Sukses

6 Bagian Tubuh yang Jadi Sumber Bau Tak Sedap, Kenali Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap perlu kamu kenali agar bisa mengatasinya. Bau tak sedap ini disebabkan oleh keringat dan bakteri. Walaupun sebenarnya tidak berbau, keringat dapat memicu tumbuhnya bakteri yang pada akhirnya memecah keringat menjadi asam.

Inilah yang menimbulkan bau tak sedap pada tubuh. Memiliki aroma tak sedap pada tubuh tentunya dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Maka dari itu, mengenali sumber bau tak sedap tersebut perlu dilakukan. Dengan begitu, kamu juga bisa mengambil tindakan penanganan yang tepat nantinya.

Bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap biasanya memiliki ciri-ciri tertentu. Bagian tubuh yang lembap, area yang gelap, serta mengandung banyak kelenjar dan folikel rambut menjadi ciri utama sumber bau tak sedap pada tubuh kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020) tentang bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap.

2 dari 4 halaman

Bagian Tubuh yang Jadi Sumber Bau Tak Sedap

Ketiak

Bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap pertama adalah ketiak. Ketiak mungkin merupakan bagian tubuh pertama yang terpikirkan jika menyangkut bagian tubuh yang paling bau. Hal ini disebabkan karena ketiak merupakan area lipatan yang mudah memerangkan kelembapan dan bakteri. Hal ini juga diperparah dengan tumbuhnya rambut yang cukup lebat serta dipenuhi keringat.

Cara mengatasi bau pada ketiak tidak begitu sulit sebenarnya. Kamu hanya perlu membersihkan bagian ketiak secara rutin setiap mandi dengan sabun. Kamu juga bisa menggunakan deodoran setiap hari agar bau tak sedap menghilang. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencukur rambut ketiak jika sudah terlalu lebat.

Selangkangan

Selangkangan menjadi salah satu bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap. Selangkangan umumnya memiliki suhu hangat dan mudah berkeringat sehingga sering lembap. Area ini juga banyak mengandung kelenjar dan folikel rambut, contohnya pada bulu kemaluan. Apalagi selangkangan sering kali itdak terpapar udara karena tertutup pakaian dalam, sehingga memerangkap bakteri dan kelembapan.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan dengan baik saat mandi. Bersihkan bagian selangkangan sampai secara menyeluruh agar bau badan tidak menghampirimu. Gunakan sabun saat membersihkan selangkangan termasuk pada area lipatan. Selain itu, kamu juga perlu memilih bawahan yang tidak ketat dan pakaian berbahan katun untuk menghindari bau tak sedap pada tubuh.

3 dari 4 halaman

Bagian Tubuh yang Jadi Sumber Bau Tak Sedap

Mulut

Bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap lainnya adalah mulut. Dalam mulut, terdapat banyak sekali bakteri yang bersembunyi di sela-sela gusi, permukaan lidah, kawat gigi, atau gigi palsu. Jika tidak dibersihkan dengan baik, maka dapat menimbulkan bau mulut. Bau mulut ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti makanan dan penyakit tertentu, misalnya sinusitis kronis, GERD, infeksi pada tonsil, dan batu tonsil.

Oleh karena itu, kamu perlu mengatasinya dengan rutin menjaga kebersihan mulut. Menyikat gigi dua kali sehari wajib dilakukan untuk menghindari bau mulut. Selain itu, lakukan juga flossing dan kumur dengan mouthwash agar mulut tidak mengeluarkan bau tak sedap. Cukup minum setiap hari juga dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit yang dapat menimbulkan bau mulut. Hindari juga makanan yang menimbulkan bau.

Kaki

Kaki yang kerap kali terbungkus rapat oleh kaus kaki dan sepatu sepanjang hari juga dapat menjadi bagian tubuh yang jadi sumber tak sedap. Hal ini tentunya menyebabkan lingkungan yang lembap pada kaki sehingga keringat tak bisa menguap. Situasi tersebut membuat bakteri dan jamur mudah berkembang di telapak kaki.

Sel kulit mati di kaki juga bisa membusuk dan menjadikan kaki salah satu bagian tubuh yang paling bau. Untuk mengatasinya, gantilah kaus kaki secara rutin setiap hari apabila kamu menggunakan sepatu tertutup. Bersihkan kaki saat mandi, termasuk menyabuni kaki dan sela-sela jari kaki.

4 dari 4 halaman

Bagian Tubuh yang Jadi Sumber Bau Tak Sedap

Telinga

Telnga menjadi salah satu bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap selanjutnya. Hal ini sering kali tidak terlalu diperhatikan, terutama pada area belakang telinga yang merupakan area lipatan. Saat jarang dibersihkan, area ini akan menimbulkan bau. Maka dari itu, kamu harus menyambuni dan menggosok area lipatan belakang telinga ini setiap mandi.

Selain itu, telinga yang tersumbat juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Misalnya saja jika ada benda asing yang terperangkap dalam liang telinga serta membusuk, atau jika ada infeksi telinga. Diperlukan pemeriksaan dan resep obat dari dokter untuk mengatasi masalah ini.

Kulit Kepala

Kulit kepala sering kali tidak disadari sebagai salah satu bagian tubuh yang jadi sumber bau tak sedap. Kulit kepala mengandung banyak folikel rambut juga kelenjar sebasea. Kondisi ini sangat disukai bakteri untuk tumbuh sehingga memunculkan bau dari rambut atau kepala.

Untuk mengatasi bau pada kulit kepala, cucilah rambut dengan rutin. Saat mengaplikasikan sampo, jangan hanya batang rambut tapi juga kulit kepala. Pastikan sisa sampo sudah dibilas bersih, lalu keringkan rambut dengan baik. Aksesori kepala atau rambut, misalnya topi atau bando juga sebaiknya dicuci secara rutin.