Sukses

5 Fakta Terkait Bubarnya Girlgrup Gugudan, 2 Tahun Tak Comeback

Gugudan akan mengakhiri aktivitasnya sebagai girlgrup pada 31 Desember 2020.

Liputan6.com, Jakarta Grup asuhan Jellyfish Entertainment, Gugudan dikabarkan bubar pada 31 Desember 2020. Kabar mengenai pembubaran grup Gugudan ini pun terbilang cukup mendadak. Bahkan, tak sedikit pula netizen yang dibuat terkejut oleh pengumam tersebut.

Dilansir Liputan6.com dari Soompi, Rabu (30/12/2020) pengumuman pembubaran girlgrup tersebut disampaikan langsung oleh agensi Jellyfish Entertainment. Grup yang kini beranggotakan 8 orang tersbeut akan resmi mengakhiri aktivitasnya dihari terakhir tahun 2020.

Kabar mengenai pembubaran girlgrup Korea Selatan, Gugudan ini pun berhasil mencuri perhatian netizen. Tak sedikit pula netizen yang merasa kecewa dengan keputusan tersebut. Bahkan, nama Gugudan sendiri sempat menjadi trending topic di media sosial. Pasalnya, alih-alih menerima pengumuman pembubaran grup, netizen terutama para penggemar justru menantikan comeback dari grup yang terbentuk pada 2016 lalu.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait pembubaran girlgrup Gugudan yang curi perhatian netizen, Rabu (30/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tiga member Gugudan ikut ajang Produce 101

Sebelum resmi menjadi anggota grup Gugudan, tiga member yaitu Kim Na Young, Kim Se Jeong dan Kang Mina mulai dikenal luas oleh publik setelah mengikuti ajang Produce 101. Bukan hanya karena penampilannya saja, akan tetapi aksi panggung ketiganya juga berhasil memukau banyak orang.

Dalam ajang tersebut, Kim Se Jeong dan Kang Mina berhasil menempati posisi 2 dan 9 dan debut dalam girlgrup I.O.I pada Mei 2016. Sedangkan Kim Na Young yang tersingkir di babak final kembali melanjutkan masa training di agensi, Jellyfish Entertainment.

3 dari 6 halaman

2. Debut 28 Juni 2016

Meski Kim Se Jeong dan Kang Mina tengah aktif dalam grup I.O.I namun keduanya juga dikonfirmasi akan tergabung dalam grup bentukan Jellyfish Entertainment. YMC Entertainment yang menanungi grup I.O.I pun memberikan ijin kepada setiap member untuk ikut serta berbagai kegiatan agensi masing-masing diluar jadwal I.O.I.

Grup debutan Jellyfish Entertainment yang bernama Gugudan ini pun diketahui resmi debut pada 28 Juni lalu dengan 9 anggota. Bahkan, debut dari Gugudan ini cukup menyita perhatian publik karena penampilan dan bakat yang dimiliki.

4 dari 6 halaman

3. Comeback terakhir

Memulai debut pada Juni 2016 lalu, Gugudan diketahui telah melakukan comeback sebanyak 4 kali termasuk sub-unit yang terdiri dari Kang Mina serta Cho Hyeyeon. Namun, comeback pada 2018 lalu dengan judul 'Not That Type' rupanya menjadi comeback terakhir bagi Gugudan.

Grup asuhan Jellyfish Entertainment ini pun terhitung hanya aktif dalam kurun waktu dua tahun saja diluar kegiatan masing-masing anggota.

5 dari 6 halaman

4. Cho Hyeyeon hengkang dari Gugudan

2018 bukan hanya menjadi tahun terakhir bagi Gugudan untuk comeback. Namun, salah satu member Cho Hyeyeon memutuskan untuk keluar dari grup tersebut pada akhir Oktober.

Sebelum memutuskan untuk hengkang dari grup, Hyeyeon sendiri memang telah tak aktif dalam kegiatan grup sejak bulan Mei. Perginya salah satu member Gugudan ini pun cukup mengejutkan banyak pihak terutama para penggemar. Hal ini pun membuat Gugudan hanya memiliki 8 anggota saja yang terdiri dari Mimi, Hana, Haebin, Nayoung, Sejeong, Sally, Soyee, dan Mina.

6 dari 6 halaman

5. Pembubaran girlgrup Gugudan

Jellyfish Entertainment yang menanungi Gugudan memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan terkait dengan berakhirnya aktivitas girlgrup tersebut. 

"Halo.

Ini Jellyfish Entertainment.

Pertama-tama, kami ingin berterima kasih kepada para penggemar karena telah mencintai dan mendukung gugudan. Kami ingin memberi Anda posisi resmi kami terkait aktivitas grup mereka.

Semua anggota gugudan telah bekerja keras dan menerima banyak cinta sejak debut mereka, tetapi setelah diskusi yang panjang dan mendalam, kami memutuskan mereka akan secara resmi mengakhiri aktivitas grup mereka pada 31 Desember 2020.

Meskipun aktivitas grup mereka telah berakhir, kami akan melakukan yang terbaik untuk memberikan dukungan penuh untuk aktivitas individu mereka seperti musik dan akting.

Terima kasih sekali lagi atas dukungan Anda yang luar biasa, dan kami dengan tulus meminta maaf atas berita mendadak ini kepada para penggemar yang mencintai gugudan.

Terakhir, tolong terus tunjukkan cinta dan minat yang hangat kepada anggota yang akan memulai awal yang baru.

Terima kasih."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini