Sukses

60 Arti Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan, Maknanya Keren

Liputan6.com, Jakarta Arti bahasa Inggris yang jarang digunakan mungkin bisa kamu pelajari agar nantinya dapat digunakan.  Apalagi beberapa kata bahasa Inggris ini memiliki makna yang bagus dan keren dalam bahasa Indonesia.

Mengenal arti bahasa Inggris yang jarang diketahui ini tentunya juga membuat kamu akan lebih mudah memahami perkataan pengguna bahasa Inggris. Jadi, hal ini tentunya akan menunjang kemampuan bahasa Inggris kamu dalam berbagai aspek.

Arti bahasa Inggris yang jarang digunakan orang Indonesia ini patut dipahami. Penggunaan kata bahasa Inggris ini jarang didengar dan digunakan mungkin karena adanya sinonim yang lebih biasa dan lebih dimengerti saat digunakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020) tentang arti bahasa Inggris.

2 dari 5 halaman

Arti Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

Berikut beberapa arti bahasa Inggris yang Jarang digunakan:

1. Aurora (noun), artinya waktu fajar.

2. Aquiver (adjective), artinya gemetar, menggigil karena perasaan yang kuat. Bisa digunakan seperti contoh ini: “Her body was aquiver as she tried to explain the incident that made her very angry.”

3. Aplomb, artinya adalah tenang, mampu, dan tak mudah tergoyahkan. Sama dengan confidence (percaya diri) dan tact (bijaksana).

4. Axiomatic, artinya adalah suatu hal yang sudah jelas buktinya tanpa perlu diminta. Lain kali kamu dapat menggunakan kata ini untuk mengganti kata obvious (jelas).

5. Baloney (noun), artinya omong kosong. Bisa digunakan seperti contoh ini: “Don’t give me that baloney!”

6. Bamboozle (verb), artinya memperdaya. Bisa digunakan seperti contoh ini: “The robber hopes his disguise will bamboozle the police.”

7. Blatherskite (verb), artinya orang yang banyak bicara omong kosong. Bisa digunakan seperti contoh ini: “Don’t listen to his explanation. He is a blatherskite.”

8. Bodacious (adjective), artinya luar biasa. Bisa digunakan seperti contoh ini: “That restaurant serves bodacious steak.”

9. Bloviat, artinya adalah berbicara secara angkuh. Sama halnya dengan brag (membual untuk menyombongkan diri).

10. Camaraderie (noun), artinya rasa saling percaya dan persahabatan di antara orang-orang yang menghabiskan banyak waktu bersama. 11. Cloying, artinya adalah melakukan sesuatu yang menyebabkan jijik. Sama artinya dengan sappy (melakukan hal bodoh) dan cheesy (murahan).

12. Diatribe, artinya adalah pengaduan atau kritikan yang kejam dan menghina. Sama maknanya dengan attack (menyerang).

13. Doughty (adjective), artinya berani, pantang menyerah. Bisa digunakan seperti contoh ini: “The doughty warriors refused to leave the battlefield.”

14. Enervate (Adjective, verb), artinya lemah, melemahkan. Bisa digunakan seperti contoh ini: “The hot weather enervates me.”

15. Epiphany (noun), artinya pencerahan. Bisa digunakan seperti contoh ini: “After I joined the talkshow, I got an epiphany.”

3 dari 5 halaman

Arti Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

Berikut beberapa arti bahasa Inggris yang Jarang digunakan:

1. Evanescent, artinya segera berlalu dari pandangan, ingatan, atau keberadaan. Bisa juga diartikan dengan sesuatu hal yang cepat memudar atau menghilang.

2. Ephemeral (adjective), artinya berlangsung untuk waktu yang sangat singkat. Selain itu, kata ini juga bisa diartikan dengan tidak kekal.

3. Epoch (noun), artinya sebuah masa atau waktu tertentu di dalam hidup seseorang.

4. Ethereal (adjective), artinya sesuatu yang mirip cahaya halus, orang-orang biasanya menganggap cahaya itu sebagai cahaya surga.

5. Equanimity, artinya adalah tetap tenang meski sedang di bawah tekanan. Kata ini terdengar lebih cerdas dibanding dengan chill (tenang, santai) dan calm (tenang).

6. Ennui, artinya adalah bosan. Agar terlihat cerdas, cobalah pakai kata ini untuk mengganti kata boredom (rasa bosan).

7. Feign (verb), artinya berpura-pura. Bisa digunakan seperti contoh ini: “I feign sleep so she would not disturb me.”

8. Felicity (noun), artinya kebahagiaan besar. Bisa digunakan seperti contoh ini: “I went to Disneyland yesterday and saw a lot of children with felicity on their faces.”

9. Flummox (verb), artinya membingungkan. Bisa digunakan seperti contoh ini: “The complicated rules flummox the new students.”

10. Fractious (adjective), artinya cengeng, mudah tersinggung, susah dikontrol. Bisa digunakan seperti contoh ini: “Those two men fight like fractious children.”

11. Fastidious, artinya adalah terlalu teliti, terlalu pilih-pilih, dan terlalu kritis. Sama maknanya dengan picky (pilih-pilih) dan demanding (menuntut).

12. Halcyon, artinya tenang dan damai, atau menunjukkan periode waktu di masa lalu yang sangat bahagia dan damai, atau bisa juga berarti burung pekakak Asia dan Afrika tropis dengan bulu berwarna cerah.

13. Hiraet, artinya nostalgia. Kata ini sering digunakan di Wales memiliki arti yang sangat indah, yakni kerinduan atau nostalgia, kerinduan atau keinginan yang tulus, atau rasa penyesalan. Bagi sebagian orang, kata ini merujuk pada rasa kehilangan sesuatu atau kerinduan terhadap rumah.

14. Hew (verb), artinya menebang. Bisa digunakan seperti contoh ini: “I help my father to hew wood for the fireplace.”

15. Indestructible, Mirip dengan perumpamaan abadi, kata ini jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, memiliki arti tidak bisa dihancurkan. 

4 dari 5 halaman

Arti Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

Berikut beberapa arti bahasa Inggris yang Jarang digunakan:

1. Iridescent, artinya menampilkan warna-warna bercahaya yang tampaknya berubah ketika dilihat dari sudut yang berbeda. Singkatnya, kata ini berarti warna-warni.2. Ineffable, kata ini memiliki arti terlalu besar, ekstrem, hebat, dan luar biasa untuk digambarkan atau dijelaskan dengan kata-kata. 

3. Kalopsia, arti kata ini adalah sebuah khayalan tentang hal-hal yang lebih indah daripada kenyataan dari hal itu sendiri.

4. Lassitude (noun), artinya keadaan lelah, lesu, kehabisan tenaga. Bisa digunakan seperti contoh ini: “After finishing the marathon, I experienced a feeling of lassitude.”

5. Limerence, Arti dari kata ini adalah keadaan tergila-gila atau terobsesi dengan orang lain, di mana biasanya terjadi tanpa sadar dan ditandai oleh keinginan kuat untuk membalas perasaan seseorang, tetapi bukan untuk hubungan seksual.

6. Malais, artinya adalah perasaan yang tak jelas karena kegelisahan atau kekesalan. Sama dengan makna depression (depresi) dan despair (keputusasaan).

7. Malinger, artinya adalah pura-pura sakit sebagai alasan untuk bolos kerja. Sama artinya dengan taking a ‘sick day’.

8. Maudlin, artinya kurang lebih adalah cengeng, sentimental. Sama artinya dengan weepy (mudah menangis).

9. Neophyte, artinya adalah orang baru. Terdengar lebih keren dari kata newbie (orang baru) dan amateur (amatir).

10. Mellifluous, Kata ini memiliki makna (dari suara atau kata-kata) manis atau musikal. Singkatnya, kata ini merujuk pada sebuah suara yang enak didengar.

11. Noxious (adjective), artinya berbahaya, beracun. Bisa digunakan seperti contoh ini: “E-waste pollutes the river with noxious chemicals.”

12. Obfuscate, artinya adalah membuat sesuatu yang kabur atau tidak jelas. Kata ini bermakna sama dengan confuse (membingungkan) dan complicate (rumit).

13. Oust (verb), artinya mengusir. Bisa digunakan seperti contoh ini: “I really want to oust her from this room because she is so noisy.”

14. Perfunctory, artinya adalah kurang tertarik dengan dan melakukan suatu hal. Sama dengan makna lazy (malas) atau careless (ceroboh).

15. Phosphenes (noun), artinya pancaran cahaya berwarna yang kita lihat setelah mengucek mata.

5 dari 5 halaman

Arti Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

Berikut beberapa arti bahasa Inggris yang Jarang digunakan:

1. Petrichor (noun), artinya aroma yang menyenangkan yang sering menyertai hujan pertama setelah periode panjang yang hangat atau cuaca kering. 2. Pristine (adjective), artinya murni, asli. Bisa digunakan seperti contoh ini: “The huge amount of waste has polluted the once pristine river water.”

3. Parsimonious, artinya adalah enggan mengeluarkan uang atau dalam arti lain, terlalu hemat atau pelit. Kata ini terdengar lebih cerdas daripada stingy (pelit).

4. Pusillanimous, artinya adalah kurangnya keberanian. Kata ini terdengar lebih cerdas dari cowardly (penakut) dan timid (malu-malu).

5. Pulchritude, arti dari kata ini adalah kecantikan.

6. Pervicacious, artinya adalah keras kepala, sama artinya juga dengan stubborn (keras kepala).

7. Rococo, artinya adalah berpidato dengan hiasan bahasa yang indah secara kesusasteraan. Makna lainnya adalah flamboyant (cemerlang).

8. Surreptitious, Kata yang satu ini berarti dirahasiakan, terutama karena itu tidak akan disetujui. Kamu bisa menggunakan kata ini untuk mengganti kata 'secret' untuk menerangkan sebuah rahasia.

9. Serendipity, Kata yang satu ini memiliki arti 'kebetulan' jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Namun, jika dijelaskan lebih lanjut, makna dari kata ini merujuk pada sebuah keberuntungan yang didapat oleh seseorang secara kebetulan.

10. Solitude, kata yang satu ini memiliki arti keadaan atau situasi sendirian. Selain itu, kata ini juga bisa merujuk pada tempat yang sepi atau tidak berpenghuni.

11. Sempiternal, arti dari kata ini adalah abadi dan tidak berubah atau kekal.

12. Solipsistic, memiliki makna yang sama dengan self-absorbed (mementingkan diri sendiri) atau narcissistic (narsis, atau membanggakan diri sendiri secara berlebihan).

13. Sycophant, artinya adalah menyanjung orang lain secara berlebihan hingga merendahkan diri sendiri dengan maksud untuk cari muka, mendapat pujian atau menjilat. Sama maknanya dengan brownnoser (penjilat).

14. Tacenda. Kata yang satu ini merujuk pada hal-hal yang tidak disebutkan atau dipublikasikan. Bisa juga berarti hal-hal yang lebih baik dibiarkan tidak terungkap.

15. Yore (noun) artinya, dahulu kala, masa lalu. Bisa digunakan seperti contoh ini: “In the days of yore, cellphone did not exist.”