Sukses

18 Tempat Wisata di Kota Malang, Populer dan Paling Banyak Diminati

Simak tempat wisata di Kota Malang yang wajib dikunjungi!

Liputan6.com, Jakarta Surga wisata, julukan kota Malang yang dipopulerkan oleh para wisatawan. Julukan ini diberikan saking banyaknya tempat wisata di Kota Malang yang bagus, cantik, estetik, sejuk, dan Instagramable banget.

Tempat wisata di Kota Malang tidak hanya berupa taman hiburan. Kota terbesar di Jawa Timur ini pun menawarkan banyak panorama alam indah berupa pantai, gunung, dan air terjun.

Keluyuran di malam hari juga semakin asyik, karena tempat wisata di Kota Malang yang malam semakin ciamik. Selain itu, aneka macam kuliner khasnya begitu memanjakan lidah wisatawan saat sedang berwisata, bikin semakin betah.

Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata di Kota Malang dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Kota Malang

Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo merupakan salah satu tempat wisata Malang gratis. Di sini kamu akan disuguhkan nuansa alam yang rindang dan masih asri.

Taman dipenuhi dengan pepohonan rindang dan disertai angin yang menyejukkan. Taman Trunojoyo sangat cocok untuk dijadikan liburan Natal dan tahun baru bersama keluarga. Taman ini juga menyuguhkan fasilitas bermain untuk anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

Taman Kunang-Kunang

Malang mempunyai beberapa taman kota yang indah, salah satunya Taman Kunang-kunang. Pada siang hari, taman akan terasa sangat rindang dan sejuk. Saat malam, keindahan lampu-lampu taman akan membuatmu takjub.

Sehingga tempat wisata Malang gratis ini disebut sebagai Taman Kunang-kunang. Terdapat banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk mempercantik media sosialmu. Liburan Natal dan tahun barumu akan tak terlupakan.

Alun-Alun Kota Malang

Monumen Tugu Malang adalah tempat pertama sebagai titik mula tempat wisata di kota Malang gratis. Monumen Tugu yang memiliki sejumlah julukan seperti Alun-alun Bunder, Taman Tugu Bunder, dan Alun-alun Tugu ini mempunyai sejarah panjang sejak zaman kolonial Belkamu.

Tugu tersebut sama seperti Tugu Jogja, selain sebagai landmark juga menjadi simbol dan kebanggaan Kota Malang. Monumen Tugu Malang terletak persis di depan Gedung Balai Kota sehingga kamu bisa dengan mudah mengunjunginya.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Kota Malang

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Malang Selatan. Pantai Sendang Biru terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Apabila ditempuh dari kota Malang, perlu menempuh jarak sekitar 20 kilometer.

Di pantai ini terdapat danau kecil yang terdapat di pulau Sempu. Danau ini bernama Segoro Anakan yang merupakan salah satu tempat wisata favorit para pelancong.

Pantai Licin

Pantai Licin merupakan salah satu destinasi wisata di sebuah pantai pesisir selatan pulau Jawa. Pantai ini terletak di tepi Samudera Indonesia dan masuk ke dalam wilayah Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Ampelgading yang merupakan lokasi paling ujung selatan timut Malang.

Rute menuju ke pantai ini cukup menantang, hal ini dikarenakan akses jalannya yang berliku-liku. Oleh karena itu, perlu sangat berhati-hati ketika dalam perjalanan menuju Pantai Licin ini.

Kamu akan menikmati keindahan alam pantai selatan dengan pasir hitamnya. Pasir hitam pada Pantai Licin ini berasal dari letusan Gunung Semeru. Karena pantai ini menghadap ke arah Samudera Hindia, membuat pantai ini memiliki garis pantai yang tidak lurus memanjang,melainkan lengkung teluk.

Pantai Tiga Warna

Tempat wisata di kota Malang Selatan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tiga Warna. Pantai ini menjadi layak untuk dikunjungi karena memilki keunikan dari pantai lainnya yang ada di Malang.

Keunikan pertama Pantai Tiga Warna, yaitu memiliki tiga warna berbeda. Penyebab pantai ini memiliki perbedaan warna karena pembiasan cahaya matahari. Ada tiga warna yang bisa kamu temukan pada pantai ini, yaitu merah, hijau, dan biru.

Keunikan kedua Pantai Tiga Warna terdapat pada maajemen pengelolaannya. Pantai ini memiliki penjagaan yang sangat maksimal. Misalnya saja terdapat kuota maksimal pengunjung yang datang setiap harinya.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Kota Malang

Jatim Park 1

Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur. Selain itu, Jatim Park 1 punya lebih dari 50 wahana yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun dewasa.

Seperti banyak wisata Malang lain berbasis taman hiburan, tiket Jatim Park 1 dipatok 100.000 yang berlaku di hari libur sekolah, libur nasional serta akhir pekan. Di hari biasa, ada diskon 30 persen menjadi 70.000 saja.

Jatim Park 2

Bernaung di bawah perusahaan yang sama dengan Jatim Park 1 yakni JTP Group, Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memajang koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa.

Harga tiket masuk Jatim Park 2 dipatok 120.000 di hari libur nasional, hari libur sekolah, dan akhir pekan. Di hari biasa, harga tiket dipatok 84.000 Rupiah.

Jatim Park 3

Tak seperti Jatim Park 1 dan 2, Jatim Park 3 menawarkan jam operasional yang fleksibel hingga malam hari. Hal ini dikarenakan sebagian besar area jatim Park 3 seperti Taman Dino, memang berada di gedung indoor.

Bahkan, saat ini terdapat promo Happy Hour jika Kamu datang di malam hari. Di atas jam 6 sore, tiket masuk mendapat harga promo hanya 45.000 hingga 60.000.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Kota Malang

Taman Rekreasi Selecta

Tempat wisata kota Batu Malang selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Selecta. Tempat rekreasi di Batu ini sudah berusia cukup lama. Bahkan keberadaannya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Awal mulanya, area ini dibangun oleh salah seorang warga Belanda di antara tahun 1920-1928 karena lokasinya yang cukup strategis sebagai tempat peristirahatan.

Taman ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan sebagi tempat untuk menikmati hangatnya berendam di air panas. Selain itu, taman ini juga identik dengan padang bunga berwarna-warni yang sangat cantik.

Selain berswafoto, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang disediakan di sini seperti flying fox, menunggang kuda, dan lain sebagainya.

Museum Angkut

Museum identik dengan nuansa yang membosankan, karena kerap didesain dengan tampilan yang monoton. Namun berbeda dengan tempat wisata kota Batu Malang yang satu ini, yaitu Museum Angkut. Kamu bakal terpesona saat mengunjungi museum ini.

Pasalnya, Museum Angkut ini tidak seperti kebanyakan museum yang kental dengan suasana lawas dan suram. Museum Angkut ini justru menawarkan konsep modern yang seru untuk dijadikan tempat berlibur. Di sini kamu bakal menemukan berbagai macam alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Mulai dari zaman dahulu hingga yang kekinian.

Wisata kota Batu Malang yang ini juga sudah sangat terkenal dan populer di kalangan wisatawan. Di museum ini kamu bisa puas berswafoto dengan berbagai aneka spot seru.

Tak hanya puas berswafoto, kamu juga akan dibuat kagun dengan berbagai atraksi menarik seperti Buckingham Palace, Presidential Helicopter, Gangster Town, dan lain sebagainya.

Batu Night Spectacular

Selanjutnya, wisata kota Batu Malang yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu dari sore hingga malam hari adalah dengan mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS). Ya, apabila kamu hanya memiliki waktu di sore dan malam hari di Batu Malang, kamu bisa memilih BNS untuk menyaksikan cantiknya instalasi lampu yang kontras dengan gelapnya langit.

BNS merupakan sebuah pasar malam modern yang didesain dengan menyediakan banyak permainan seru. Mulai dari rumah hantu, rocking tug, rumah kaca, flying swinger, hingga pertunjukan khusus seperti air mancur menari yang hanya ada di waktu tertentu. Selain itu, kamu juga bisa berbelanja aksesoris dan souvenir di BNS ini untuk dijadikan cendera mata.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Kota Malang

Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo tentunya tidak boleh dilupakan. Gunung Bromo masih berada dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tak berbeda jauh dengan pemkamungan Gunung Semeru yang indah, Bromo menyajikan pemkamungan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas.

Gunung ini tidak terlalu tinggi, kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Selain itu kamu juga dapat berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda. Bromo mungkin salah satu wilayah yang paling tidak boleh dilewatkan bagi kamu pecinta wisata alam.

Coban Pelangi

Wisata air terjun selanjutnya adalah Coban Pelangi. Sesuai namanya, air terjun ini terkenal akan pelanginya yang kerap muncul di dasar air terjun, sehingga air terjun ini diberi nama Coban Pelangi.

Berada di ketinggian 1300 Mdpl, air terjun ini juga memiliki ketinggian yang tak tangung-tanggung, yaitu mencapai 110 meter bahkan ketika pagi hari, kawasan air terjun ini mempunyai suhu 13 – 19 derajat celcius. Kamu bisa masuk dengan harga tiket Rp 5.000 saja.

Ijen Boulevard

Ijen Boulevard menjadi pilihan tempat wisata malam di Malang karena sudah tersedia bangku di sepanjang trotoar. Pengunjung bisa menikmati suasana malam dengan duduk di bangku yang telah di sediakan tersebut.

Monumen-monumen di sepanjang jalan besar ijen juga menarik untuk diabadikan. Monumen yang ada di Ijen Boulevard antara lain adalah monumen Melati, Pahlawan Trip, dan Hamid Rusdi.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Kota Malang

Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo merupakan destinasi tempat wisata di kota Malang yang sangat terkenal. Kamu tidak hanya bisa menikmati pemkamungan alam dan sejuknya air, bahkan ada wahana tubing, paint ball dan penangkaran rusa.

Tiket masuk utamanya Rp 15 ribu per orang. Tiap wahana di dalamnya akan dikenakan biaya tambahan. Seperti masuk ke penangkaran rusa untuk memberi makan, harus membayar tiket sebesar Rp 5 ribu per orang.

Kamu juga bisa menyewa sepeda dan berkeliling menggunakan sepeda di kawasan ini. Dijamin kesejukan udara di sana akan membuat kamu bahagia.

Wisma Tumapel

Rekomendasi yang terakhir ini ditujukan bagi para pecinta adrenalin yang ingin menguji nyalinya. Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000, dijamin akan memuaskan para pencinta adrenalin.

Wisma Tumapel merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda, wisma ini menyimpan cerita mistis yang mengundang penasaran. Walaupun sudah dilakukan renovasi, aura mistisnya tetap kuat.

Wisma Tumapel dibuka 24 jam, wisma ini lebih menantang dikunjungi saat malam hari. Meskipun ada penjaga di area wisma, namun mereka hanya di posisi depan wisma saja yaitu di loket tiket. Sangat disarankan untuk mengunjungi bersama rombongan dan tidak berjumlah ganjil.

Pantai Watu Leter

Tempat wisata di kota Malang yang satu ini juga menjadi salah satu habitat penyu abu-abu. Jika kamu berkesempatan, kamu bisa menemukan penyu abu-abu di sana. Kondisi ombak yang tenang dan pasir pantai yang lembut, membuat pantai ini cocok sebagai pelestarian penyu.

Selain itu di Pantai Watu Leter terdapat batuan karang di pesisir pantainya. Batu karang ini yang menjadi asal-usul nama Pantai Watu Leter. Pantai ini berlokasi di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini