Sukses

6 Jenis Ikan Koi Terbaik dan Harganya, Cantik dan Populer

Jenis ikan koi terbaik, cocok untuk dipelihara di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Mengenal jenis ikan koi terbaik cocok bagi yang suka memelihara aneka ikan hias. Ikan yang konon berasal dari Jepang ini mudah ditemukan dan dipelihara di mana saja.

Jenis ikan koi terbaik tidak hanya dapat dilihat dari warna, corak, pola, dan ukurannya. Melainkan dari posturnya yang simetris, seperti garis punggungnya lurus, sirip sempurna, panjang serta tinggi seimbang, dan selalu aktif.

Selain enak dipandang dan bikin stres hilang, jenis ikan koi terbaik yang diulas kali ini dapat membuat pemilknya untung besar jika ingin berbisnis ikan koi. Pasalnya, harga ikan koi dewasa terbaik bisa mencapai angka miliaran.

Berikut Liputan6.com ulas jenis ikan koi terbaik dan harganya dari berbagai sumber, Senin (28/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kohaku Koi

Kohaku dianggap sebagai raja dari semua ikan koi. Ini adalah varietas pertama ikan koi yang dikembangkan dengan dua warna. Keindahan sederhana dan megahnya menjadikannya pilihan favorit untuk akuarium atau kolam koi.

Jenis ikan koi Kohaku memiliki tubuh yang berwarna putih yang menakjubkan (shiroji), dengan bercak merah menambahkan sedikit warna pada tampilan seragamnya. Sebagian besar ikan Kohaku memiliki hidung berwarna kekuningan.

Tanda merah, yang secara tradisional disebut hai, ada dua jenis. Jenis pertama adalah merah yang memiliki warna ungu. Tanda-tanda ini tampak cukup tebal, tetapi seiring bertambahnya usia ikan, tanda-tanda itu memudar, mengakibatkan tidak adanya margin yang tajam.

Warnanya oranye-merah tetapi jauh lebih sulit dipertahankan. Tanda-tanda ini memiliki margin tajam yang cukup terlihat antara putih dan merah. Ikan Kohaku dengan tanda oranye-merah adalah pilihan yang disukai orang-orang yang berpengalaman merawat ikan koi.

Harga ikan koi kohaku ditaksir kurang lebih Rp200 ribu. Tetapi, ikan koi jenis ini juga pernah terjual Rp 1,1 miliar di ajang perlelangan ikan koi Nigata Jepang pada tahun 2010 lalu.

3 dari 7 halaman

Showa

Showa  juga dikenal sebagai Showa Sanshoku atau Showa Sanke. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sanshoku berarti tiga warna. Showa mendapatkan namanya karena kehadiran warna putih, merah, dan hitam di tubuhnya.

Showa sangat mirip dengan Sanke. Perbedaan utama kedua jenis ikan koi ini adalah Karasu (tubuh berwarna hitam) dari Showa. Showa memiliki tanda berwarna putih dan merah di atas sebagian besar tubuh atau pangkalan berwarna hitam.

Tidak seperti Sanke, ikan Showa koi memiliki pola hitam yang mengalir di seluruh tubuh mereka. Ikan Sanke koi, di sisi lain, hanya memiliki pola hitam di bagian atas tubuhnya. Selain itu, Showa memiliki pola hitam di kepala mereka, yang tidak demikian dengan Sanke.

Tanda-tanda putih, merah, dan berwarna hitam didistribusikan secara merata di seluruh tubuh, dengan margin bersih dan renyah di antara setiap warna. Ikan koi showasansoku akan tampak sangat indah saat berenang bebas di kolam. Harga jenis koi ini ditaksir Rp 1 juta per ekor.

4 dari 7 halaman

Tancho

Ikan koi Tancho diberi nama sesuai dengan burung nasional Jepang, Tancho Crane, yang memiliki bintik merah menonjol di kepalanya. Jenis ikan koi Tancho,  sederhana, ramping, dan dikenal untuk pigmentasi merek dagang (bintik merah) di kepalanya.

Tancho Kohaku adalah Tancho paling indah. Warnanya putih salju dan memiliki bintik merah-merah di kepalanya. Tempat ini secara tradisional berbentuk bundar, tetapi dapat ditemukan dalam bentuk simetris lainnya juga.

Untuk jatuh di bawah payung Tancho, titik di kepala harus simetris, apakah berbentuk lingkaran, oval, berbentuk hati, atau berbentuk berlian. 

Titik harus merupakan ukuran yang mendominasi dan tidak boleh berbintik-bintik. Karakteristik yang menentukan dari ikan koi Tancho adalah tempat tunggal, jelas, menonjol, berwarna merah.

Varietas Tancho lain yang umum ditemukan termasuk Tancho Showa dan Tancho Sanke. Koi jenis ini sangat dihormati di industri Jepang. Hal ini lantaran koi tancho disebut mirip dengan Grus japonensis atau red crowned crane.

Jenis koi ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan sehingga digemari banyak orang. Harga ikan koi tancho ditaksir kurang lebih Rp 800 ribu.

5 dari 7 halaman

Asagi

Ikan Asagi koi adalah makhluk yang sangat indah. Mereka memiliki pola berwarna biru, seperti jaring di bagian atas tubuh mereka dengan warna merah-oranye di perut, sirip, pelat insang, dan tubuh. 

Seiring usia ikan Asagi koi, warna merah (hai) menyebar ke atas dari bawah. Jenis ikan koi Asagi yang tubuhnya lebih merah dari biasanya dikenal sebagai Hi Asagi. Jenis lain dari Asagi koi yang cukup populer adalah Taki Asagi. 

Ikan ini memiliki pola jaring berwarna biru dan warna merah yang khas bersama dengan garis sisik berwarna putih yang membentang di antara area berpigmen merah dan biru pada tubuh ikan.

Kepala seorang Asagi biasanya jelas, tanpa tanda apa pun. Warna kepala biasanya putih atau biru pucat. Harga ikan koi asagi ditaksir kurang lebih Rp 1,1 juta per ekor. Tetapi, semakin banyak dominan warna birunya, maka ikan koi asagi akan semakin mahal.

6 dari 7 halaman

Taisho Sanke

Taisho Sanke  juga dikenal sebagai Taisho Sanshoku atau hanya Sanke. Sanshoku berarti tiga warna. Nama ini sesuai dengan kehadiran tiga warna pada tubuh jenis koi - putih, merah, dan hitam. 

Ini sangat mirip dengan koaku Kohaku. Sama seperti Kohaku, ia memiliki tubuh putih (shiroji) dengan tanda berwarna merah (hai). Satu-satunya perbedaan adalah adanya tanda hitam (tanda Sumi) di tubuhnya. 

Taisho Sanke adalah di antara 'Tiga Besar' di dunia ikan koi. Jenis ikan koi Sanke biasanya memiliki kepala yang terdiri dari dua warna, yaitu putih dan merah, dan tidak memiliki tanda Sumi. 

Perbedaan lain antara Sanke dan Kohaku adalah bahwa tanda merah dimulai dari bagian atas kepala, sehingga wajahnya pada umumnya jernih. 

Sirip dada berwarna putih di pangkalan dengan beberapa tanda Sumi. Ikan koi sanke amat mudah ditemukan di pasar ikan hias. Harga jenis koi ini ditaksir Rp 300 ribu per ekor.

 

7 dari 7 halaman

Goshiki

Goshiki  berarti lima warna. Jenis ikan koi ini memiliki tubuh yang solid, berwarna putih dengan pola jaring hitam-biru seperti Asagi yang menyebar ke seluruh tubuhnya. Ini adalah hasil pemuliaan antara ikan Asagi dan Kohaku koi.

Ada piring berwarna merah (hi) yang berasal dari Kohaku, di atas pola seperti jaring yang berasal dari Asagi. Dinamai Goshiki karena kehadiran berbagai warna yaitu: putih (dari dasar), merah-oranye (dari hi-plate), dan biru dan hitam (dari pola seperti jaring).

Seiring bertambahnya usia Goshiki, piring hi merah menjadi begitu tebal dan padat sehingga muncul sebagai stiker eksternal di atas tubuh ikan koi. Pola seperti jaring juga menghilang, dan hanya pelat tebal berwarna merah yang tersisa di seluruh tubuh. 

Jika koi dirawat dengan cara yang benar dan warna berkembang dengan benar, ikan koi Goshiki adalah pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat! Harga ikan koi Goshiki anakan harganya Rp 29 ribu, size 20 cm Rp 250 ribu, sedang Rp 390 ribu, dan super strong Rp 5 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini