Sukses

Arti Barakallahu Fiikum, Pahami Perbedaannya dengan Barakallah Fii Umrik

Arti Barakallahu Fiikum masih banyak yang salah menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta Memahami bahasa yang diadopsi dari Timur Tengah tidaklah mudah. Salah satunya memahami arti Barakallahu Fiikum. Jika didengar dan dibaca sekilas, seolah mirip dengan Barakallah Fii Umrik, padahal tidak demikian.

Arti Barakallahu Fiikum adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah Kepada Banyak Orang atau Kalian.” Pemaknaan ini berasal dari kata dasarnya, yakni Barakallahu Fiik dan -um dalam Fiik merupakan kata tambahan.

Kata tambahan yang membuat arti Barakallahu Fiikum lebih jelas tujuannya. Maksudnya adalah tujuan kepada siapa sebuah ucapan, doa, dan harapan baik itu hendak disemogakan.

Berikut Liputan6.com ulas arti Barakallahu Fiikum dan Barakallah Fii Umrik dari berbagai sumber, Selasa (22/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Barakallahu Fiik

Mengerti asal mula ucapan Barakallahu Fiik akan memudahkan pemaknaan pada arti Barakallahu Fiikum. Keduanya hanya berbeda pada kata tambahan di akhir kalimatnya.

Barakallahu berasal dari 2 kata dasar. Pertama, “Baaraka” yang memiliki arti berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Kedua, “Allaah” yang artinya Allah SWT.

Penggabungan kedua kata dasar ini membuat arti Barakallahu menjadi “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” atau “Semoga Allah Memberkahi.” Sementara tambahan Fiik menjadi “Semoga Allah Memberkahi Kepadamu”

Maksud dari Fiik di sini belum jelas tujuannya kepada siapa. Maka dari itu, pelajari tambahan kata Fiikum pada arti Barakallahu Fiikum selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Arti Barakallahu Fiikum

Jika pemahaman makna Barakallahu Fiik sudah jelas, untuk mengerti arti Barakallahu Fiikum perlu dikaji sedikit lagi. Fiik menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mendasari pengucapan doa berkah tersebut.

Selain fiikum, ada dua jenis yang bisa digunakan. Fiikum sendiri memiliki arti untuk banyak orang atau kalian. Fiika artinya untuk pria dan fiiki artinya untuk wanita.

Apabila digabungkan dengan Barakallahu Fiikum, maka kesimpulannya jelas. Arti Barakallahu Fiikum adalah semoga Allah SWT memberikan berkah kepada banyak orang atau kalian.

Jika diterapkan dengan Barakallahku Fiika maka artinya semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kamu wahai laki-laki. Untuk Barakallahu Fiiki artinya semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kamu wahai wanita.

4 dari 5 halaman

Penerapan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menilik dari arti Barakallahu Fiikum, penggunaannya pasti banyak sekali. Selain sebagai doa, ucapan ini digunakan untuk berterima kasih kepada seseorang atas kebaikannya.

Salah satu penerapan yang sangat populer adalah untuk mengucapkan selamat panjang umur ketika seseorang sedang berulang tahun. Pelafalannya menjadi “Barakallahu Fii Umrik.”

Bisa pula disertai dengan doa yang lain untuk keberkahan umur, seperti:

Allohumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa tsabbit imaananaa, wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anissyarri ‘abdinaa, waqdi hawa-ijanaa fid diini wa dunya wal aakhiroh, innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: “Ya Allah! Penjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kebulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Selain itu, Barakallahu Fiik juga kerap digunakan untuk pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Tujuannya agar kehidupan menjadi lebih berkah dengan kehidupan baru.

Untuk balasannya sendiri menggunakan “Wafiika Barakallah” yang artinya “Semoga Allah SWT Juga Memberkahimu.” Jika hendak diucapkan pada wanita, diganti dengan “Wafiiki Barakallah.”

5 dari 5 halaman

Keutamaan Mengucapkan Barakallah

Ucapan Ulang Tahun

Jika mendapati seseorang sedang ulang tahun, kamu bisa mengucapkan kalimat "Baarakallah fii umrik" yang artinya semoga umurmu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Ucapan Pernikahan

Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan kalimat “baarakallah" untuk mendoakan pengantin dengan ucapan:

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir"

Artinya “Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Mendoakan Orang yang Melahirkan

Ucapan "Baarakallah" juga bisa digunakan untuk mendoakan teman atau kerabat yang baru saja melahirkan. Kita bisa mengucapkan:

“Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu”

Semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.

Lalu jika diberi ucapan tersebut, hendaknya membalas dengan jawaban “Barokallahu laka wa baroka ‘alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak”

Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu.

Ketika Bertemu Sahabat atau Kerabat

Dalam sebuah riwayat hadis, para sahabat Nabi juga saling mengucapkan "barakallah" . Seperti yang dilakukan Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi’ al Anshari.

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika"

Artinya: Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu (HR. Bukhari)

Mendoakan Kesuksesan Orang Lain

Pengucapan Barakallah juga bisa digunakan untuk mendoakan kesuksesan orang lain.  Pada intinya, pengucapan Barakallah ini bisa digunakan agar kita bisa mendoakan keberkahan bagi orang yang kita temui. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini