Sukses

20 Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal, Lakukan Perawatan dengan Tepat

Cara membuat kulit wajah menjadi kenyal ini membuat terlihat lebih muda karena terhindar dari penuaan dini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah dengan kekenyalan sempurna adalah tanda kulit yang sehat. Untuk bisa menjaga dan menjadikannya demikian, cara membuat kulit wajah menjadi kenyal patut disimak dan dipraktikkan kemudian.

Kulit wajah yang kenyal menandakan kondisi elastisitas kulit yang baik. Elastisitas yang baik akan membuat kulit nampak lebih muda karena terhindar dari masalah penuaan dini.

Nah, cara membuat kulit wajah menjadi kenyal ini bekerja dengan menghidrasi kulit secara alami. Menggunakan bahan alami dan serangkaian perawatan tepat.

Berbagai rangkaian cara membuat kulit wajah menjadi kenyal ini tidak hanya bekerja demikian. Akan tetapi, turut membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, melindungi dari bakteri, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat kulit wajah menjadi kenyal dari berbagai sumber, Jumat (24/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Mentimun

Mentimun memiliki efek mendinginkan pada kulit. Air mentimun mampu meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan membuatnya menjadi nampak kenyal.

Selain menghidrasi, mentimun dapat mengurangi peradangan, menenangkan kulit terbakar, meningkatkan penampilan keriput, dan mencerahkan kulit.

Cuci bersih mentimun. Haluskan mentimun dan ambil ekstraknya. Oleskan dengan bola kapas, biarkan mengering, dan bawa tidur di malam hari. Sleeping mask timun ini cocok untuk semua jenis kulit.

Susu

Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit, memiliki kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid), dan vitamin. Hal ini yang membuatnya bisa menghidrasi kulit dan menjadikan lebih kenyal.

Asam laktat pada susu berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu kamu mencerahkan kulit.

Cara menerapkannya bisa dengan mencelupkan kain lap bersih di susu dingin. Lalu usapkan pada kulit wajah selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat.

Semangka

Semangka kaya akan air yang bisa membantu menghidrasi kulit. Tak hanya dimakan, semangka juga bisa menjadi sleeping mask untuk menutrisi wajah. Semangka mengandung likopen yang membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain bikin kenyal, semangka juga dapat membuat kulit lebih cerah dan glowing.

Haluskan semangka berdaging merah dan saring jusnya. Dengan bola kapas, oleskan air semangka di wajah dan biarkan mengering sebelum tidur. Bilas dengan air bersih keesokan paginya. Sleeping mask semangaka ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Gula Kelapa

Scrub gula kelapa adalah obat rumah mudah dapat membantu mengobati kulit kering dan membuatnya lebih kenyal. Gula membantu pengelupasan kulit secara mendalam. Sementara minyak kelapa membantu kulit tetap segar dan terhidrasi sepanjang waktu.

Ambil ¼ cangkir gula coklat dan menambahkan beberapa minyak kelapa untuk itu. Tambahkan jus lemon dan campurkan bersama-sama. Menerapkan scrub ini pada kulit kering. Lalu gosok dengan baik dan cuci dengan air. 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Petroleum Jelly

Petroleum jelly biasa dipakai untuk mengatasi kulit kering. Bahan ini bekerja dengan baik untuk mengunci kelembapan.

Tidak heran jika digunakan secara rutin, hidrasi kulit terjaga dengan baik dan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal.

Petroleum jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit. Meski tekstur petroleum jelly mungkin tampak kental dan lengket bisa menutupi pori.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak esensial yang memiliki jumlah antioksidan dan vitamin tinggi. Menggunakannya di wajah akan membuat kulit lebih mudah terhidrasi, segar, dan lebih kenyal.

Ambil sedikit minyak zaitun dan menerapkannya pada kulit wajah sebelum pergi mandi. Tunggu 30 menit dan kemudian bilas.

Bisa juga menerapkannya sedikit minyak zaitun pada kulit bersisik sebelum menerapkan pelembab rutin atau krim. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Yoghurt

Yogurt dan madu memiliki asam laktat yang dapat membantu mengatasi kulit kering dan membuatnya lebih kenyal. Yoghurt bekerja dengan membunuh semua bakteri yang menyebabkan kekeringan pada kulit.

Ambil setengah cangkir yogurt dan tambahkan madu. Campurkan bahan dan terapkan pada kulit wajah. Diamkan untuk beberapa waktu dan cuci dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Teh Hijau

Teh hijau bisa dipakai untuk mengatasi kulit kering dan menjadikannya lebih kenyal. Tak hanya mengandalkan teh hijau, tetapi teh hijau bisa dipadukan dengan beberapa bahan pilihan. Misalnya saja seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender.

Kombinasikan teh hijau dengan salah satu minyak essensial tersebut, kemudian rasakan manfaatnya. Bukan hanya dapat menenangkan kulit kering dan menjadikannya kenyal. Ramuan ini bisa digunakan untuk iritasi dan menjaga kelembapan kulit sepanjang waktu.

Minyak Almond

Minyak almond termasuk bahan alami yang bisa dipakai untuk kecantikan.  Salah satunya bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering dan mengenyalkannya. Cukup oleskan minyak pada kulit kering bersisik dan pijat dengan lembut.

Bisa juga dengan menambahkan aloe vera atau lidah buaya untuk hasil yang lebih baik dan cepat. Campurkan satu sendok teh aloe vera dan satu sendok teh minyak almond lalu oleskan pada kulit. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air putih.

Madu

Menggunakan masker beeswax dan madu dapat membantu melembabkan kulit kering dan menjadikannya menjadi kenyal. Kedua bahan ini mengandung antimikroba, antioksidan, dan sifat-sifat humektan.

Ambil beberapa beeswax, madu, dan minyak zaitun. Sekarang Lelehkan beeswax dan mencampurnya dengan madu dan minyak zaitun. Oleskan campuran pada kulit dan mencuci dengan air setelah beberapa saat.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa diandalkan untuk menghidrasi kulit dan menjadikannya lebih kenyal. Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan asam lemaknya. Banyak asam lemak yang bisa ditemukan dalam minyak kelapa.

Mengambil beberapa minyak kelapa dan oleskan pada kulit. Tunggu setidaknya satu jam dan cuci dengan air dingin. Bisa juga dengan memanaskan sedikit minyak kelapa dan minyak zaitun. Lalu pijat cuci dengan air.

Air Mawar

Air mawar bersama dengan ekstrak botani lainnya efektif melawan bakteri penyebab jerawat. Air mawar juga memiliki efek menenangkan pada kulit dan menjaga kekenyalannya. Aplikasi topikal ekstrak chamomile juga memiliki efek anti-inflamasi pada kulit.

Tambahkan satu sendok teh teh chamomile yang baru diseduh (bisa diganti dengan 2-3 tetes minyak chamomile) ke satu sendok makan air mawar. Bisa juga menambahkan sejumput kunyit. Oleskan campuran ke wajah dengan bola kapas sebelum tidur.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya bisa membantu mengatasi kulit kering, bersisik, gatal iritasi, dan pecah-pecah.

Tidak heran jika dengan manfaat demikian, kulit wajah bisa menjadi lebih kenyal karena kelembapannya terjaga dengan baik. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Kunyit

Kunyit memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, bekerja sebagai antioksidan kuat yang mengurangi jerawat dan photoaging.

Susu mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan tekstur kenyal dan kekencangan kulit. Sleeping mask kunyit dan susu cocok untuk kulit berjerawat.

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dalam satu sendok makan susu murni. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah seperti mengoleskan toner. B

iarkan hingga benar-benar kering sebelum tidur. Penting diperhatikan, kunyit bisa meninggalkan noda di baju atau seperai. Jadi pastikan untuk menggunakan seprai atau baju yang sudah siap untuk ternoda.

Alpukat

Alpukat tak hanya buah yang bergizi dan lezat. Alpukat pun bisa dipakai untuk membuat kulit wajah menjadi kenyal karena hidrasinya terjaga. Terdapat pula kandungan asam lemak dan vitamin tinggi di dalamnya.

Ambil satu tumbuk alpukat dan menambahkan beberapa susu dan madu. Campur semua bahan bersama-sama. Oleskan masker ini pada kulit. Diamkan selama satu jam dan cuci dengan air dingin.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah bahan hydrating yang bisa membantu menjaga kelembapan dan menjadikannya lebih kenyal. Manfaat ini dipengaruhi asam malat dalam cuka sari apel.

Ambil ½ cangkir cuka sari apel dan menambahkannya ke ember yang berisi air. Sekarang rendam kaki dan kaki dalam air selama 15 menit. Tunggu beberapa waktu dan mencuci dengan air dingin.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Perawatan Tepat

Pembersih yang lembut, toner yang menghidrasi, dan serum asam hialuronat adalah tiga hal yang harus ada dalam rutinitas perawatan kulit harian. Perawatan ini yang akan menjadikan kulit wajah nampak lebih kenyal.

Apabila berada di negara dengan suhu dingin, ganti produk perawatan bertekstur lotion dengan tekstur yang lebih pekat seperti krim, balm dan oil. Apabila berada di negara bercuaca panas dan tropis, cobalah produk perawatan kulit bertekstur ringan seperti gel dan lotion yang tidak lengket.

Menurut Dr. Sapna Palep dari Spring Street Dermatology di New York City, jangan lupa untuk rutin melalukan perawatan ekfoliasi atau pembersihan sisa-sisa kotoran dan kulit mati. 

Hal ini dapat mencerahkan dan membuat pori-pori wajah terhindar dari penyumbatan. Perawatan wajah ekstra dengan teknik mikrodermabrasi di klinik kecantikan terpercaya juga bisa dilakukan.

Hindari Face Oil untuk Wajah Berjerawat

Untuk pemilik kulit berminyak, sensitif, dan berjerawat hindari produk perawatan wajah dengan tekstur minyak. Menghindarinya akan menjaga kulit menjadi lebih kenyal karena dapat terhidrasi dengan baik.

Dilansir dari laman klikdokter.com, seseorang yang memiliki kulit berjerawat harus sangat berhati-hati untuk tidak menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung  alkohol, minyak, atau petrolium jelly.

Gunakan Serum Asam Hyaluronic

Lebih baik mulai gunakan serum wajah dengan kandungan asam hyaluronic baik untuk diaplikasikan pada pagi dan malam hari. Trik yang satu ini dapat memberikan peningkatan hidrasi dan menjadikannya lebih kenyal.

Manfaat ini berasal dari kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan kulit dengan sempurna. Mulailah dengan mengoleskan serum berkandungan asam hyaluronic secara rutin.

Lakukan Perawatan di Malam Hari

Pantang untuk langsung tidur di malam hari, tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Lakukan terlebih dahulu rangkaian perawatan kecantikan wajah.

Agar wajah terhidrasi dengan baik dan mampu menjadikannya lebih kenyal, gunakan juga sheet mask atau sleeping mask di akhir ritual perawatan

Menurut ahli bedah plastik okulofasial dan pendiri epi.logic skincare, Chaneve Jeanniton, MD, FACS, fokus utama perawatan kecantikan wajah di malam hari harus pada perbaikan kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini