Sukses

10 Manfaat Daun Mint untuk Kulit, Punya Efek Menenangkan

Daun mint punya manfaat kuat untuk kulit.

Liputan6.com, Jakarta Daun mint dikenal dengan sensasi dingin yang menyegarkan. Mint termasuk bahan yang sering ditemukan dalam skin care dan kosmetik. Produk-produk dengan mint biasanya menawarkan efek mendinginkan pada kulit.

Mint memang punya manfaat baik untuk kulit. Selain mendinginkan, mint menawarkan segudang manfaat lain dalam hal perawatan kulit. Daun mint segar bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit rumahan. 

Mint adalah sumber mentol yang melimpah dan memiliki sifat antibakteri yang kuat. Mint bisa membantu menenangkan kulit sambil menghidrasinya. Saat dioleskan pada kulit, pasta mint dapat membantu menenangkan kulit dan menjauhkan jerawat.

Berikut 10 manfaat daun mint untuk kulit dan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Kamis(31/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat daun mint untuk kulit

Atasi jerawat

Mint memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mengandung asam salisilat. Keduanya secara efektif mencegah jerawat. Mint juga mengandung vitamin A yang mengontrol sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. Pengaplikasian bahan ini mengeringkan dan menghilangkan jerawat sekaligus membersihkan pori-pori.

Hilangkan bekas jerawat

Kandungan asam salisilat daun mint membantu memperlancar pergantian sel. Ini melonggarkan sel-sel kulit mati dan memastikan sel-sel yang baru sehat. Ini membantu mendapatkan kulit yang bersih dengan memudarkan bekas jerawat.

3 dari 7 halaman

Manfaat daun mint untuk kulit

Mencerahkan kulit

Mint memiliki efek yang sangat menyegarkan dan menenangkan kulit. Ketika diaplikasikan pada kulit, daun mint membuat kulit lebih rilks untuk mengatasinoda apa pun yang mungkin ada. Ini membuat kulit tampak cerah dan segar setelah setiap perawatan.

Kurangi lingkaran hitam di bawah mata

Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh banyak faktor, tetapi mint dapat mengecilkan dan mencegahnya dengan kandungan antioksidannya. Antioksidan dalam mint menyembuhkan dan merevitalisasi kulit. Kulit di bawah mata rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Antioksidan membuatnya tetap bebas kerusakan dengan menetralkan radikal bebas.

4 dari 7 halaman

Manfaat daun mint untuk kulit

Tenangkan gigitan nyamuk dan iritasi

Sifat anti-inflamasi yang kuat dari mint meredakan iritasi akibat gigitan nyamuk dan kondisi yang memperburuk kulit lainnya. Mint juga memiliki sifat pendingin yang bisa menangkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

Hidrasi kulit

Saat digunakan dengan bahan yang tepat, mint mengunci kelembapan di kulit dengan mengencangkan pori-pori. Ini juga melembutkan dan menenangkan kulit kering dan gatal. Salah satu cara memanfaatkan mint untuk menghidrasi kulit adalah menggunakannya sebaggai toner.

5 dari 7 halaman

Manfaat daun mint untuk kulit

Mengencangkan kulit

Mint adalah astringen lembut yang dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Mint menghilangkan kotoran dari pori-pori dan menghaluskannya. Ini membuat kulit lebih halus, lebih lembut, dan terhidrasi dengan baik.

Hilangkan komedo

Komedo terbentuk ketika kotoran dan minyak mengendap di pori-pori dan menyumbatnya. Seperti disebutkan di atas, mint menjaga pori-pori tetap bersih dan mengencangkannya. Ini menghilangkan komedo dan mencegahnya muncul kembali.

6 dari 7 halaman

Manfaat daun mint untuk kulit

Meremajakan kulit

Aplikasi mint topikal dapat meningkatkan sirkulasi darah, memastikan kulit mendapat nutrisi yang baik. Ini meremajakan kulit dan membuatnya tetap sehat. Bahan ini juga kaya antioksidan yang menjaga kulit tetap sehat dan bebas kerusakan.

Mencegah penuaan

Memastikan kulit ternutrisi dan terhidrasi adalah satu-satunya cara untuk memperlambat penuaan. Karena mint meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan melembapkannya, mint juga menunda pembentukan kerutan dan garis-garis halus.

7 dari 7 halaman

Cara menggunakan daun mint untuk wajah

Pasta mint

Haluskan 10-15 lembar daun mint. Tambahkan air hingga membentuk konsistensi kental seperti pasta. Oleskan pasta ke area berjerawat dan biarkan mengering. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali sehari.

Toner mint

Toner ini memiliki sifat astringen dan merupakan sumber asam salisilat tinggi yang mencegah jerawat dan menghilangkan bekas luka. Toner mint juga membuat kulit terasa segar dan merupakan teman yang sempurna selama musim panas.

Tambahkan 1 ½ gelas air dan 1 cangkir daun mint yang sudah dirobek atau diparut ke wadah dan rebus dengan api kecil selama 5 menit. Matikan apinya dan tutup wadahnya. Biarkan hingga dingin lalu pindahkan ke botol semprot. Kamu bisa menyimpannya di lemari es. Semprotkan toner ke wajah 2-3 kali sehari.

Masker mint, yogurt, dan timun

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam oleat, dan, bersama dengan mint dan lemon, membantu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Masker ini baik digunakan untuk semua jenis kulit.

Haluskan 15-20 daun mint, campur dengan ½ sendok teh minyak zaitun dan 1 sendok makan jus lemon. Bersihkan wajah dengan air lalu oleskan pasta tersebut di seluruh wajah atau hanya di area yang berjerawat. Pijat dengan lembut dan biarkan meresap selama 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan gunakan 3 kali seminggu.

Scrub mint

Scrub wajah ini dapat meremajakan kulit dan membantu menghilangkan minyak berlebih dan bakteri. Oat dengan lembut mengelupas sel kulit mati, mencegahnya menumpuk di folikel. Mint, madu, dan mentimun menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengurangi peradangan.

Hancurkan 10-15 lembar daun mint. Haluskan bersama 1 sendok makan rolled oat. Campurkan 1 sendok makan jus mentimun dan 1 sendok teh madu. Oleskan ke seluruh wajah, dengan fokus pada area yang berjerawat. Biarkan mengering dan bilas dengan lembut dengan air.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini