Sukses

20 Jenis Anjing Peliharaan Lucu dan Setia, Kenali Ciri-cirinya

Jenis anjing peliharaan yang lucu dan setia tentunya diinginkan setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Jenis anjing peliharaan yang lucu dan setia tentunya diinginkan setiap orang. Ada berbagai jenis anjing yang bisa dijadikan peliharaan. Anjing digemari sebagai peliharaan karena kesetiaan dan kepintarannya, membuat orang begitu mencintai hewan ini.

Jenis anjing dari yang berukuran kecil hingga yang besar bisa dijadikan peliharaan di rumah. Memiliki anjing sebagai peliharaan tentunya membuat hari-harimu lebih berwarna. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan di pagi hari ataupun sore hari sambil menikmati udara luar. 

Jenis anjing peliharaan lucu dan setia tersebar di seluruh dunia. Bagi kamu yang ingin memelihara anjing di rumah, kamu bisa melihat referensi ini terlebih dahulu. Apalagi, berbagai jenis anjing memiliki keunikannya masing-masing.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/12/2020) tentang jenis anjing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis Anjing Peliharaan

Beagle

Beagle sebenarnya merupakan ras anjing pemburu berasal dari Inggris. Namun, karena tubuhnya yang kecil, anjing ini juga kerap dijadikan peliharaaan di rumah. Beagle diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu: Beagle berukuran sedang, Beagle kerdil atau kecil, Beagle rubah, dan Beagle terrier (berbulu kasar).

Maltese

Maltese anjing putih kecil yang lembut dengan sifat lembut namun berani. Dengan berat kurang dari 7 kg anjing ini menyenangkan untuk diajak jalan-jalan. Maltese adalah anjing yang suka main-main dan energik yang terikat erat dengan pemiliknya.

Dachshund

Dachshund merupakan jenis anjing peliharaan yang sangat populer. Anjing ini dikenal dengan kaki pendek, gemuk dan tubuh bulat panjang. Dachshund terlihat dalam ukuran standar atau kecil. Ras ini hadir dalam tiga jenis bulu, halus, panjang atau kaku.

Akita

Akita atau Akita Inu merupakan ras anjing Jepang yang menggemaskan. Akita Inu memiliki kemampuan berburu yang hebat. Kisah anjing Akita yang paling terkenal adalah kisah Hachiko, anjing yang sangat setia pada pemiliknya meski sudah meninggal.

3 dari 6 halaman

Jenis Anjing Peliharaan

Poodle

Poodle adalah jenis anjing populer yang dikenal karena bulu ikal yang ketat dan potongan rambut tertentu seperti "pom-pom" di atas persendiannya. Pudel juga dikenal sebagai teman yang menghibur. Mungkin karena penampilannya yang mewah dan mungil, banyak orang tidak menyadari bahwa Poodle adalah jenis anjing yang sangat cerdas.

Dalmatian

Dalmatian sangat populer karena muncul dalam salah satu film Disney yang terkenal. Anjing ini dikenal dengan warna kulitnya yang putih dengan bercak hitam di seluruh tubuhnya. Nama Dalmatian berasal dari Provinsi Dalmatia dari negara Kroasia, yang diperkirakan sebagai asal dari jenis ini.

Chihuahua

Chihuahua merupakan satu dari jenis anjing peliharaan terkecil di dunia. Bulu mereka halus dan panjang. Meskipun suka dicintai dan setia, Chihuahuas juga anjing yang sangat aktif dan lancang dengan sikap "anjing tangguh".

Husky

Husky atau Siberian Husky merupakan jenis anjing ras berukuran sedang dan berbulu tebal. Siberian Husky tidak agresif, bahkan bisa bersikap baik kepada orang asing. Ras ini sekilas mirip serigala, mungkin juga diperkirakan terjadi karena hasil persilangan alam.

4 dari 6 halaman

Jenis Anjing Peliharaan

Pomeranian

Pomeranian adalah anjing kecil yang energik dan terkadang suka memerintah dengan kesetiaan yang intens kepada orang yang mereka cintai. Pomeranian tampak seperti persilangan antara boneka binatang dan singa kecil. Bulu panjang, halus dan kepribadiannya yang cerah menjadikan anjing ini jenis yang tak terlupakan.

Alaskan Malamute

Alaskan malamute adalah salah satu ras anjing bertubuh besar yang berasal dari Alaska. Dulunya anjing ini dimanfaatkan untuk membantu menarik kereta barang di Alaska. Kini Alaskan malamute banyak dijadikan peliharaan di rumah.

Bulldog

Bulldog adalah salah satu anjing ras tertua di dunia yang berasal dari Inggris. Bulldog dikenal sebagai anjing sahabat yang baik, tidak agresif walaupun tampangnya menyeramkan. Meski tergolong anjing yang ramah, bulldog banyak digunakan sebagai lambang keberanian.

Golden Retriever

Golden Retriever merupakan anjing ras modern yang populer dijadikan peliharaaan keluarga. Bulu anjing ini berwarna keemasan (golden) di bawah sinar matahari sehingga disebut Golden Retriever. Golden Retriever dikenal sebagai anjing yang cerdas dan berani. Golden retriever juga dikenal memiliki penciuman yang tajam sehingga tak jarang dijadikan teman berburu.

5 dari 6 halaman

Jenis Anjing Peliharaan

Shih Tzu

Shih Tzu adalah anjing kecil dengan rambut panjang dan halus. Shih Tzu adalah hewan peliharaan yang dimanjakan dengan sikap waspada dan percaya diri. Namun, terlepas dari ukurannya, ras ini sebenarnya cukup kuat dan dapat bertahan sendiri. Nama Cina ‘Shih Tzu’ berarti ‘singa kecil’.

Pekingese

Jenis anjing peliharaan selanjutnya juga dari cina, yaitu Pekingese. Anjing ini memiliki ciri-ciri tubuh mungil, namun berotot dan berat. Bulunya yang sangat lebat membuatnya otot-ototnya tertutup. Berbeda dengan shis tzu, pekingese cenderung sulit diajari karena memang sifat dasarnya yang keras kepala. Tapi, dia akan selalu menemanimu bermain karena pada dasarnya anjing ini adalah anjing yang ramah dan agresif.

Doberman

Doberman atau dobie merupakan jenis anjing domestik yang berasal dari Jerman. Anjing ini memiliki moncong yang panjang dengan ukuran tubuh yang besar. Setiap doberman memiliki tanda di bagian kaki, bawah ekor, dada, moncong, dan di atas mata. Tipe anjing penjaga yang waspada dan setia ini sangat mudah dilatih dan mampu belajar dengan cepat

Pug

Pug terkenal karena wajah bundarnya yang rata dengan kerutan yang dalam. Meskipun ukurannya yang kecil anjing pug adalah anjing penjaga yang baik. Mereka sangat mengabdi kepada keluarga dan rukun dengan hewan peliharaan lainnya. Anjing pug adalah anjing yang aktif namun kompak yang menjadi sahabat yang baik untuk semua jenis keluarga.

6 dari 6 halaman

Jenis Anjing Peliharaan

Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier adalah jenis anjing kecil populer yang terkenal dengan rambut panjangnya yang halus. Dalam kondisi normal, Yorkshire Terrier tidak pernah memiliki berat lebih dari 3,2 kg. Mereka memiliki kepala kecil, mata hitam berukuran sedang dan telinga berbentuk V. Tapi jangan salah, ini bukan anjing yang lemah. Ras ini bisa jadi pengawas sekaligus teman yang baik.

Boston Terrier

Ras ini berasal dari persilangan Bulldog Inggris dengan Terrier Inggris putih. Hasilnya adalah seekor anjing yang akhirnya dikenal sebagai Boston Terrier (dinamai kota tempat ia lahir). Secara keseluruhan, jenis ini membuat teman yang sangat baik. Beberapa terrier Boston memiliki kecenderungan untuk menjadi sangat ramah dengan orang asing.

Shiba Inu

Jenis anjing peliharaan selanjutnya adalah shiba inu. Shiba inu merupakan ras anjing paling populer di Jepang. Sekilas, penampilannya memang agak mirip dengan jenis anjing Akita, tapi, ukuran tubuhnya lebih kecil dari akita dan sifatnya pun berbeda karena shiba inu cenderung temperamen dan agresif. Tapi, shiba inu masih termasuk aman dijadikan peliharaan di rumah.

Miniatur Schnauzer

Miniature Schnauzer adalah anjing kecil yang energik dengan kepribadian yang ramah tetapi tangguh. Mudah dikenali oleh potongan rambut berjanggut khasnya, Terrier ini tetap menjadi salah satu ras anjing paling populer selama bertahun-tahun. Miniatur Schnauzer memiliki rasa kesetiaan dan perlindungan yang kuat terhadap keluarganya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini