Sukses

Maia Estianty Terkonfirmasi Positif COVID-19, Ini 7 Faktanya

Maia Estianty terkonfirmasi positif COVID-19 pada 20 Desember 2020.

Liputan6.com, Jakarta Musisi Maia Estianty tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, melalui unggahan video di channel YouTube Maia ALELDUL Tv pada Rabu (30/12/2020) ia mengungkapkan jika terkonfirmasi positif COVID-19.

Istri dari Irwan Mussry tersebut mengungkapkan jika hasil tes PCR yang dilakukan memperlihatkan hasil positif COVID-19 dengan angka 29, sementara batas angka tingginya ialah 35. Meski terkonfirmasi positif, namun wanita asal Surabaya ini menyebutkan tidak ada gejala yang dirasakan atau termasuk dalam golongan orang tanpa gejala (OTG). 

Mengetahui jika dirinya terkonfirmasi positif COVID-19, maka Maia Estianty memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri di kediamannya yang berada di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Ia pun terpaksa harus terpisah dengan suami tercinta dan memilih untuk menempati kamar sang putra sulung Al Ghazali yang lama tak ditinggali.

Melalui video yang diunggah oleh Maia Estianty, ia bahkan menceritakan kronologis bagaimana dirinya mulai ketahuan terpapar virus tersebut. Pasalnya, karena hal ini pula Maia harus izin menghadiri ajang Indonesian Idol beberapa waktu lalu.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait Maia Estianty yang terkonfirmasi COVID-19, Kamis (31/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Rajin lakukan tes antigen dan Swab PCR

Memiliki mobilitas yang cukup tinggi dan sering bertemu dengan orang-orang, Maia Estianty menyebutkan jika dirinya dan keluarga cukup rutin melakukan rapid tes antigen serta Swab PCR. Sebelum terkonfirmasi positif COVID-19, pada 17 Desember 2020 Maia sempat melakukan Swab PCR dan mendapatkan hasil negatif.

Mendapati hasil tes PCR negatif, Maia pun diketahui makan malam bersama teman-temannya. Namun, sebelum itu dirinya kembali menjalai tes antigen dan mendapatkan hasil negatif. Namun, karena mengetahui telah mendapatkan hasil negatif ia dan teman-teman lalai tak melakukan jaga jarak.

"Kemudian aku pergi makan malam bersama temanku, dan kita juga melakukan swab tuh tapi swab antigen. Dan hasilnya negatif juga. Nah pulang dari makan-makan itu karena kita merasa bahwa kita udah swab itu kita ngga jaga jarak kan" ujar Maia Estianty pada video yang diunggah di channel Maia ALELDUL TV, Rabu (30/12/2020).

3 dari 8 halaman

2. Positif COVID-19

Sempat lalai tak menjalani physical distancing atau jaga jarak saat makan malam bersama teman-taman, Maia pun dinyatakan positif COVID-19 saat menjalani swab tes setelah tiga hari dari waktu tersebut.

"Tiga hari kemudian , karena aku ada kewajiban swab lagi untuk kebutuhan sebagai jadi juri Indonesian Idol, aku Swab lagi hari Minggu (20/12/2020). Nah, pada hari minggu itu aku terdeteksi divonis positif COVID-19" lanjutnya.

Ia pun sempat heran dan kaget mendapati dirinya positif COVID-19. Ia pun membuat analisa saat dirinya tes antigen bahwa mungkin salah satu temannya ada yang sudah terpapar oleh COVID-19 tapi tak terdeteksi oleh swab antigen.

4 dari 8 halaman

3. Selalu konsumsi berbagai vitamin setiap hari

Mendapati dirinya positif COVID-19, membuat Maia Estianty sedikit tidak percaya. Pasalnya, wanita kelahiran 27 Januari 1976 ini mengaku tak pernah lepas dari berbagai jenis vitamin.

Maia Estianty pun langsung menyampaikan kabar kepada sang suami saat dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Bahkan, sang suami, Irwan Mussry langsung mengirimkan perawat pribadi serta berbagai obat dan vitamin untuk COVID-19.

5 dari 8 halaman

4. Hanya satu hari positif COVID-19

Mendapati dirinya positif COVID-19, Maia Estianty pun memilih untuk izin sementara dari Indonesian Idol dan digantikan oleh juri lainnya. Selama menjalani masa isolasi mandiri, mengonsumsi berbagai vitamin bahkan menambahkan dengan suntik vitamin pada tubuh untuk mengembalikan imun tubuh.

Saat menjalani isolasi mandiri di kamar sang putra, Maia pun diketahui harus rutin melakukan SWAB PCR untuk mengetahui perkembangan virus dalam tubuhnya hingga didapatkan hasil negatif. Rupanya sehari setelah dinyatakan positif COVID-19, hasil Swab PCR yang dilakukan Maia pada Senin (21/12/2020) menunjukkan hasil negatif.

""Ternyata virusnya dalam waktu 1x24 jam sudah mati dari tubuhku. Bisa gitu ya? Aku sampai wow cepat sekali, apakah ini imunku emang imun superman, sehingga bisa bikin virusnya mampir doang masuk," lanjutnya.

Meski telah didapati hasil negatif, akan tetapi dirinya belum berani untuk keluar dari kamar Al Ghazali. Maia pun harus kembali menunggu hasil SWAB PCR negatif selama tiga kali berturut-turut dalam tiga hari.

6 dari 8 halaman

5. Merasa bosan

Meski menjalani masa isolasi mandiri di rumah, namun Maia Estianty mengaku cukup bosan. Ia bahkan hanya bisa bertatap muka dengan sang putra bungsu, Dul dari balkon kamar sedangkan sang putra berada dilantai bawah.

Pada hari pertama dirinya memilih untuk bermain gadget serta berkomunikasi dengan teman-teman agar terhibur. Sedangkan pada hari kedua, ibu tiga anak ini aktif berolahraga di balkon kamar hingga berjemur. Akan tetapi kebosanan mulai melanda Maia Estianty saat menjalani isolasi mandiri hari ketiga. Untuk membunuh rasa bosan tersebut, Maia pun memilih untuk membuat video TikTok dan berjoget ria di dalam kamar.

7 dari 8 halaman

6. Lebih percaya dengan SWAB PCR

Maia Estianty yang tak menyangka bisa terkena COVID-19 ini pun turut memberikan nasihat di akhir video. Pasalnya, meskipun telah melakukan rapid tes, tes antigen serta swab dirinya masih bisa terkonfirmasi positif virus corona. Namun, ia mengaku lebih percaya dengan hasil akurat dari SWAB PCR dibandingkan lainnya. Tak hanya itu saja, ia pun turut mewanti-wanti masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, serta rutin mengonsumsi vitamin dan menjaga pola tidur.

8 dari 8 halaman

7. Rossa dan Boy William sempat absen dari Indonesian Idol

Tak hanya Maia Estianty saja yang absen dari Indonesian Idol. Namun, Rossa yang menjadi juri serta Boy William presenter Indonesian Idol juga sempat absen dari ajang pencarian bakat tersebut. Absennya Rossa dan Boy William pun diketahui karena tengah sakit.

Rossa sendiri menyebutkan melalui akun Instagram pribadinya, jika dirinya divonis Typus sehingga harus menjalani perawatan.

"Dear everyone. Sebaik-baiknya manusia berencana,tapi Allah lah yang memiliki kuasa.Dari hari Senin lalu aku udah merasa gak enak badan dan ijin untuk tidak hadir di Idol. Hari selanjutnya rasanya membaik, tp tadi malam badan aku rasanya gak enak lagi. Akhirnya td pagi aku memeriksakan diri dan ternyata aku sakit typus," tulis Rossa.

Sedangkan Boy William dikabarkan harus menjalani proses pemulihan selama dua minggu untuk penyakit yang diidapnya. Meski begitu, ia tak menyebutkan sakit apa yang tengah ia alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini