Sukses

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun punya sejuta kegunaan. Minyak kaya omega-3 ini bermanfaat untuk kesehatan, kulit, hingga rambut. Orang telah menggunakan minyak zaitun dalam masakan dan pengobatan rumahan selama ribuan tahun.

Selain dikonsumsi, minyak zaitun juga banyak digunakan untuk perawatan rambut. Minyak zaitun telah lama digunakan untuk melembabkan dan menutrisi rambut. Minyak zaitun digunakan untuk menambah kilau, menguatkan, dan menjaga kelembutan rambut.

Mineral dan minyak nabati dalam minyak zaitun dapat melindungi rambut dari kerusakan serta memiliki efek melempabkan. Minyak zaitun bisa digunakan dengan cara mengaplikasikannya langsung atau dalam bentuk perawatan rambut seperti sampo atau kondisioner.

Minyak zaitun dapat memberikan keajaiban untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut 10 manfaat minyak zaitun untuk rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Cegah rambut rontok

Salah satu alasan terbesar rambut rontok adalah produksi dihidrotestosteron (DHT). Hormon ini menyerang folikel rambut dan melemahkannya sehingga menyebabkan rambut rontok. Minyak zaitun mengandung asam oleat yang menghambat 5-alpha reductase, enzim yang mengubah testosteron menjadi DHT, yang kadarnya tinggi dapat menyebabkan rambut rontok.

Penggunaan minyak zaitun secara teratur membantu memblokir produksi DHT dan dengan demikian membantu mengurangi rambut rontok.

Cegah kerusakan

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut serta melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Karena minyak mencegah kekeringan, minyak zaitun juga membantu menjaga rambut tetap tebal dengan mengurangi kerusakan. Kandungan asam lemak omega-6 yang kaya, menjaga rambut tidak patah.

3 dari 7 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Atasi rambut kering

Rambut kering tidak menyerap atau mempertahankan kelembapan yang cukup untuk menjaga tekstur dan kecerahannya. Ini membuat rambut terlihat kusam, rapuh, dan rapuh. Minyak zaitun adalah salah satu bahan rumahan paling populer untuk rambut kering.

Minyak zaitun adalah bahan perawatan rambut yang penting, terutama jika memiliki rambut kering. Minyak zaitun adalah kondisioner rambut yang sangat baik. Sifat pelembapnya dapat membantu menutup kutikula rambut dengan membentuk pelindung di atas batang rambut. Ini membantu mengontrol rambut kusut.

 Lembutkan dan menutrisi rambut

Minyak zaitun meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan folikel dengan nutrisi penting dan lemak tak jenuh. Minyak ini juga membantu menyegel kelembapan pada batang rambut, mencegah kekeringan dan membuat rambut lebih mudah diatur.

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai kondisioner rambut karena dapat menembus serat rambut. Minyaknya mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan rambut. Ini dapat membuat rambut terasa halus, lembut, dan bebas kusut.

4 dari 7 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Tenangkan kulit kepala

Minyak zaitun dapat membantu menenangkan kulit kepala yang bermasalah. Ini dapat mengatasi masalah seperti gatal dan ketombe. Ketombe dan folikel yang tersumbat adalah penyebab utama rambut rontok. Minyak zaitun sangat bagus untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah ketombe yang merupakan penyebab utama rambut rontok.

Produk zaitun mungkin juga memiliki sifat antibakteri. Ini berpotensi berperan dalam kesehatan kulit kepala.

Tingkatkan pertumbuhan rambut

Minyak zaitun dapat membantu pertumbuhan rambut. Minyak zaitun dapat menenangkan kulit kepala, memperkuat folikel rambut, dan berpotensi merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak zaitun murni mengandung vitamin E dan antioksidan lainnya. Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan bahwa nutrisi dalam keluarga vitamin E dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

5 dari 7 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Cegah rambut bercabang

Minyak zaitun dapat membantu menghaluskan ujung rambut yang patah atau terkena panas. Ini bisa membantu mengatasi rambut bercabang. Cukup aplikasikan minyak zaitun ke ujung rambut yang rusak. Minyak juga dapat memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitasnya. Ini dapat membantu mencegah masalah, seperti kerusakan dan ujung bercabang.

Hilangkan ketombe

Menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi ketombe. Minyak zaitun akan membantu melembabkan kulit kepala yang kering dan menenangkan pengelupasan. Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Ini menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pembersihan ini digunakan untuk menghilangkan penumpukan yang menyumbat folikel rambut.

Folikel yang tersumbat dari kotoran dapat menyebabkan iritasi dan ketombe pada kulit kepala. Minyak zaitun ringan dan membantu melarutkan semua debu, minyak berlebih, dan kotoran yang ada di kulit kepala. Ini membantu membuka folikel sekaligus menutrisi mereka sehingga rambut dapat tumbuh sehat.

6 dari 7 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Bantu hilangkan kutu rambut

Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan kutu rambut. Sangat penting untuk menggunakan sisir yang tepat dan memastikan memisahkan kutu dan telur dari rambut.

Untuk menghilangkan kutu rambut, kamu perlu mencampurkan 4 sendok makan minyak zaitun dan 15 tetes minyak eukaliptus ke dalam mangkuk. Campur dengan baik dan aplikasikan pada kulit kepala. Tutupi kepala menggunakan shower cap. Tunggu 2-3 jam lalu bilas dengan sampo ringan.

Menambah kilau rambut

Minyak zaitun dapat menambah kelembutan dan memperkuat rambut dengan menembus batang rambut dan menjaga kelembapan. Semua ini dapat meningkatkan kilau rambut karena minyak yang menghaluskan kutikula luar rambut. Menggunakan minyak zaitun secara rutin bisa membantu menambah kilau rambut.

 

 

7 dari 7 halaman

Cara sederhana menggunakan minyak zaitun untuk rambut

1. Takar sekitar 1/8 hingga 1/4 cangkir minyak zaitun untuk merawat seluruh kepala.

2. Gosok kedua tangan untuk sedikit memanaskan minyak di telapak tangan.

3. Pijat kulit kepala dengan minyak secara perlahan dan lembut ke kulit kepala. Beri perhatian khusus pada kulit kepala, oleskan minyak ke akar sampai rambut. Tambahkan juga sedikit minyak zaitun ke ujung rambut untuk membantu memperbaiki ujung rambut bercabang.

4. Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan perawatan minyak meresap ke kulit kepala.

5, Cuci rambut dengan air hangat dan sampo. Hindari air panas, karena dapat merusak rambut.