Sukses

4 Kandungan Vaksin COVID-19, Bisa Picu Pembentukan Sistem Imun Tubuh

Pendistribusian vaksin ke beberapa negara mulai dilakukan berbagai perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai cara dilakukan Indonesia untuk mencegah adanya penyebaran virus corona atau COVID-19. Mulai dari menerapkan kebijakan tetap di rumah, PSBB, hingga pengadaan vaksin COVID- 19. Bahkan, Indonesia juga telah mengimpor vaksin COVID-19 produksi Sinovic dari Tiongkok sebanyak 1,2 juta dosis.

Vaksin COVID-19 yang telah tiba di Indonesia akan segera disalurkan kepada masyarakat guna mencegah kembali adanya penyebaran COVID-19. Proses penyaluran vaksin COVID-19 ini dilakukan secara ketat hal ini dikarenakan agar keamanan dan efektivitasnya terjamin.

Selain itu, vaksin ini juga disebut-sebut mampu memicu pembentukan sistem imun dalam tubuh. Namun, meski disebut mampu memicu adanya pembentukan sistem imun dalam tubuh, kandungan yang terdapat dalam vaksin pun sangat penting. Secara umum, vaksin sendiri terdiri dari empat kandung yang bisa memproses adanya pembentukan imun tubuh.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @kemenkes_ri, Jumat(18/12/2020) berikut ini beberapa kandungan vaksin yang bisa memicu pembentukan sistem imun dalam tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandungan vaksin

1. Antigen

Antigen merupakan virus ataupun bakteri yang telah dibunuh atau dilemahkan yang berada dalam vaksin. Virus ataupun bakteri tersebut berfungsi untuk melatih tubuh untuk mengendalikan serta melawan penyakit yang terkena di masa datang.

2. Adjuvant

Adjuvant merupakan sebuah substansi yang membantu untuk memperkuat respons imun tubuh terhadap antigen.

3. Pengawet

Penyawet dalam vaksin diperlukan untuk memastikan vaksin tersebut tetap efektif.

4. Stabilisator

Stabilisator dalam vaksin berguna untuk mellindungi vaksin selama proses penyimpanan dan pendistribusian. Hal ini agar kandungan dalam vaksin tetap terjaga dan bisa berfungsi secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.