Sukses

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Cantik dan Mudah Dirawat

Liputan6.com, Jakarta Jenis tanaman hias daun dapat mempercantik penampilan rumah. Apalagi, kamu bisa meletakkannya di dalam ataupun luar ruangan. Melihat dedaunan yang cantik dan menyegarkan ini tentunya membuat kamu ataupun tamu menjadi nyaman.

Beberapa tanaman hias seperti lidah mertua, janda bolong, hingga peace lily mungkin sudah banyak kamu dengarkan. Kamu bisa memilih tanaman hias yang paling kamu suka dan paling cocok untuk ditanam di rumah.

Jenis tanaman hias daun ini tidak hanya cantik, juga tidak begitu sulit dirawat. Jadi, bagi kamu yang baru mencoba untuk menanam tanaman hias tidak perlu khawatir. Selain itu, juga sudah banyak beredar di internet cara merawat tanaman hias ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/12/2020) tentang jenis tanaman hias.

2 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Hias Daun yang Cantik

Lidah Mertua

Jenis tanaman hias dengan tampilan yang unik dan juga mudah perawatannya yang pertama adalah lidah mertua. Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria trifasciata. Lidah mertua yang banyak dijumpai yakni lidah mertua yang memiliki bentuk daun memanjang, tekstur keras, dan corak garis vertikal pada daunnya.

Tak hanya cantik, tanaman hias daun yang satu ini juga memiliki manfaat bagi lingkungan dan kesehatan manusia seperti menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia. Kamu bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan.

Keladi

Jenis tanaman hias yang juga banyak peminatnya adalah keladi. Tanaman dengan genus Caladium dan Alocasia ini memiliki daun yang berwarna-warni dan berbentuk hati. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun.  

Kaktus

Jenis tanaman hias yang sangat mudah dirawat tentunya adalah kaktus. Ketahanan tanaman ini sudah terkenal dan sangat mudah untuk merawatnya. Namun, pastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak. Aneka Ragam jenis dan warna kaktus yang bisa kamu pilih, cocok ditanam dipot untuk menghiasi rumah kamu antara lain Ariocarpus, Astrophytum, Cereus tetragonus, Echinocactus grusonii, Haworthia attenuata dan sebagainya.

3 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Hias Daun yang Cantik

Philodendron

Tanaman philodendron menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan. Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas. Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh semak.

Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Masing-masing jenis memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya.

Monstera

Jenis tanaman hias satu ini tengah digemari banyak orang. Nama monstera diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Meski kebanyakan memiliki ciri khas berlubang, ada juga yang tidak berlubang.

Tanaman dengan ukuran daun yang besar dan lebar ini, sering digunakan untuk dekorasi rumah atau bahkan properti foto karena tanaman ini memiliki nilai estetik. Diketahui tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae).

Sirih Belanda

Selain meletakkan tanaman dalam pot di atas meja maupun di sudut rumah, salah satu cara menarik adalah dengan pot gantung. Tanaman Sirih Belanda ini termasuk yang cocok ditanam dalam pot gantung. Peralatannya sangat praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan tanah dan air saja sebagai media tanamnya.

4 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Hias Daun yang Cantik

Janda Bolong

Jenis tanaman hias satu ini begitu populer di masa pandemi ini. Masih masuk dalam keluarga Monstera, Janda Bolong memiliki nama lain Monstera adansonii yang memiliki bentuk daun yang unik, yakni dihiasi lubang-lubang pada permukaan tengah daunnya.

Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Dilihat dari ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.

Suplir

Adiantum cuneantum atau biasa disebut dengan tanaman suplir merupakan jenis tanaman hias yang memiliki ukuran daun kecil, majemuk dan berwarna hijau segar. Tanaman ini menyukai tempat yang lembap, udara bersih, dan sedikit sinar matahari.

 

5 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Hias Daun yang Cantik

Sri Rejeki

Jenis tanaman hias ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memeliharanya. Terdapat banyak jenis tanaman hias Sri Rejeki yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hiasan rumah.

Tidak usah khawatir dalam merawatnya, karena tanaman ini tidak perlu perawatan yang sulit dan ribet. Ada beberapa jenis tanaman Sri Rejeki yang bisa dipilih seperti sinar bulan, bidadari, legacy, pride of Sumatra, lipstik, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine.

Kuping Gajah

Anthurium crystallinum atau kuping gajah, memiliki bentuk daun sesuai namanya yang membentuk seperti kuping seekor gajah. Sekilas jenis tanaman hias ini tampak seperti tanaman keladi.

Bedanya, tanaman ini memiliki daun lebar berbentuk jantung warnanya hijau tua dengan urat hijau muda keputih-putihan. Pada daun terdapat guratan uratnya yang menonjol berwarna putih seperti kristal maka dinamai crystallinum.