Sukses

25 Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah, Pilih Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis penelitian untuk karya ilmiah.

Liputan6.com, Jakarta Jenis penelitian sangat beragam untuk berbagai keperluan. Saat kamu mulai merencanakan sebuah penelitian, hal pertama yang harus diputuskan adalah memilih jenis penelitian. Ada banyak cara untuk mengkategorikan berbagai jenis penelitian.

Penelitian digunakan oleh semua studi untuk menginterpretasikan dan memaparkan fakta-fakta yang ada. Penelitian sangat penting bagi pengetahuan masyarakat di luas. Ada banyak jenis penelitian yang digunakan dalam tiap studi.

Menentukan jenis penelitian menjadi dasar membangun penelitian yang sistematis. Jenis penelitian biasanya didasarkan pada cara pandang etika penelitian dan pola pikir yang melandasi suatu model konseptual. Jenis penelitian yang dipilih nantinya akan menjadi metode yang dapat memudahkan dalam proses penelitian dari awal hingga akhir.

Berikut jenis penelitian yang umum digunakan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian dasar (Basic research)

Penelitian dasar adalah data yang dikumpulkan untuk meningkatkan pengetahuan. Motivasi utamanya adalah perluasan pengetahuan. Ini adalah penelitian non-komersial yang tidak memfasilitasi dalam membuat atau menemukan apa pun. Contoh dari penelitian dasar adalah percobaan untuk menentukan fakta sederhana.

Penelitian sekunder (Secondary research)

Penelitian sekunder atau penelitian meja adalah metode penelitian yang melibatkan penggunaan data yang sudah ada. Data yang ada dirangkum dan disusun untuk meningkatkan efektivitas penelitian secara keseluruhan. Penelitian sekunder meliputi bahan penelitian yang dipublikasikan dalam laporan penelitian dan dokumen sejenis.

Penelitian Terapan (Applied Research)

Penelitian terapan berfokus pada analisis dan pemecahan masalah kehidupan nyata. Jenis ini mengacu pada studi yang membantu memecahkan masalah praktis dengan menggunakan metode ilmiah. Studi memainkan peran penting dalam memecahkan masalah yang berdampak pada kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Misalnya, menemukan obat khusus untuk suatu penyakit.

3 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian berorientasi masalah (Problem oriented research)

Seperti namanya, penelitian berorientasi masalah dilakukan untuk memahami sifat sebenarnya dari masalah untuk menemukan solusi yang relevan. Istilah "masalah" mengacu pada beberapa pilihan atau masalah saat menganalisis situasi.

Penelitian pemecahan masalah (Problem solving research)

Jenis penelitian ini dilakukan untuk memahami dan menyelesaikan masalah mereka sendiri. Metode pemecahan masalah menggunakan penelitian terapan untuk mencari solusi dari masalah yang ada.

Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah proses tentang inkuiri. Ini membantu menciptakan pemahaman mendalam tentang masalah atau masalah dalam pengaturan alaminya. Jenis penelitian ini adalah metode non-statistik. Penelitian kualitatif sangat bergantung pada pengalaman peneliti dan pertanyaan yang digunakan untuk menyelidiki sampel.

Penelitian kuantitatif

Penelitian kualitatif adalah cara terstruktur untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya untuk menarik kesimpulan. Tidak seperti metode kualitatif, metode ini menggunakan proses komputasi dan statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Data kuantitatif adalah data berupa angka.

Penelitian kuantitatif melibatkan populasi yang lebih besar di mana lebih banyak orang berarti lebih banyak data. Dengan lebih banyak data untuk dianalisis, peneliti dapat memperoleh hasil yang lebih akurat.

4 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian Deskriptif

Penelitian Deskriptif adalah jenis penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu masalah. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara akurat dan sistematis. Jenis penelitian ini dapat menjawab pertanyaan apa, di mana, kapan dan bagaimana, tetapi tidak untuk pertanyaan mengapa.

Tidak seperti dalam penelitian eksperimental, peneliti tidak mengontrol atau memanipulasi variabel apa pun, tetapi hanya mengamati dan mengukurnya.

Penelitian eksperimental

Penelitian eksperimental adalah jenis penelitian di mana peneliti memanipulasi satu atau lebih variabel independen dan mengukur pengaruhnya terhadap satu atau lebih variabel dependen. Desain eksperimental berarti membuat seperangkat prosedur untuk menguji hipotesis.

Penelitian Pengembangan

Jenis penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan ilmu dalam bidang pendidikan yang sudah ada. Tujuan metode penelitian untuk mengembangkan, memperdalam, atau memperluas ilmu di bidang pendidikan yang sudah ada.

Penelitian Perkembangan

Penelitian perkembangan merupakan kajian tentang pola dan urutan pertumbuhan serta perubahan sebagai fungsi waktu. Objek penelitian ini memiliki titik berat pada bentuk perubahan atau kemajuan yang dicapai oleh tiap individu.

5 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis penelitian yang tujuannya menemukan ilmu pengetahuan baru atau terapan, serta masalah-masalah baru dalam bidang pendidikan. Contohnya, sebuah penelitian dengan hasil sebuah profil atau kriteria pemimpin yang efektif dalam manajemen sekolah. Bisa juga berupa penelitian mengenai metode atau prosedur baru untuk belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan untuk peserta didik.

Penelitian Verifikasi

Penelitian verifikasi adalah salah satu enis penelitian yang menguji kebenaran ilmu-ilmu di dalam bidang pendidikan yang sudah ada, seperti konsep, prinsip, prosedur, dalil maupun praktek pendidikan. Data penelitian yang sudah didapatkan akan digunakan sebagai dasar pembuktian informasi atau masalah-masalah dalam pendidikan yang mungkin sedang diragukan.

Penelitian Penilaian

Penelitian Penilaian atau assessment research merupakan jenis penelitian yang dilakukan untuk menilai atau menguji suatu perubahan pada suatu objek. Objek yang dikaji bisa berupa sistem, individu, atau kelompok tertentu. Metode penelitian ini akan menghasilkan sebuah produk baru yang lebih sesuai dengan kondisi dan tempat.

Penelitian tindakan

Penelitian tindakan mempraktikkan ilmu dalam tindakan nyata agar mengetahui respon pada situasi di lapangan. Penelitian ini tujuannya untuk memperbaiki proses dan memahami bagaimana praktik pendidikan yang baik, professional, serta dapat meningkatkan hasil dari kegiatan.

6 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian evaluasi

Penelitian ini dilakukan setelah ada penelitian lain dan dilaksanakan dalam bentuk penelitian baru. Penelitian ini adalah jenis turunan dari penelitian terapan. Tujuan metode penelitian ini sebagai evaluasi pada sebuah keberhasilan, manfaat, kegunaan, sumbangan, serta kelayakan suatu program, produk, atau kegiatan tertentu, yang pada akhirnya bisa mendapatkan perbaikan agar hasilnya lebih baik.

Penelitian Komparatif

Jenis penelitian ini berfungsi membandingkan dua perlakuan atau lebih dari suatu variable, atau beberapa variabel sekaligus. Tujuan metode penelitian ini untuk melihat perbedaan dua atau lebih situasi, peristiwa, kegiatan, atau program.

Penelitian Studi Kasus

Penelitian studi kasus adalah jenis penelitian berdasar kejadian yang sudah terjadi. Penelitian ini mempelajari interaksi antar variabel satu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari bagaimana suatu kejadian bisa terjadi secara sistematis pada kurun waktu yang cukup lama.

Penelitian Naratif

Penelitian naratif adalah metode penelitian yang dijabarkan langsung secara lisan dengan mengatakan atau menceritakan mengenai isi penelitian. Penelitian ini dikumpulkan dengan cara diskusi, percakapan, atau wawancara.

7 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian Korelasional

Penelitian korelasional adalah metode penelitian yang mempelajari hubungan dua variable atau lebih dalam satu penelitian. Cara mengkajinya dengan memahami hubungan variasi dalam satu variabel dengan variasi dalam variabel lain. Penelitian ini dilakukan, agar mengetahui mana saja variabel-variabel yang berkolerasi satu dengan lainnya.

Penelitian Sastra

Penelitian sastra kadang disamakan dengan kajian, telaah, studi, dan kritik akademis. Beberapa istilah tersebut sebenarnya mengacu pada pengertian dari penelitian sastra itu sendiri. Namun, yang jadi sedikit berbeda yaitu adanya kritik sastra dalam penelitian. Kritik sastra sendiri, sebenarnya masih termasuk dalam wilayah penelitian sastra.

Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)

Jenis penelitian ini merupakan jenis metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji efektif tidaknya produk tersebut. Bisa dikatakan juga, metode penelitian ini adalah sebuah penelitian yang di lakukan untuk mengembangkan dan menyempurnakan suatu produk.

8 dari 8 halaman

Jenis Penelitian untuk Karya Ilmiah

Penelitian Kausal-Komperatif

Penelitian Kausal-Komperatif merupakan jenis penelitian yang bertujuan mencari hubungan sebab akibat. Penelitian ini diselidiki lewat pengamatan terhadap konsekuensi yang sudah terjadi serta menengok ulang data yang ada agar ditemukan faktor penyebab yang mungkin terdapat di sana.

Penelitian Inferensial

Penelitian inferensial merupakan jenis penelitian dengan melakukan analisis hubungan antar variable dengan pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini jauh melampaui sajian data kuantitatif saja. Dalam penelitian inferensial dapat membahas tentang besarnya peluang kesalahan dalam pengambilan kesimpulan.

Penelitian Etnografi

Jenis penelitian ini digunakan untuk mengungkap makna sosio-kultural dengan cara mempelajari pola hidup dan interaksi antar-kelompok sosio-kultural (culture-sharing group) tertentu di sebuah ruang atau konteks yang spesifik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini