dan 2 sendok teh madu. Gunakan setelah keramas dan menggunakan kondisioner. Kamu bisa menggunakan bilas rambut ini satu atau dua kali dalam sebulan.

Kopi

Kafein dalam kopi membantu mencegah rambut rontok. Bilas ini juga membantu menggelapkan warna rambut. Rebus dua gelas air dan tambahkan dua sendok makan bubuk kopi. Biarkan terendam dan dingin selama beberapa jam. Kamu juga bisa mendinginkannya semalaman. Gunakan sebagai bilasan akhir setelah menggunakan kondisioner. Gunakan bilasan ini sekali seminggu.

6 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Bilasan Rambut

Soda

Metode ini membantu menambah volume dan tekstur pada rambut halus. Bilasan ini meningkatkan ikal alami rambut sekaligus mengencangkan kutikula dengan pH rendah. Soda juga membantu menambah kilau dan kehalusan pada rambut.

Bilasan ini juga tidak bisa digunakan sebagai pembilas rambut terakhir. Sebagai gantinya, kamu bisa menuangkan dua botol soda ke rambut dan membiarkannya selama sekitar 5 menit. Lanjutkan dengan keramas dan menggunakan kondisioner lalu menatanya seperti biasa. Gunakan bilasan ini sekali seminggu.

Garam epsom

Perawatan kondisioner garam Epsom ini membantu menambah volume sekaligus mengatasi rambut kusut. Campurkan kondisioner dan garam epsom dengan perbandingan yang sama. 1 sendok makan masing-masing sudah cukup untuk rambut pendek.

Oleskan campuran tersebut ke rambut setelah keramas. Biarkan selama sekitar 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air. Tidak seperti bilas rambut biasa, kamu harus mengakhirinya dengan bilas air terakhir untuk metode ini. Kamu bisa menggunakan perawatan rambut ini seminggu sekali.