Sukses

10 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Diabaikan, Kenali Gejalanya

Anyang-anyangan dikaitkan dengan masalah saluran kemih.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab anyang-anyangan tak boleh diabaikan. Anyang-anyangan merupakan kondisi yang ditandai dengan rasa sakit atau tidak nyaman saat buang air kecil. Penyebab anyang-anyangan bisa dipicu oleh berbagai kondisi.

Dalam istilah medis, anyang-anyangan disebut dengan disuria. Disuria digambarkan dengan gejala nyeri, tidak nyaman, atau rasa terbakar saat buang air kecil. Penyebab anyang-anyangan lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria. Pada pria, ini lebih sering terjadi pada pria yang lebih tua.

Pada wanita, infeksi saluran kemih adalah penyebab anyang-anyangan yang paling umum. Pada pria, uretritis dan kondisi prostat tertentu sering menjadi penyebab anyang-anyangan. Penyebab anyang-anyangan biasanya berkaitan dengan masalah kandung kemih atau bagian tubuh terdekat.

Berikut penyebab anyang-anyangan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Medical News Today, Senin (21/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab anyang-anyangan

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri berlebih menumpuk di suatu tempat di saluran kemih. Bagian tubuh ini mengalir dari ginjal ke kandung kemih ke uretra, yang membawa urin ke luar tubuh. Ini merupakan penyebab anyang-anyangan yang paling sering terjadi.

Seseorang dengan ISK mungkin mengalami gejala lain, seperti sering buang air kecil, buang air kecil keruh atau bernoda darah, demam, urin berbau busuk, dan nyeri di bagian samping dan punggung.

Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia, gonore, dan herpes, semuanya dapat memengaruhi saluran kemih dan menyebabkan nyeri saat buang air kecil. Gejala dapat bervariasi sesuai dengan jenis IMS. Misalnya, herpes biasanya menyebabkan lesi seperti lepuh pada alat kelamin.

3 dari 6 halaman

Penyebab anyang-anyangan

Infeksi prostat

Infeksi bakteri jangka pendek dapat menyebabkan infeksi prostat atau prostatitis. Peradangan kronis dari kondisi lain, seperti IMS, juga dapat menyebabkan prostatitis. Infeksi prostat dapat menjadi penyebab anyang-anyangan.

Infeksi prostat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil, nyeri di kandung kemih, testis, dan penis, kesulitan ejakulasi dan ejakulasi yang menyakitkan, dan sering buang air kecil, terutama di malam hari.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah kumpulan bahan, seperti kalsium atau asam urat, yang menumpuk dan membentuk batu yang mengeras di dalam dan sekitar ginjal. Terkadang, batu ginjal akan menempel di dekat area tempat urin masuk ke kandung kemih. Ini bisa menjadi penyebab anyang-anyangan.

Selain disuria, batu ginjal dapat menyebabkan gejala seperti nyeri di bagian samping dan punggung, urin berwarna merah muda atau coklat, urin keruh, mual, muntah, rasa sakit yang berubah intens, demam, panas dingin, dan sering buang air kecil dalam jumlah kecil.

4 dari 6 halaman

Penyebab anyang-anyangan

Kista ovarium

Sama seperti batu ginjal, kista ovarium adalah contoh bagaimana sesuatu di luar kandung kemih dapat menekannya dan menyebabkan anyang-anyangan. Kista ovarium dapat berkembang di satu atau kedua ovarium, yang terletak di kedua sisi kandung kemih.

Gejala kista ovarium yang perlu diperhatikan adalah perdarahan vagina yang tidak biasa, nyeri panggul, kesulitan mengenali bahwa kandung kemih kosong setelah buang air kecil, periode yang menyakitkan, nyeri payudara, dan sakit di punggung bawah.

Sistitis interstisial

Sistitis interstisial dikenal sebagai sindrom nyeri kandung kemih. Ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan iritasi kronis pada kandung kemih yang berlangsung selama 6 minggu atau lebih tanpa adanya infeksi yang mendasarinya.

Sistitis interstisial juga dapat menyebabkan gejala tekanan di area kandung kemih, nyeri saat berhubungan, nyeri di vulva atau vagina, nyeri di skrotum, dan sering buang air kecil tetapi menghasilkan sedikit urin.

5 dari 6 halaman

Penyebab anyang-anyangan

Sensitivitas kimia

Terkadang, bahan kimia yang berada di luar tubuh, seperti wewangian, dapat mengiritasi jaringan tubuh. Saat seseorang buang air kecil, iritasi ini mungkin lebih terasa, dan rasa sakit bisa terjadi.

Produk yang dapat menyebabkan sensitivitas bahan kimia meliputi douches, sabun, kertas toilet beraroma, pelumas vagina, dan pelumas vagina. Gejala yang timbul akibat kondisi ini meliputi pembengkakan, kemerahan, gatal, dan iritasi pada kulit di sekitar alat kelamin.

Infeksi atau iritasi vagina

Infeksi atau iritasi vagina juga dikenal sebagai vaginitis atau vaginosis dapat terjadi karena pertumbuhan bakteri atau jamur yang berlebihan. IMS yang disebut trikomoniasis juga dapat menyebabkan infeksi vagina.

Gejala terkait infeksi vagina meliputi keputihan yang berbau busuk atau tidak biasa, iritasi vagina, nyeri saat berhubungan dan perdarahan vagina, yang biasanya ringan.

6 dari 6 halaman

Penyebab anyang-anyangan

Pengobatan tertentu

Beberapa obat, termasuk yang diresepkan dokter untuk mengobati kanker kandung kemih, dapat mengiritasi dan mengobarkan jaringan kandung kemih. Ini seringkali dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

Jika seseorang telah memulai pengobatan baru dan mulai merasakan sakit saat buang air kecil, mereka harus menghubungi dokternya dan menanyakan apakah gejalanya mungkin merupakan efek samping obat tersebut. Gejala tambahan bervariasi berdasarkan jenis pengobatan.

Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih terjadi ketika sel kanker mulai berkembang di kandung kemih. Anyang-anyangan memang bukan gejala awal dari kondisi ini. Namun, kondisi yang berkembang bisa menyebabkan anyang-anyangan.

Gejala lain yang mungkin dari kanker kandung kemih meliputi sering buang air kecil, mengalami kesulitan buang air kecil atau mengeluarkan aliran urin yang lemah, nyeri punggung bawah, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan, kaki bengkak, dan sakit tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.