Sukses

8 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Alat Makan, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda kunyit di alat makan tampaknya penting diketahui. Pasalnya, noda kunyit tersebut bisa membuat penampilan alat makan jadi kurang sedap dilihat. Seperti piring maupun gelas yang terkena kunyit, pasti akan terlihat kotor dan membuat selera makan berkurang.

Sebenarnya, cara menghilangkan noda kunyit di alat makan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Ada beberapa bahan khusus yang bisa digunakan, agar hasil dari cara menghilangkan noda kunyit di alat makan tersebut semakin maksimal.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara menghilangkan noda kunyit di alat makan yang cepat dan mudah dicoba. Simak ulasan lengkapnya, Jumat (1/1/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Alat Makan

1. Baking soda

Cara menghilangkan noda kunyit di alat makan yang pertama bisa menggunakan baking soda. Caranya cukup mudah, pertama-tama campur baking soda dengan sedikit air hingga teksturnya menyerupai pasta. Kemudian, oleaskan pasta baking soda ke bagian alat makan yang terkena noda kunyit.

Selanjutnya, diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu, bilas sisa-sisa baking soda yang mengering menggunakan air hangat. Dengan sendirinya, noda kunyit akan hilang ketika dilakukannya proses pembilasan tersebut.

 

2. Air lemon atau cuka

Ternyata, menggunakan air lemon atau cuka juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda kunyit di alat makan yang efektif. Adanya kandungan asam di dalam air lemon dan cuka bisa dengan efektif membantu menghilangkan noda kunyit yang membandel.

Langkah penggunaannya juga terbilang sangat mudah. Pertama-tama siapkan dua cangkir air panas dan satu cangkir air lemon atau cuka, lalu campur hinga rata. Pakai larutan tersebut untuk merendam alat makan dan biarkan semalaman. Ketika pagi hari, jangan lupa cuci alat makan seperti biasa.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Alat Makan

3. Pasta gigi

Selanjutnya, cara menghilangkan noda kunyit di alat makan juga bisa menggunaan pasta gigi. Gunakan pasta gigi dengan pemutih di alat-alat makan yang terkena noda. Kemudian diamkan terlebih dahulu selama lima menit. Selanjutnya gunakan lap basah untuk menggosoknya. Supaya lebih efektif, bisa dengan mengencerkan sedikit pemutih lalu gosok di bagian yang terkena noda kunyit. Baru kemudian cuci kembali dengan air hingga bersih.

 

4. Gliserin dan air sabun

Gliserin merupakan sejenis zat berwarna bening dan sering digunakan sebagai campuran kosmetik. Penggunaan gliserin juga ampuh dalam menghilangkan noda kunyit pada alat makan. Caranya yaitu buat larutan 2 cangkir air, 1/4 cangkir sabun cair, dan 1/4 cangkir gliserin.

Selanjutnya, gunakan larutan tersebut untuk membasahi alat makan yang terkena noda kunyit. Setelah merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Noda kunyit akan segera hilang dengan sendirinya.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Alat Makan

5. Tepung maizena

Cara menghilangkan noda kunyit di alat makan dengan tepung maizena juga tidak kalah mudah. Pertama-tama, taburkan tepung maizena ke alat makan yang terkena noda kunyit secara merata. Dengan sendirinya, tepung maizena akan menghilangkan noda kunyit secara maksimal.

Setelah itu, jangan lupa untuk membilas tepung dengan sabun dan serta air bersih. Selanjutnya keringkan dengan benar agar tidak menyebabkan timbulnya bakteri di alat makan yang basah.

 

6. Jemur di bawah matahari

Mungkin cara menghilangkan noda kunyit di alat makan ini tidak pernah terpikirkan. Padahal, sinar matahari bisa dimanfaatkan sebagai metode alami dalam memudarkan noda kunyit yang membandel.

Caranya, Anda hanya perlu mencuci alat makan seperti biasa, kemudian jemur alat makan di bawah terik matahari selama beberapa hari. Maka, dengan sendirinya noda kunyit akan memudar.

Mengingat lokasi untuk menjemur alat makan berada di lokasi terbuka, maka jangan lupa untuk mencuci alat makan kembali hingga bersih. Sebab, bisa saja noda debu dan kotoran lain menempel di alat-alat makan tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Alat Makan

7. Sabun cuci piring

Mungkin cara menghilangkan noda kunyit di alat makan ini sudah dilakukan. Namun, bisa saja jenis sabun cuci piring yang digunakan kurang tepat dan kurang ampuh dalam membersihkan noda kunyit tersebut.

Selain itu, penggunaan sabun cuci piring sendiri akan lebih efektif jika kondisi noda kunyit baru alias segera dicuci setelah digunakan. Sebab, noda kunyit pada alat makan tidak akan menempel terlalu lama.

Kalau tidak sempat mencucinya, maka ada baiknya Anda merendam terlebih dahulu alat makan yang kena kunyit, tentu di dalam air sabun cuci piring. Barulah selanjutnya cuci hingga bersih dan keringkan dengan benar.

 

8. Hidrogen peroksida

Apabila beragam cara menghilangkan noda kunyit di alat makan di atas masih belum efektif, maka penggunaan hidrogen peroksida yang merupakan zat pemutih bisa menjadi opsi tepat. Gunakan hidrogen peroksida 3%.

Cara penggunaan hidrogen peroksida tersebut yaitu dengan menggosok area yang terkena noda dengan sedikit hidrogen peroksida. Lalu, diamkan dahulu selama 10 menit sebelum dicuci atau dilap sampai bersih.