Sukses

3 Cara Membuat Yoghurt Sendiri, Cuma Butuh Dua Bahan

Yoghurt adalah salah satu produk susu fermentasi paling populer.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat yoghurt bisa dilakukan sendiri di rumah. Yoghurt adalah salah satu produk susu fermentasi paling populer di dunia. Cara membuat yoghurt dibuat dengan menambahkan bakteri hidup ke dalam susu.

Yoghurt telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Yoghurt sering digunakan sebagai bagian dari makanan, camilan, serta komponen saus dan makanan penutup. Cara membuat yoghurt bisa menggunakan yoghurt plain dengan kultur bakteri aktif.

yoghurt cukup mudah dibuat di rumah. Dengan cara membuat yoghurt sendiri, kamu bisa menghemat uang dan mendapatkan yoghurt yang lebih sehat. Tapi penting diketahui, cara membuat yoghurt sendiri tak boleh sembarangan.

Satu hal penting dalam cara membuat yoghurt adalah menjaga kehigienisan yoghurt. Kunci dari cara membuat yoghurt adalah kesterilan baik bahan maupun alat. Berikut cara membuat yoghurt sendiri, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Nutrisi yang terdapat pada yoghurt

Protein

yoghurt adalah sumber protein yang tinggi. Protein dalam yoghurt bisa berupa whey atau kasein, tergantung kelarutannya dalam air. Protein susu yang larut dalam air disebut protein whey, sedangkan protein susu yang tidak larut disebut kasein. Baik kasein dan whey sangat bergizi, kaya akan asam amino esensial, dan mudah dicerna.

lemak

Jumlah lemak dalam yoghurt bergantung pada jenis susu. Kandungan lemak dapat berkisar dari 0,4% pada yoghurt tanpa lemak hingga 3,3% atau lebih pada yoghurt berlemak penuh. Sebagian besar lemak dalam yoghurt adalah lemak jenuh (70%), tetapi juga mengandung cukup banyak lemak tak jenuh tunggal. Lemak susu unik karena menyediakan sebanyak 400 jenis asam lemak.

3 dari 6 halaman

Nutrisi yang terdapat pada yoghurt

Karbohidrat

Karbohidrat dalam yoghurt tanpa rasa berasal dari gula sederhana yang disebut laktosa (gula susu) dan galaktosa. Namun, kandungan laktosa pada yoghurt lebih rendah dibandingkan pada susu. Ini karena hasil fermentasi bakteri dalam pemecahan laktosa.

Vitamin

Yoghurt merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang sangat baik, seperti vitamin B12, kalsium, fosfor, dan riboflavin.

Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang memiliki efek kesehatan yang menguntungkan. Bakteri ramah ini ditemukan dalam produk susu fermentasi, seperti yoghurt dengan kultur hidup dan aktif. Probiotik bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mensintesis vitamin, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

4 dari 6 halaman

Cara membuat yoghurt dari susu cair full cream

Bahan:

500 ml susu full cream

2 sdm yoghurt plain dengan bakteri hidup untuk biang

Cara membuat yoghurt dari susu cair full cream:

1. Masak susu dengan api sedang. Rebus hingga muncul buih-buih kecil di pinggiran panci. Matikan api. Biarkan hingga hangat.

2. Masukkan 2 sdm yoghurt ke dalam susu yang masih hanagt. Aduk rata. Rasa yoghurt yang akan kita hasilkan sama dengan yoghurt biang yang kita pakai.

3. Selangi masih hangat, masukkan campuran susu dan yoghurt ke dalam wadah yang tertutup rapat. Pastikan tidak ada celah yang membuat udara masuk. Bungkus dengan kain bersih. Simpan di dalam tempat kering dan tertutup selama minimal 12 jam.

4. Setelah proses fermentasi selesai, yoghurt bisa disimpan di dalam kulkas untuk dijadikan stok. yoghurt bisa dinikmati dengan aneka buah segar sesuai selera.

5 dari 6 halaman

Cara membuat yoghurt dari susu bubuk

Bahan:

1 cangkir plain yoghurt dengan bakteri hidup

4 gelas air matang

12 sendok makan susu bubuk

Cara membuat yoghurt dari susu bubuk:

1. Tuang 4 gelas isi air matang dan 12 sendok makan susu bubuk ke dalam panci. Lalu aduk sampai benar-benar rata campur (supaya lebih rata, 1 gelas air + 3 sendok susu bubuk diaduk, lalu tuang ke dalam panci, begitu selanjutnya sampai 4 gelas)

2. Panaskan panci berisi susu di atas kompor, tunggu sampai susu mulai keliatan bintik-bintik (atau sekitar 2-3 menit)

3. Matikan kompor lalu tuang ke dalam panci lain yang ada tutupnya

4. Diamkan sampai uap tidak ada lagi.

5. Setelah itu, tuang yoghurt ke dalam susu, aduk sampai rata

6. Kemudian tutup dengan rapat dan tutup kemudian dengan kain

7. Letakkan panci tersebut ke sudut ruangan yang suhunya stabil .

8. Diamkan sampai 10 jam lebih.

9. Setelah itu Yoghurt sudah bisa dinikmati.

6 dari 6 halaman

Cara membuat yoghurt creamy

Bahan:

2 liter susu murni, semakin segar semakin baik

¼ cangkir krim kental (opsional)

3 sampai 4 sendok makan yoghurt susu murni dengan kultur hidup dan aktif.

Cara membuat yoghurt creamy:

1. Gosokkan es batu ke bagian dalam panci untuk mencegah hangus (atau bilas bagian dalam panci dengan air dingin). Tambahkan susu dan krim dan didihkan, sampai gelembung terbentuk di sekitar tepinya, 180 sampai 200 derajat. Aduk susu sesekali saat memanas.

2. Angkat panci dari api dan dinginkan sampai terasa hangat. Tes dengan memasukkan jari ke dalam susu. Kamu bisa memindahkan susu ke gelas atau mangkuk keramik, atau dapat membiarkannya di dalam panci.

3. Pindahkan 1/2 cangkir susu hangat ke dalam mangkuk kecil dan kocok dengan yoghurt sampai lembut. Aduk kembali campuran yoghurt-susu ke dalam sisa panci berisi susu hangat.

4. Tutup panci atau wadah tersebut dengan rapat. Jaga agar panci tetap hangat dengan membungkusnya dengan handuk besar, atau meletakkannya di atas bantal pemanas, atau pindah ke tempat yang hangat. Kamu juga bisa menaruhnya di atas lemari es yang cenderung hangat.

5. Biarkan yoghurt selama 6 sampai 12 jam, sampai yoghurt kental dan memiliki rasa yang tajam. Semakin lama ia dibiarkan, semakin tebal dan tajam rasanya. Pindahkan panci ke lemari es dan dinginkan setidaknya selama 4 jam; yoghurt akan terus mengental saat dingin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini