Sukses

10 Masker Alami untuk Merawat Kulit Kering, Bikin Sehat dan Berseri

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit yang kering adalah bentuk ancaman, karena berisiko membuat eksim lebih mudah berkembang. Apalagi eksim mudah sekali muncul di kulit wajah dan lengan yang kering. Maka dari itu, masker alami untuk merawat kulit kering perlu diketahui sebagai upaya pencegahan.

Perawatan dengan pelembap memang bisa dijadikan solusi. Namun, memberikan nutrisi dengan masker alami untuk merawat kulit kering bisa membuat kulit lebih sehat dan berseri atau semakin cerah secara alami. Risiko iritasinya juga kecil karena hanya menggunakan bahan alami.

Masker alami untuk merawat kulit kering dapat diandalkan karena memiliki sifat antiperadangan, antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Ada pula sifat antimikroba, antioksidan, vitamin, dan asam yang baik untuk melembapkan, mengangkat sel kulit mati, serta menutrisinya dari luar.

Berikut Liputan6.com ulas masker alami untuk merawat kulit kering dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020).

2 dari 6 halaman

Minyak Almond dan Lidah Buaya

Minyak Almond

Minyak almond bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering yang bersisik. Tidak heran jika masker alami untuk merawat kulit kering dengan minyak almond perlu diandalkan. Cukup oleskan minyak pada kulit kering bersisik dan pijat dengan lembut.

Bisa juga buat masker dengan menambahkan aloe vera atau lidah buaya untuk hasil yang lebih baik dan cepat. Campurkan satu sendok teh aloe vera dan satu sendok teh minyak almond lalu oleskan pada kulit yang kering berisisik. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air putih.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya bisa membantu mengatasi kulit kering, bersisik, gatal iritasi, dan pecah-pecah.

Masker alami untuk merawat kulit kering ini mudah menerapkannya. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya. Oleskan gelnya ke kulit keringmu. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.

3 dari 6 halaman

Alpukat dan Cuka Sari Apel

Alpukat

Alpukat tak hanya buah yang bergizi dan lezat. Alpukat pun bisa dipakai untuk dijadikan masker alami untuk merawat kulit kering. Terdapat kandungan asam lemak dan vitamin tinggi di dalamnya.

Ambil satu tumbuk alpukat dan menambahkan beberapa susu dan madu. Campur semua bahan bersama-sama. Oleskan masker ini pada kulit bersisik. Diamkan selama satu jam dan cuci dengan air dingin.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah bahan hydrating yang bisa membantu menyingkirkan kulit kering dan bersisik. Manfaat ini dipengaruhi asam Malat dalam cuka sari apel.

Jadi memang masker alami untuk merawat kulit kering dari cuka apel efektif melembapkan dan menyegarkan kulit.

Ambil ½ cangkir cuka sari apel dan menambahkannya ke ember yang berisi air. Sekarang rendam kaki dan kaki dalam air selama 15 menit. Tunggu beberapa waktu dan mencuci dengan air dingin.

4 dari 6 halaman

Minyak Zaitun dan Yogurt

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak esensial yang dapat digunakan sebagai masker alami untuk merawat kulit kering. Manfaat ini dipengaruhi jumlah antioksidan dan vitamin yang tinggi. Jadi enggak heran kalau kulit lebih mudah terhidrasi dan segar ketika diberi minyak zaitun.

Ambil sedikit minyak zaitun dan menerapkannya pada kulit bersisik sebelum pergi mandi. Tunggu 30 menit dan kemudian bilas. Bisa juga menerapkannya sedikit minyak zaitun pada kulit bersisik sebelum menerapkan pelembab rutin atau krim. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Yogurt

Yogurt dan madu bisa diandalkan untuk mengatasi kulit bersisik dengan dijadikan masker. Perawatan dengan masker alami untuk merawat kulit kering dari yogurt ini pun terbilang cukup aman.

Masker ini berisi asam laktat yang membantu untuk membunuh semua bakteri yang menyebabkan kekeringan pada kulit.

Ambil setengah cangkir yogurt dan tambahkan madu. Campurkan bahan dan terapkan pada kulit berisik. Diamkan untuk beberapa waktu dan cuci dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

5 dari 6 halaman

Susu dan Madu

Susu

Susu memiliki kandungan antiperadangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit. Hal ini yang membuatnya cocok dijadikan sebagai masker alami untuk merawat kulit kering dan gatal-gatal.

Asam laktat pada susu berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Cara menerapkannya bisa dengan mencelupkan kain lap bersih di susu dingin. Lalu usapkan pada kulit bersisik selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Selain hanya susu, bisa pula menambahkan air mawar.

Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke 4 sendok makan susu. Balurkan ramuan ini ke seluruh wajah dan tubuh. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari setiap hari.

Madu

Menggunakan masker beeswax dan madu dapat membantu melembapkan kulit kering bersisik. Masker alami untuk merawat kulit kering dari kedua bahan ini mengandung antimikroba, antioksidan, dan sifat-sifat humektan.

Siapkan dan ambil beberapa beeswax, madu, dan minyak zaitun. Sekarang Lelehkan beeswax dan mencampurnya dengan madu dan minyak zaitun. Oleskan campuran pada bagian kulit yang kering dan cucilah dengan air setelah beberapa saat.

6 dari 6 halaman

Minyak Kelapa dan Teh Hijau

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa dipakai sebagai masker alami untuk merawat kulit kering. Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan asam lemaknya. Banyak asam lemak yang bisa ditemukan dalam minyak kelapa.

Enggak heran kalau minyak kelapa bisa menghidrasi kulit. Kemudian membuat kulit bersisik hilang dan lebih segar dari biasanya. Apalagi bahan ini terbilang aman dan mudah sekali ditemukan.

Mengambil beberapa minyak kelapa dan oleskan lapisan tebal pada kaki. Tunggu setidaknya satu jam dan cuci dengan air dingin. Bisa juga dengan memanaskan sedikit minyak kelapa dan minyak zaitun. Lalu pijat cuci dengan air.

Teh Hijau

Teh hijau bisa dipakai untuk mengatasi kulit kering. Tak hanya mengandalkan teh hijau, tetapi teh hijau bisa dipadukan dengan beberapa bahan pilihan sebelum dijadikan masker alami untuk merawat kulit kering. Misalnya saja seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender.

Kombinasikan teh hijau dengan salah satu minyak essensial tersebut, kemudian rasakan manfaatnya. Bukan hanya dapat menenangkan kulit kering bersisik dan kulit sensitif. Ramuan ini bisa digunakan untuk iritasi dan menjaga kelembapan kulit sepanjang waktu.