Sukses

4 Hubungan Obesitas dan Risiko Tertular COVID-19, Waspadai Bahayanya

Obesitas meningkatkan risiko tertular COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit, tak terkecuali COVID-19. Obesitas memengaruhi tingkat beragam penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan bahkan beberapa gangguan autoimun dan jenis kanker tertentu. Semua penyakit ini termasuk penyakit penyerta yang banyak dimiliki penderita COVID-19.

Dilansir Liputan6.com dari LiveStrong, Sabtu (26/12/2020), sepanjang pandemi, penelitian telah menunjukkan bahwa banyak pasien COVID-19 juga lebih mungkin orang yang mengalami obesitas.

"Meskipun usia mungkin masih menjadi faktor risiko teratas, penelitian sekarang menunjukkan bahwa obesitas muncul sebagai risiko besar berikutnya," kata John Morton, MD, kepala divisi untuk bariatrik dan bedah minimal invasif di Yale School of Medicine.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian obesitas dan COVID-19

Dalam tinjauan terhadap 75 penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2020 di jurnal Obesity Reviews, para peneliti melihat catatan medis dari hampir 400.000 pasien dengan COVID-19 dan menemukan bahwa mereka yang mengalami obesitas 113 persen lebih mungkin masuk ke rumah sakit dibandingkan orang dengan berat badan yang sehat. 74 persen dari jumlah ini lebih mungkin untuk dirawat di ICU dan 48 persen lebih mungkin untuk meninggal.

Semakin tinggi indeks massa tubuh, semakin besar risiko seseorang secara umum: Sebuah studi Agustus 2020 di Annals of Internal Medicine dari hampir 7.000 pasien dengan COVID-19 menemukan bahwa sementara risiko kematian lebih dari dua kali lipat untuk pasien dengan indeks massa tubuh 40 (setara dengan seorang wanita 162 cm dengan berat 105 kg atau pria 175 cm dengan berat 122 kg) dibandingkan dengan mereka dengan indeks massa tubuh normal.

Risiko bisa empat kali lipat meningkat untuk orang dengan indeks massa tubuh minimal 45 (setara dengan wanita 162 cm dengan berat 118 kg atau pria 175 cm dengan berat 137 kg).

Pakar medis tidak begitu yakin mengapa obesitas tampaknya membuat COVID-19 menjadi lebih buruk, tetapi ada beberapa teori yang menjelaskannya. Teori tersebut meliputi:

3 dari 4 halaman

Hubungan obesitas dan COVID-19

Peradangan Kronis

Salah satu alasan obesitas berkaitan dengan COVID-19 adalah karena obesitas dapat menyebabkan keadaan peradangan kronis tingkat rendah, kata Fatima Stanford, MD, MPH, spesialis obesitas di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston.

"COVID-19 sendiri tampaknya merupakan gangguan inflamasi, jadi ketika keduanya digabungkan, itu benar-benar badai yang sempurna," jelasnya.

Akibatnya, pasien lebih mungkin mengalami "badai sitokin" - sejenis reaksi berlebihan sistem kekebalan di mana tubuh mulai menyerang sel dan jaringannya sendiri daripada hanya melawan virus.

Kondisi Kronis Lainnya

Dr. Morton menjelaskan jika orang dengan obesitas juga lebih cenderung memiliki kondisi kronis lain yang tampaknya meningkatkan risiko komplikasi COVID-19, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung atau ginjal.

4 dari 4 halaman

Hubungan obesitas dan COVID-19

Fungsi paru-paru

Fungsi paru-paru yang buruk menjadi faktor lain meningkatnya risiko COVID-19 pada orang obesitas. "Obesitas mengubah seluruh fisiologi, termasuk berkurangnya volume dan kapasitas paru-paru karena terlalu banyak lemak di sekitar paru-paru," jelas Marcio Griebeler, MD, ahli endokrinologi di Klinik Cleveland.

Ini pada gilirannya dapat membuat tubuh lebih mungkin mengembangkan komplikasi seperti pneumonia atau bahkan sindrom gangguan pernapasan akut, kondisi yang mengancam jiwa yang dapat terjadi pada kasus COVID-19 yang parah.

Tantangan Pengobatan

Obesitas dapat mengurangi kemungkinan merespons pengobatan COVID-19.

"Jauh lebih sulit untuk menempatkan orang dengan obesitas ke posisi tengkurap, yang sering digunakan di rumah sakit untuk membuka saluran udara," kata Dr. Griebeler. Juga lebih sulit untuk memberi ventilasi pada pasien obesitas.

Orang dengan obesitas juga tampaknya membawa viral load COVID-19 yang lebih tinggi, yang berarti mereka tidak hanya lebih mungkin menyebarkan penyakit kepada orang lain, tetapi juga mengalami gejala yang lebih parah, kata Dr. Morton.

“Virus COVID-19 memiliki pintu masuk ke tubuh kita melalui reseptor ACE2, yang tidak hanya ada di jaringan hidung, mulut, dan paru-paru kita, tetapi juga di jaringan lemak kita,” jelasnya.

Selain itu, orang dengan obesitas juga mungkin enggan untuk mencari perhatian medis jika mereka sakit, dan perawatan yang mereka dapatkan mungkin tidak memadai.

"Kami tahu pasien dengan obesitas cenderung tidak mencari perawatan bahkan untuk perawatan pencegahan rutin seperti mammogram atau Pap smear karena interaksi negatif yang mereka miliki dengan sistem perawatan kesehatan," Dr. Stanford menunjukkan.

Dokter menghabiskan lebih sedikit waktu dengan pasien obesitas, dan cenderung tidak merujuk mereka untuk tes yang diperlukan, karena sikap dan stereotip negatif bawah sadar yang kuat, menurut sebuah studi pada Maret 2015 di Obesity Reviews.

"Kami tahu bahwa stigma dan bias berat badan memang mengarah pada perawatan yang tidak memadai, jadi mengapa tidak lebih umum selama pandemi ini?" Kata Dr. Stanford.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.