Sukses

14 Manfaat Buah Naga untuk Wanita, Bikin Sehat dan Tampil Cantik

Liputan6.com, Jakarta Membicarakan manfaat buah naga untuk wanita, memang sangat menarik. Kesehatan, kecantikan, dan kehamilan wanita dapat terjaga dengan baik dengan konsumsi buah naga.

Tidak hanya daging buahnya saja, tetapi kulit buah naga juga membuat manfaat buah naga untuk wanita lebih kaya. Ada antioksidan, vitamin E, vitamin C, zat besi, mineral, karbohidrat, asam folat, dan prebiotik.

Kandungan dalam daging buah naga dan kulitnya yang membuat manfaat buah naga untuk wanita juara. Mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, menjaga kulit, mencegah anemia, menyehatkan pencernaan, menjaga kesehatan ibu dan janin.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat buah naga untuk wanita dari berbagai sumber, Senin (28/12/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Baik untuk Kehamilan

Buah naga memiliki antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Menjaga dari radikal bebas, mengendalikan kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan membantu perkembangan otak janin.

Buah ini kaya zat besi dan mengonsumsinya selama kehamilan dapat membantu mencegah anemia. Selain dikonsumsi langsung, buah naga juga baik dibuat jus.

Nutrisi dapat terserap dengan lebih cepat oleh ibu hamil saat buah naga dibuat jus. Manfaat buah naga untuk wanita ini berdampak pula pada kelancaran sirkulasi darah, pembentukan tulang, dan kesehatan otak janin.

Membasmi Jerawat

Manfaat buah naga untuk wanita tidak hanya pada daging buahnya, tetapi kulitnya juga. Kulit buah naga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

Hal ini disebabkan karena buah naga kaya antioksidan dan vitamin C. Kombinasi keduanya mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah. Penerapannya sangat mudah, ambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan. Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuh dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengatasi Kerusakan Rambut 

Rambut yang telah diwarnai dengan zat kimia dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan. Risiko ini dapat diminimalkan dengan manfaat buah naga untuk wanita, cocok untuk perawatan rambut jenis ini.

Penerapannya dengan memanfaatkan buah naga yang sudah dijus. Kemudian, oleskan jus buah naga pada kulit kepala sebelum keramas.

Hal ini akan membantu melindungi kesehatan folikel rambut. Vitamin dan mineral didalam buah naga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala agar pertumbuhan rambut sehat. 

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Melembapkan Kulit

Manfaat buah naga untuk wanita sangat baik untuk kecantikan kulitnya. Buah naga adalah sang ahli melembapkan kulit secara alami. Apalagi bagi yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, polusi, dan debu.

Salah satu jenis yang direkomendasikan adalah buah naga merah. Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E, dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan.

Coba mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh. Bisa pula dijadikan masker wajah alami karena buah naga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi, kulit akan lembap sepanjang hari.

Buah naga pun akan menghidrasi kulit dengan memiliki kadar air tinggi hingga 90 persen. Rutin mengonsumsinya, akan membuat kulit wajah dan tubuh yang cenderung kering menjadi kembali lembap dan terhidrasi dengan baik.

Meregenerasi Kulit

Selama manusia hidup, maka seluruh sel-sel yang ada di dalam tubuh akan selalu mengalami peremajaan atau regenerasi. Regenerasi sel bertujuan untuk mengganti sel-sel mati dan secara tidak langsung, sel-sel baru akan menjalankan fungsinya dengan lebih baik.

Manfaat buah naga untuk wanita ini sangat direkomendasikan untuk mempercepat regenerasi, apalagi wanita kerap mengalami penundaan regenerasi karena penggunaan makeup-nya.

Percepat proses regenerasi kulit wajah agar tampak lebih cerah dengan mengaplikasikan masker buah naga ke kulit wajah. Caranya, hanya perlu menambahkan madu dan menghaluskan daging buah naga.

Lalu campurkan dengan madu dan aplikasikan ke kulit wajah Anda. Tunggu 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Setelah itu, bilas kembali menggunakan air bersih dan gunakan handuk bersih sebagai langkah terakhir.

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Manfaat buah naga untuk wanita, dapat mencerahkan kulitnya. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B3 yang dapat mencerahkan kulit wajah. Bisa dengan mengonsumsi dan memakai masker atau lulur buah naga rutin agar wajah lebih cerah.

Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat dalam buah naga dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Mulai gunakan dengan cara menjadikannya masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh. Terapkan perawatan kulit yang tepat sebagai penunjangnya juga.

Mencegah Anemia

Zat besi, hadir dalam buah naga, baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada individu yang memiliki anemia. Kandungan ini juga membantu dalam produksi sel darah merah (RBC).

Lalu membantu dalam oksigenasi yang tepat dari organ-organ vital. Manfaat buah naga untuk wanita ini baik saat hari menstruasinya tiba. Banyaknya darah yang keluar tidak akan membuatnya lemas sampai anemia, ketika dikonsumsi dengan tepat.

Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga memainkan peran penting dalam memecah makanan menjadi energi. Enam ons buah naga cincang menyediakan 1,26 mg zat besi.

5 dari 7 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E dikenal sebagai kandungan yang dapat membantu mencegah dan memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Hal ini membuat buah naga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Manfaat buah naga untuk wanita juga mengandalkan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Buah naga merah akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel.

Konsumsi jus buah naga merah secara rutin. Namun, untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, dapat menghaluskan dan menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Selain olahraga dan selalu memperhatikan gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh, konsumsi buah naga sangat diperlukan. Terutama bagi wanita yang rentan mengalaminya.

Berdasarkan penelitian, kulit buah naga mengandung fitoalbumin yang apabila dikomboinasikan dengan vitamin C dan mineral lainnya mampu mencegah penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, kanker darah, kanker payudara, kanker liver, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Buah naga dapat dijadikan sebagai perlindungan dan pengobatan saat terpapar sinar matahari. Manfaat buah naga untuk wanita ini dapat dibuat menjadi lotion.

Body lotion alami dari buah naga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Caranya, ambil sari buah naga untuk dioleskan ke kulit sebelum keluar rumah. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

Meredakan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Tidak hanya melindungi dari paparan sinar matahari, manfaat buah naga untuk wanita, dapat meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari.

Kombinasi vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya mampu meredakan inflamasi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1/4 potong buah naga dengan 1 kapsul vitamin E untuk diolah menjadi krim kental.

Oleskan krim buah naga alami di atas kulit yang terbakar dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Hindari kebiasaan terpapar sinar matahari terlalu lama agar tidak semakin memperparah kondisinya.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Wanita

Stamina Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak energi (tenaga) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk itu manfaat buah naga untuk wanita sangat diperlukan agar berbagi nutrisi dapat terpenuhi dengan baik untuk janin yang dikandungnya.

Dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

Menyehatkan Janin

Manfaat buah naga untuk wanita sangat berdampak bagi janin dalam kandungannya ketika tengah hamil. Terdapat kandungan asam folat yang berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Ada berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

Menjaga Pencernaan Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk wanita, mampu untuk memperbaiki pencernaan saat sedang menjalani masa kehamilan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut.

Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Konsumsi serat yang cukup dapat mencegah sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Buah naga juga merupakan prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan usus.

Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Secara khusus, buah naga terutama mempromosikan pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, bakteri asam laktat dan bifidobacteria.