Sukses

Web adalah Bagian Penting dalam Internet, Kenali Pengertian dan Sejarahnya

Kenali pentingnya web dalam internet.

Liputan6.com, Jakarta Web adalah istilah yang sangat familiar di dunia modern saat ini. Internet dan web adalah dua bagian yang saling terkait. Banyak orang berasumsi bahwa internet dan web adalah bagian yang sama, dan menggunakan istilah ini secara bergantian. Namun, internet dan web adalah dua hal yang berbeda.

Istilah Internet mengacu pada jaringan global server yang memungkinkan berbagi informasi yang terjadi melalui web. Web adalah bagian terbesar dari internet. Saat ini, web adalah bagian penting dalam dunia internet.

Web adalah bagian dari kemudahan manusia saat ini. Hampir segala informasi saat ini dapat diakses melalui situs web. Web adalah bagian vital dari internet. Berikut pengertian web dan sejarahnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian web

Web adalah nama umum untuk World Wide Web. Web adalah bagian dari Internet yang terdiri dari halaman-halaman yang dapat diakses oleh browser Web. Meskipun Web memang menjadi bagian terbesar dari Internet, tetapi mereka beda satu sama lain.

Web, atau World Wide Web (W3), pada dasarnya adalah sistem server Internet yang mendukung dokumen yang diformat secara khusus. Dokumen tersebut diformat dalam bahasa markup yang disebut HTML (HyperText Markup Language) yang mendukung tautan ke dokumen lain, serta file grafik, audio, dan video.

3 dari 6 halaman

Cara kerja web

Dilansir Liputan6.com dari Technopedia, Halaman web diformat dalam bahasa yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). Bahasa inilah yang memungkinkan pengguna mengklik halaman di Web melalui link. Web menggunakan protokol HTTP untuk mengirimkan data dan berbagi informasi.

Browser seperti Internet Explorer, Google Chrome atau Mozilla Firefox digunakan untuk mengakses dokumen Web, atau halaman Web, yang terhubung melalui link. Web adalah salah satu cara informasi dibagikan melalui Internet; lainnya termasuk email, pesan instan dan File Transfer Protocol (FTP).

4 dari 6 halaman

Sejarah web

Dilansir dari BBC Bitesize, web pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee pada 1989. Tim Berners-Lee mencoba menemukan cara baru bagi para ilmuwan untuk berbagi data dengan mudah dari eksperimen mereka.

Hypertext dan internet sudah ada pada saat itu tetapi tidak ada yang memikirkan cara menggunakan internet untuk menghubungkan satu dokumen secara langsung ke dokumen lainnya.

Tim kemudian menyarankan tiga teknologi utama yang berarti semua komputer dapat saling memahami (HTML, URL dan HTTP). Semua ini tetap digunakan sampai sekarang. Tim juga membuat browser web dan server web pertama di dunia.

Web telah banyak berubah sejak pertama kali dibuat. Situs web pertama terdiri dari halaman-halaman sederhana yang hanya berisi kata-kata dan gambar, agak mirip dengan buku atau majalah online. Kebanyakan orang tidak dapat membuat laman web mereka sendiri. Dulu, untuk membuat halaman web seseorang harus menulis kode HTML dengan tangan.

5 dari 6 halaman

Sejarah web

Web 2.0

Saat web mulai berkembang, orang-orang mulai berkomunikasi dan berbagi lebih banyak. Mereka menggunakan situs jejaring sosial dan blog. Dengan web generasi terbaru, segalanya jauh lebih mudah untuk membuat konten sendiri di web dan membagikannya. Jenis web baru ini dikenal sebagai Web 2.0.

Meskipun cara orang menggunakan web telah berubah, teknologi belum berubah. Banyak teknologi yang menjalankan laman web pertama masih digunakan sampai sekarang.

Web modern

Web kemudian masih terus mengalami perubahan hingga saat unu. Mesin pencari menjadi lebih baik dalam membaca, memahami dan memproses informasi. Kini pengembang web telah menemukan cara cerdas untuk menemukan konten yang masyarakat inginkan dan bahkan dapat menunjukkan hal-hal lain yang mungkin menarik.

World wide web kini membuka internet untuk semua orang, bukan hanya ilmuwan. Ini menghubungkan dunia dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan dan mempermudah orang untuk mendapatkan informasi, berbagi, dan berkomunikasi. Web juga memungkinkan orang untuk berbagi pekerjaan dan pemikiran mereka melalui situs jejaring sosial, blog dan berbagi video.

6 dari 6 halaman

Domain dalam situs web

Domain adalah adalah alamat sebuah situs web. Domain merupakan bentuk dasar berupa angka-angka. Penggunaan angka-angka ini sering disebut dengan alamat IP padahal itu sebenarnya adalah alamat domain.

Domain dibedakan dalam beberapa tipe sesuai dengan tujuan dan kegunaan masing-masing. Seseorang bebas dalam memilih dan menggunakan domain yang diinginkan, kecuali beberapa domain yang harus memiliki izin khusus.

Domain menggunakan kata-kata bertujuan supaya penggunaannya lebih mudah diingat daripada harus menghafal urutan angka-angka yang panjang. Oleh sebab itu, para ahli Internet membuat sistem penamaan domain dalam bentuk kata untuk pengganti urutan angka-angka tersebut.

Domain terdiri dari nama domain dan ekstensi yang digunakan. Contohnya Liputan6.com nama domainnya adalah Liputan6 dan ekstensinya adalah .com. Pada awalnya, ekstensi domain tidak begitu banyak, sekarang ekstensi domain sudah sangat banyak di antaranya (.com, .edu, .co.id, .gov, .org dan sebagainya). Pemberian extensi terhadap sebuah domain tidak boleh sembarangan terutama untuk .edu, .gov, .go.id dan berbagai ekstensi penting.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini