Sukses

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

Makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi merupakan makanan-makanan yang lunak dan biasanya sudah dihancurkan terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi adalah makanan yang tidak perlu banyak dikunyah. Hal ini disebabkan karena setelah prosedur pencabutan gigi, mengunyah makanan akan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Walaupun begitu, kamu tetap harus mendapatkan nutrisi yang tepat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai masalah pada gigi, seperti mengurangi pembengkakan hingga membantu proses penyembuhan luka.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi merupakan makanan-makanan yang lunak dan biasanya sudah dihancurkan terlebih dahulu. Untuk mempercepat penyembuhan, pemilihan makanan atau minuman yang dikonsumsi harus mengandung vitamin dan mineral, energi, serta protein.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/12/2020) tentang makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sup dan Mashed Potatoes

Sup

Sup merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi. Tentunya untuk mengonsumsi sup kamu tidak perlu mengunyah terlalu banyak. Bahkan, sup juga mengandung berbagai nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral.

Untuk menghindari rasa tak nyaman, pastikan sayur yang ada di dalam sup dipotong sekecil mungkin dan dimasak hingga lembut. Ini bertujuan agar kamu tidak perlu mengunyah terlalu keras. Selain itu, pastikan juga sup yang dikonsumsi tidak terlalu panas. Sebab sup yang terlalu panas dapat menimbulkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan.

Mashed Potatoes

Makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi selanjutnya adalah mashed potatoes. Selain enak untuk dimakan, mashed potatoes atau kentang tumbuk kaya akan karbohidrat dan nutrisi. Keduanya sangat penting untuk pemulihan. Pastikan kamu menumbuknya hingga halus dan kentang tidak mengandung gumpalan besar agar kamu tidak kesulitan saat mengunyah. 

3 dari 6 halaman

Yoghurt dan Smoothies

Yoghurt

Tekstur lembut dari yogurt membuatnya menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi. Tidak hanya itu, yogurt juga memiliki kandungan protein, vitamin, serta mineral yang diyakini bisa membantu proses pemulihan gigi.

Bahkan, kandungan mineral seng, kalsium, dan zinc dalam yogurt bisa mempercepat penyembuhan luka.

Smoothies

Buah-buahan segar adalah makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi, terutama untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun, karena kamu tidak boleh makan buah yang teksturnya keras, kamu bisa melunaknnya dan membuatnya menjadi smoothies.

Tambahkan juga yoghurt dan/atau susu ke dalam campuran smoothie untuk menambah asupan protein, kalsium, dan probiotik. Itu semua mampu membantu mengurangi kemungkinan iritasi yang bisa terjadi pada gusi.

4 dari 6 halaman

Telur dan Salmon

Telur

Makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi selanjutnya adalah telur, karena makanan ini merupakan sumber protein terbaik. Pilihlah jenis telur yang mengandung asam lemak omega-3 dan buatlah telur orak-arik yang lembut. Selama tidak dimakan saat masih terlalu panas, telur adalah salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi setelah cabut gigi.

Salmon

Salmon adalah salah satu ikan yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Lemak sehat ini membantu mengurangi peradangan, sehingga dapat meningkatkan penyembuhan luka. Selain lezat, salmon terkenal dengan dagingnya yang lembut dan mudah dikunyah.

5 dari 6 halaman

Alpukat dan Labu

Alpukat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah-buahan sangat baik dikonsumsi setelah cabut gigi, salah satunya alpukat. Alpukat mengandung karbohidrat yang rendah, tetapi tinggi lemak sehat.

Teksturnya yang lembut dan halus memudahkan pasien yang baru selesai cabut gigi untuk makan. Alpukat juga diketahui kaya akan vitamin K, vitamin C, dan kalium sehingga sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka.

Labu

Tekstur labu yang lembut membuatnya mudah dikunyah dan ditelan tanpa menyebabkan iritasi. Itulah mengapa labu bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi. Terlebih lagi, labu kaya akan vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti kalium.

Kandungan vitamin di dalam labu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, tubuh akan pulih lebih cepat setelah kamu cabut gigi.

6 dari 6 halaman

Es Krim dan Bubur

Es Krim

Es krim adalah makanan yang lembut sehingga bisa menjadi pilihan makanan yang baik dikonsumsi setelah cabut gigi. Sensasi dinginnya dapat meminimalkan pembengkakan di area sekitar pencabutan gigi. 

Bubur

Nyeri usai cabut gigi tak jarang membuat kamu enggan untuk makan nasi, yang nantinya justru membuat lemas karena kekurangan sumber energi. Solusinya, kamu bisa mengolah nasi menjadi bentuk lain yang lebih halus, yakni bubur.

Jika perlu, kamu bisa menghaluskan semua bahan makanan yang berbentuk padatan. Entah itu sayur atau lauk untuk kamu makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini