Sukses

Aa Gym Positif Terinfeksi COVID-19, Ini 5 Faktanya

Hasil swab test Aa Gym menunjukkan hasil positif.

Liputan6.com, Jakarta Virus Covid-19 hingga kini masih menjadi fokus penting bagi pemerintah Indonesia. Sejak Maret 2020 lalu, sederet nama tokoh publik hingga publik figur sempat dinyatakan positif Covid-19.

Kini nama ustadz kondang Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menambah daftar panjang publik figur yang dinyatakan positif terpapar virus Covid-19. Kabar ini disampaikannya melalui salah satu video di kanal Youtube pribadinya Aagym Official berjudul "Jangan Berharap Ke Makhluk" di menit ke-30, pada Selasa (29/12/2020).

Dalam video yang bisa diakses di kanal YouTube Aagym Official tersebut ia menceritakan sejumlah kegiatannya selama beberapa hari terakhir. Hari Sabtu akhir pekan lalu, Aa Gym merasa kesehatannya mulai terganggu.

Usai mengabarkan jika terpapar Covid-19, banyak netizen yang menuliskan doa agar ustaz kelahiran 1962 tersebut segera pulih dan beraktifitas kembali. Berikut ini Liputan6.com rangkum, 5 fakta Aa Gym Positif Terinfeksi Covid-19 hingga kondisi terkininya yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Positif Covid-19

KH Abdullah Gymnastiar ata Aa Gym mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19. Pengumuman tersebut disampaikannya lewat sebuah video berjudul "Jangan Berharap ke Mahluk" yang tayang di channel Youtube pribadinya Aagym Official pada Selasa pagi, (29/12/2020). 

Dalam video tersebut, ustaz berusia 58 tahun itu menunjukkan Oxymeter dan diketahui saturasi oksigennya di angka 98. Ia juga memerlihatkan alat pengecek suhu badan yang dikeluarkan dari ketiak dan menunjukkan angka 36,3.

"Alhamdulillah, sesudah di-swab ternyata hasilnya positif," kata Aa Gym.

Aa Gym mengatakan bahwa saat ini dirinya tengah menjalani isolasi di sebuah tempat yang tak disebutkan lokasinya.

"Aa di ruang isolasi sendiri. Ada Allah SWT dan malaikat yang Maha Melihat, Mendengar, dan Menemani," kata Aa Gym.

3 dari 6 halaman

2. Kendala Batuk

Dalam video tepatnya apda menit ke-30, Aa Gym menceritakan kondisinya saat ini. Setelah beberapa hari menjalani isolasi akibat Covid-19, ia merasakan abtuk menjadi kendala kesehatan tubuhnya.

"Kondisi Aa secara umum hanya batuk kendalanya," kata Aa Gym.

"(sambil memerlihatkan alat oximeter yang menunjukkan angka 98) bagus, tidak ada sesak, dan tidak ada pusing yang berlebihan,"lanjutnya.

4 dari 6 halaman

3. Rasakan Tak Sehat Sejak Pekan Lalu

Dalam video yang berdurasi lebih dari 37 menit tersebut, ia menceritakan sejumlah kegiatannya selama beberapa hari terakhir. Hari Sabtu akhir pekan lalu, Aa Gym merasa kesehatannya mulai terganggu.

"Hari Sabtu, menjelang kembali ke Jakarta, merasa unfit, ingin diinfus dulu vitamin dan di-rapid. Hasilnya hari Sabtu itu non-reaktif," tuturnya.

Saat itu ia diduga kelelahan dan dianjurkan istirahat. Namun Aa Gym kemudian memutuskan untuk melakukan karantina mandiri. Ia kemudian menjalani swab-test, dan dokumentasinya sempat ia abadikan di akun Instagram miliknya pada Senin (28/12/2020) kemarin. 

"Di-swab sama-sama termasuk santri yang suka mendampingi, dan sesudah di-swab tadi malam hasilnya didapat anak negatif, tidak kena Covid, dan Aa positif Covid," ujarnya. 

5 dari 6 halaman

4. Kondisi Terkini

Dalam laman YouTubenya, Aa Gym kemudian menjelaskan bahwa kondisinya masih relatif baik. Tidak ada sesak dan juga tidak mengalami pusing yang berlebihan. 

"Kondisi Aa sekarang secara umum hanya batuk kendalanya, ini bagus tidak ada sesak, tidak ada pusing yang berlebihan, hanya pagi ini agak sedikit pusing karena semalam baru sampai jam 11- jam setengah 12 malam, jadi tidurnya sangat sedikit," ungkapnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Aa Gym Mohon Doa

Aa Gym pun memohon doa agar lekas diberi kesembuhan dari Covid-19. Ustaz asal Bandung ini lalu mengimbau kepada siapa pun yang belakangan ini baru bertemu dengannya untuk segera melakukan tes.

"Kepada teman-teman, mohon Aa didoakan, ya, karena doa bisa menjadi jalan berubahnya suatu takdir," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada semua masyarakat untuk lebih taat dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

"Aa kena Covid semoga menjadi penyemangat teman-teman untuk menjaga diri, lebih disiplin protokol kesehatan, protokol doanya juga harus lebih tinggi lagi," katanya.

"Doa Aa mungkin kemarin kurang-kurang sungguh-sungguh, sedekah Aa masih kurang. Dengan sakitnya Aa memotivasi teman-teman untuk jaga diri baik-baik," Aa Gym mengingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini