Sukses

Pengertian Biografi dalam Karya Sastra, Lengkap dengan Ciri dan Isinya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian biografi termasuk jenis karya sastra yang identik dengan kisah seseorang. Sebagian besar contoh biografi ditulis tentang orang-orang yang terkenal atau terkenal, seperti pahlawan, politisi, aktor, atlet, dan sebagainya. Pengertian biografi penting diketahui bagi kamu yang sedang menulis tentang seorang tokoh.

Penulis biografi disebut biografer dan orang yang dituliskan disebut sebagai subjek atau biographee. Terkadang orang sering menyamakan antara biografi dan autobiografi. Padahal, pengertian biografi berbeda dengan autobiografi

Mengetahui pengertian biografi akan membuatmu paham perbedaan dari biografi dan autobiografi. Memahami pengertian biografi juga akan membantumu menulis biografi dengan baik. Pengertian biografi berfokus pada satu manusia dan membahas hal-hal khusus dari kehidupan orang tersebut.

Berikut pengertian biografi, isi, dan ciri-cirinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(29/12/2020).

2 dari 7 halaman

Pengertian biografi

Kata biografi berasal dari kata Yunani bios, yang berarti "hidup" dan –graphia, yang berarti "tulisan." Pengertian biografi bisa diartikan sebagai tulisan tentang kehidupan. Biografi adalah kisah tertulis tentang rangkaian peristiwa yang membentuk kehidupan seseorang.

Biografi adalah deskripsi nyata kehidupan seseorang, termasuk detail faktual serta cerita dari kehidupan orang tersebut. Biografi biasanya mencakup informasi tentang kepribadian dan motivasi subjek, dan jenis detail lainnya dalam gambaran umum atau profil kehidupan seseorang.

Sebagian besar biografi mengisahkan tentang orang-orang yang terkenal seperti pahlawan, aktor, penyanyi, atau orang-orang berpengaruh lainnya. Biografi biasanya berbentuk narasi, berjalan secara kronologis melalui tahapan kehidupan seseorang.

3 dari 7 halaman

Ciri-ciri biografi

Seperti kara sastra lainnya, biografi punya ciri-ciri khusus. Dilansir Liputan6.com dari Merdeka, berikut ciri-ciri dari biografi:

1. Dapat ditulis dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi.

2. Menceritakan tokoh yang menjadi panutan atau memiliki andil pada suatu lingkungan masyarakat tertentu.

3. Ditulis mengikuti pola tertentu yang didasarkan pada alur cerita seperti alur maju, gaya penulisan, sudut pandang, penggunaan bahasa, dana fokus cerita.

4. Melibatkan beberapa unsur bahasa seperti kata rujukan, kata hubung, waktu, kata kerja, tempat, dan aktivitas.

5. Dapat dikembangkan secara naratif dan deskriptif.

6. Ditulis sesuai dengan stuktur tertentu berupa kejadian, orientasi, atau reorientasi.

7. Karakter tokoh dapat dituliskan secara langsung maupun tidak langsung.

8. Pola pengembangan teks biografi biasanya bersifat kronologis.

4 dari 7 halaman

Isi biografi

Biografi juga punya isi yang harus ada di tiap penulisannya. Mengutip dari ThoughtCo, isi biografi meliputi:

- Detail dasar tentang tokoh

- Tempat tenggal lahir dan kematian (jika sudah meninggal)

- Informasi keluarga

- Prestasi seumur hidup

- Peristiwa besar dalam hidup

- Peran atau dampak pada masyarakat

Dalam mencari informasi untuk penulisan biografi, ada pertanyaan yang bisa diajukan untuk memperkaya isi biografi. Pertanyaan ini meliputi:

Apakah ada sesuatu di masa kecil subjek yang membentuk kepribadiannya?

Apakah ada ciri kepribadian yang mendorongnya untuk sukses atau menghambat kemajuannya?

Kata sifat apa yang akan digunakan untuk mendeskripsikannya?

Apa saja titik balik dalam hidupnya?

Apa pengaruhnya terhadap sejarah?

5 dari 7 halaman

Struktur Teks Biografi

Mengutip dari Merdeka, penulisan teks biografi biasanya juga wajib memperhatikan beberapa struktur yang ada di dalamnya. Beberapa struktur teks biografi meliputi:

Setting

Struktur ini pada umumnya berisikan gambaran awal mengenai tokoh secara general. Pada setting, biasanya penulis akan menceritakan latar belakang dari tokoh sehingga diangkat menjadi suatu cerita untuk meyakinkan pembaca.

Rangkaian Peristiwa

Struktur ini memuat rangkaian sejumlah peristiwa yang ditulis runtut secara kronologis berdasarkan waktu dan tempat. Pada bagian ini, biasanya dituliskan berbagai peristiwa menarik yang mampu mengikat para pembaca lebih dalam lagi.

Reorientasi

Bagian ini menyajikan simpulan khusus mengenai sejumlah peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan tokoh. Reorientasi secara umum merupakan pandangan penulis terhadap tokoh yang dituliskan sejak awal. Biasanya, di sini penulis akan memberikan beberapa hikmah atau pesan dari peristiwa yang dialami oleh tokoh tersebut.

6 dari 7 halaman

Beda biografi dan autobiografi

Biografi adalah deskripsi kehidupan yang bukan milik penulisnya, sedangkan autobiografi adalah deskripsi kehidupan penulis itu sendiri. Biografi ditulis oleh penulis lain yang bukan tokoh yang dikisahkan di dalam biografi tersebut. Sementara autobiografi merupakan kisah yang ditulis oleh orang itu sendiri.

Sederhananya, biografi adalah riwayat hidup seseorang, yang ditulis oleh orang lain. Otobiografi adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu.

7 dari 7 halaman

Tips menulis biografi

Melansir dari ThoughtCo, ada beberapa cara menulis biografi yang baik. Ini meliputi melakukan penelitian yang tepat tentang tokoh yang akan ditulis. Kamu bisa mencari sumber daya seperti kliping surat kabar, publikasi akademis, atau media-media yang memuat tentang tokoh tersebut.

Pertama dan terpenting, adalah tugas penulis biografi untuk menghindari kesalahan dalam mengartikan subjek serta mengakui sumber penelitian yang mereka gunakan. Oleh karena itu, penulis harus menghindari menampilkan bias pribadi terhadap subjek. Ini karena objektif adalah kunci untuk menyampaikan kisah hidup orang tersebut secara lengkap.