Sukses

6 Makanan Sehat dan Bergizi yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Makanan sehat dan bergizi perlu kamu konsumsi setiap hari. Hal ini tentunya bermanfaat untuk menunjang kegiatan sehari-hari kamu dan menjaga kesehatan setiap harinya. Pemilihan makanan yang tepat sesuai kondisi sangat penting diperhatikan.

Berbagai makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, lauk pauk, hingga makanan lainnya bisa kamu konsumsi secara teratur setiap hari. Untuk itu, kamu bisa mengacu pada Pedoman Gizi Seimbang dalam mengonsumsi makanan harian.

Makanan sehat dan bergizi akan mendukung kesehatan tubuh dengan baik. Namun, kamu tentunya juga perlu menyeimbangkan makanan sehat tersebut gaya hidup sehat, yaitu dengan melakukan aktivitas fisik, hingga menerapkan perilaku hidup bersih.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/12/2020) tentang makanan sehat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan Pokok

Makanan pokok meliputi karbohidrat (kalori) dalam jumlah seimbang merupakan makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. Kalori adalah satuan energi. Dalam nutrisi, kalori mengacu pada energi yang didapat orang dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi, dan energi yang mereka gunakan dalam aktivitas fisik.

Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang biasanya dikonsumsi bersama lauk pauk. Sumber makanan pokok bisa berupa nasi, kentang, singkong, ubi, atau roti. Turunan karbohidrat terlibat dalam reproduksi, sistem kekebalan tubuh, perkembangan penyakit, dan pembekuan darah.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran menjadi makanan sehat yang wajib kamu konsumsi setiap harinya. Buah dan sayuran berperan sebagai sumber vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral merupakan bentuk mikronutrien yang merupakan salah satu kelompok nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh. Manusia harus mendapatkan nutrisi mikro dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin dan mineral.

Vitamin diperlukan untuk produksi energi, fungsi kekebalan, pembekuan darah dan fungsi lainnya. Sementara itu, mineral memainkan peran penting dalam pertumbuhan, kesehatan tulang, keseimbangan cairan dan beberapa proses lainnya. Kandungan mikronutrien dari setiap makanan berbeda, jadi yang terbaik adalah makan berbagai makanan untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya adalah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

Kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat dan Bergizi

Daging dan Telur

Daging dan telur sebagai lauk pauk juga merupakan makanan sehat yang perlu kamu konsumsi secara rutin. Daging merupakan salah satu makanan sehat karena kaya akan nutrisi, terlebih lagi daging sapi tanpa lemak. Daging jenis ini mengandung protein dan zat besi paling tinggi dibandingkan dengan daging jenis lainnya.

Tidak hanya daging, telur juga termasuk ke dalam makanan sehat. Selain tinggi protein, telur juga mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

Ikan

Masih terkait dengan lauk pauk, makanan sehat berikutnya adalah ikan. Ikan dan makanan laut lainnya merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

Susu

Susu juga termasuk ke dalam makanan sehat yang perlu kamu konsumsi secara rutin. Hal ini berkaitan dengan susu yang mengandung banyak nutrisi berharga, dan dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Kalsium, misalnya, dapat mencegah osteoporosis. Susu telah lama dipandang sebagai minuman sehat, karena mengandung banyak nutrisi.

Susu yang paling umum dikonsumsi adalah susu sapi. Berbagai macam produk makanan dibuat dari susu sapi, seperti keju, krim, mentega, dan yogurt. Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi dan lemak yang berbeda. Susu menjadi bagian pelengkap dari gambar makanan empat sehat lima sempurna.

4 dari 4 halaman

Pedoman Gizi Seimbang

Makanan empat sehat lima sempurna sudah disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang sekarang ini. Pedoman Gizi Seimbang ini bertujuan untuk menyediakan pedoman makan dan berperilaku sehat bagi seluruh lapisan masyarakat. Pedoman ini berdasarkan empat prinsip, yaitu:

Mengonsumsi beragam makanan

Nasi merupakan sumber utama kalori, tetapi miskin vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi miskin kalori dan protein. Ikan merupakan sumber utama protein, tetapi sedikit kalori.

Membiasakan perilaku hidup bersih

Dengan membiasakan perilaku hidup bersih, Anda akan terhindar dari kuman, virus atau bakteri, yang dapat mencetuskan suatu penyakit seperti infeksi.

Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang meliputi segala macam kegiatan tubuh termasuk olahraga merupakan salah satu upaya untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan zat gizi.

Mempertahankan dan memantau berat badan

Bagi orang dewasa, salah satu indikator yang menunjukkan bahwa telah terjadi keseimbangan zat gizi di dalam tubuh adalah tercapainya berat badan ideal. Indikator tersebut dapat diketahui dengan menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.