Sukses

10 Jus Sehat untuk Atasi Sembelit, Lancarkan Pencernaan

Jus buah dapat membantu melancarkan pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta  Sembelit bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Sembelit membuat perut terasa begah, kembung, dan sakit. Gangguan pencernaan ini terjadi ketika makanan di dalam perut bergerak terlalu lambat di saluran pencernaan.

Salah satu cara mengatasi sembelit adalah meningkatkan asupan cairan. Selain minum air putih minimal 8 gelas sehari, konsumsi jus bisa jadi tambahan yang baik. Semua jus buah dan sayuran mengandung air, serat dan nutrisi bermanfaat.

Karena hidrasi dapat meredakan atau memperbaiki banyak kasus sembelit, jus tertentu adalah pilihan tepat mengatasi sembelit. Banyak buah dan sayuran dapat membantu melancarkan pncernaan.

Beberapa buah memberikan serat, sementara yang lain mengandung senyawa tertentu yang dapat merangsang buang air besar. Berikut 10 jus buah untuk bantu atasi sembelit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jus Sehat untuk Atasi Sembelit

Jus apel

Jus apel dapat memberi efek pencahar yang sangat lembut. Mengonsumsi apel dapat membantu meredakan sembelit karena mengandung serat makanan dan sorbitol yang tinggi. Apel juga mengandung pektin, yaitu serat yang larut dalam air yang dapat meningkatkan pergerakan usus.

Jus apel sering direkomendasikan untuk anak-anak yang mengalami sembelit karena memiliki rasio kandungan fruktosa terhadap glukosa dan sorbitol yang relatif tinggi.

Jus pir

Pilihan bagus lainnya untuk mengatasi sembelit adalah jus buah pir. Buah pir mengandung sorbitol empat kali lebih banyak daripada jus apel. Sorbitol membantu memfasilitasi pergerakan usus yang membantu melancarkan pencernaan. Jus ini juga sering direkomendasikan untuk anak-anak yang mengalami sembelit.

3 dari 6 halaman

Jus Sehat untuk Atasi Sembelit

Jus lemon

Lemon kaya akan vitamin C, senyawa antioksidan yang menarik air ke dalam usus. Meningkatkan kandungan air di dalam usus dapat membantu melunakkan tinja dan merangsang buang air besar. Meningkatkan asupan air dapat membantu meredakan sembelit.

Lemon kaya akan vitamin C, yang membantu mengatasi gangguan pencernaan dengan melembutkan feses dan mempermudahnya untuk keluar. Minum campuran lemon dan air dapat membantu meredakan sembelit pada beberapa orang.

Selain lemon, jeruk juga bisa menjadi pilihan jus sehat untuk atasi sembelit. Jeruk adalah sumber yang kaya vitamin C, mineral, dan serat makanan. Serat makanan dapat membantu merangsang pergerakan usus. Vitamin C juga membantu meningkatkan siklus pencernaan.

Jus plum kering

Prune, atau plum kering, terkenal dengan efek pencahar pada tubuh. Jus prune bertindak sebagai pencahar karena mengandung sorbitol, magnesium, dan kalium, yang kesemuanya meningkatkan fungsi usus. Sorbitol dalam jus prune membantu melembutkan kotoran, membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Jus prune juga merupakan sumber vitamin C dan zat besi yang baik. Makan plum kering atau plum adalah cara lain untuk menangkal sembelit. Faktanya, satu studi tahun 2011 menunjukkan bahwa plum dianggap sebagai terapi lini pertama saat menangani sembelit ringan hingga sedang.

4 dari 6 halaman

Jus Sehat untuk Atasi Sembelit

Jus anggur

Anggur mengandung banyak air dan serat, yang penting untuk menghidrasi tubuh dan mengosongkan perut. Anggur juga mengandung sorbitol yang memudahkan buang air besar. Jus anggur bisa menjadi pencahar alami yang hemat biaya untuk mengobati sembelit. Anggur sering kali menjadi bagian dari diet detoks dan dikenal dapat membersihkan sistem tubuh.

Jus ceri

Ceri mengandung polifenol, air, sorbitol, dan serat. Kandungan serat ceri membantu menekan jalannya pencernaan dan memudahkan buang air besar. Selain serat dan sorbitol, ceri juga memiliki sejumlah vitamin B5 atau asam pantotenat.

Menurut beberapa studi kasus penelitian, asam pantotenat juga dapat membantu dalam mengobati sembelit. Vitamin B5 merangsang gerak peristaltik dan karenanya melembutkan kotoran.

5 dari 6 halaman

Jus Sehat untuk Atasi Sembelit

Jus mangga

Mangga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan, serta serat untuk melancarkan pencernaan. Sama seperti buah lainnya, jus mangga kaya serat dan membantu meredakan sembelit. Mangga juga mengandung fitokimia yang mampu meningkatkan kesehatan mikrobiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Jus semangka

Semangka bisa menjadi pilihan yang sangat baik, terutama karena kandungan airnya yang membuat tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi membantu membersihkan saluran pencernaan dan juga membantu mengatur pergerakan usus.

Semangka mungkin tidak memiliki banyak serat, tetapi 92% airnya bisa mendorong buang air besar. Buah ini juga penuh nutrisi, dengan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel, serta vitamin A, B, dan C, dan likopen.

6 dari 6 halaman

Jus Sehat untuk Atasi Sembelit

Jus timun

Sama seperti semangka, mentimun penuh dengan air yang membantu mengatur sistem usus. Jus ini juga ringan di perut dan bertindak sebagai pencahar alami untuk tubuh. Tetap terhidrasi dapat meningkatkan konsistensi feses, mencegah sembelit dan membantu menjaga keteraturan pencernaan. Apalagi mentimun mengandung serat yang membantu mengatur pergerakan usus.

Jus nanas

Jus nanas sangat baik untuk mengatasi sembelit karena mengandung cairan dan air yang dapat membantu kotoran keluar dengan lancar. Nanas kaya serat, oleh karena itu nanas merupakan obat alami yang efektif untuk sembelit. Nanas juga memiliki enzim yang disebut bromelain yang membantu meningkatkan fungsi usus dan mengontrol keteraturan buang air besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.