Sukses

17 Macam-Macam Pencemaran Lingkungan, Bisa Merusak Bumi

Pencemaran lingkungan tak boleh dianggap enteng.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam pencemaran lingkungan punya banyak bentuk dan penyebab. Pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah besar bagi dunia. Macam-macam pencemaran lingkungan adalah masuknya zat pencemar ke dalam lingkungan yang menimbulkan kerugian atau ketidaknyamanan bagi manusia atau organisme hidup lainnya.

Pencemaran dapat merusak lingkingan. Macam-macam pencemaran lingkungan dapat berupa bahan kimia, atau energi seperti kebisingan, panas, atau cahaya. Macam-macam pencemaran lingkungan terjadi ketika lingkungan tidak dapat memproses dan menetralkan produk sampingan berbahaya dari aktivitas manusia.

Macam-macam pencemaran lingkungan harus ditanggapi dengan serius. Pencemaran berdampak negatif pada unsur-unsur alam yang merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan di bumi. Macam-macam pencemaran lingkungan punya beberapa klasifikasi.

Berikut macam-macam pencemaran lingkungan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam-macam pencemaran lingkungan: udara

Pencemaran udara adalah pencemaran yang diakibatkan oleh kegiatan manusia, baik disengaja atau tidak yang memengaruhi kualitas udara. Berikut macam-macam pencemaran lingkungan udara:

Kebakaran Hutan

Asap dari kebakaran hutan termasuk macam pencemaran lingkungan. Beberapa bahan pencemar dari kebakaran hutan yang dapat mencemari udara, diantaranya adalah hidrokarbon, karbon dioksida, senyawa sulfur oksida, senyawa nitrogen oksida dan nitrogen dioksida.

Produksi energi listrik

Produksi energi dari pembangkit listrik bertanggung jawab atas emisi sekitar 65% dari total emisi nasional oksida sulfur, 45% dari total emisi nitrogen oksida nasional, dan 38% dari total emisi. Produksi Energi dari pembangkit listrik tenaga batu bara dianggap yang paling mencemari.

Industri

Selain produksi energi, sektor industri utama yang bertanggung jawab atas polusi udara adalah industri petrokimia, industri kimia, industri mineral (pertambangan dan penggalian), dan industri produksi dan pengolahan logam, serta kegiatan tambahan yang terkait dengan pengolahan limbah, industri makanan, dan dry cleaning.

Kendaraan

Macam-macam pencemaran lingkungan udara yang paling banyak ditemukan adalah pencemaran akibat asap kendaraan. Polutan utama yang dipancarkan dari kendaraan dan dari pompa bensin selama pengisian adalah partikulat, nitrogen oksida, hidrokarbon, karbon monoksida dan senyawa organik yang mudah menguap. Konsentrasi tinggi polutan udara kendaraan ini terkait dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas pada populasi.

Pengolahan limbah

Pembakaran sampah di TPA menjadi salah satu penyebab polusi udara. Gas yang dihasilkan dari proses pembuangan akhir di TPA, yang umumnya adalah gas metan yang berbahaya bagi kesehatan. Aktivitas membakar sampah menjadi lebih berisiko saat musim kemarau, karena dapat memicu kebakaran.

Aktivitas rumah tangga

Aktivitas rumah tangga seperti menggunakan bahan bakar yang berpolusi (Kayu, batu bara, minyak tanah) dan teknologi yang tidak efisien dapat menyebabkan polusi udara. Asap dari penggunaan cat, hair spray, dan jenis pelarut lainnya juga termasuk pencemaran udara.

Kegiatan pertanian

Debu zat kimia maupun partikel-partikel sebagai hasil dari industri pertanian dan perkebunan termasuk dalam macam-macam pencemaran lingkungan. Polusi udara yang disebabkan dari aktivitas pertanian terjadi dalam bentuk amonia (NH3), yang masuk ke udara sebagai gas dari ladang yang sangat subur dan limbah ternak.

3 dari 5 halaman

Macam-macam pencemaran lingkungan: tanah

Pencemaran tanah merupakan keadaan dimana adanya berbagai bahan substansi kimia yang masuk ke dalam lapisan tanah sehingga mengubah struktur dan lingkungan di dalam tanah. Berikut macam-macam pencemaran tanah:

Pencemaran Radioaktif

Bahan radioaktif dapat memicu pencemaran tanah. Pencemaran akibat radioaktif ini bisa menimbulkan kanker dan tumor. Biasanya pencemaran radioaktif ini berasal dari bom atau reaktor nuklir.

Pencemaran organik

Pencemaran organik pada umumnya senyawa kimia buatan manusia seperti pestisida atau bahan industri lainnya yang kemungkinan sulit atau tidak terurai oleh kegiatan mikroorganisme tanah. Hasil peruraian tersebut samapi batas tertentu juga sebagai bahan pencemar sehingga tanah mengalami pencemaran.

Pencemaran organik yang jadi masalah bagi lingkungan dan manusia adalah pencemar yang berasal dari industri dan pertanian(pestisida).

Pencemar Anorganik

Pencemar anorganik terutama logam berat cenderung berada di dalam tanah dalam waktu yang lama, meskipun status kimianya kemungkinan berubah menurut waktu. Pencemar anorganik dibagi menjadi tiga golongan utama yaitu pencemaran garam-garaman, nitral dan posfat, dan logam berat.

Pencemar Mikrobiologis

Tanah secara alamiah terkandung mikroorganisme di dalamnya. Variasi jenis dan jumlahnya sangat beragam, hal ini dikarenakan tanah merupakan lingkungan hidup bagi mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, protozoa dan nematoda.

Konsentrasi berlebihan dari mikroorganisme biasanya merupakan akibat kontaminasi. Bakteri bersama jamur merupakan mikroorganisme yang terpenting dalam transformasi zat pencemar dalam tanah. Penyebab pencemaran mikroorganisme pada tanah adalah air buangan domestik, tangki septik, pipa riol (sewer) atau efluent pengolahan limbah yang tidak sempurna.

 

4 dari 5 halaman

Macam-macam pencemaran lingkungan: air

Pencemaran air adalah masuknya mahluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu. Berikut macam-macam pencemaran air:

Sampah

Membuang sampah ke sungai menjadi penyebab umum pencemaran air. Air sungai menjadi tidak layak konsumsi dan mengganggu makhluk hidup air yang lain. Parahnya lagi, membuang sampah di sembarangan juga dapat menyebabkan banjir.

Penggunaan Pupuk

Penggunaan pupuk yang berlebihan termasuk dari macam-macam pencemaran lingkungan. Hal ini disebabkan saat hujan, sisa pupuk yang tidak terserap akar tanaman akan terbawa aliran air hujan. Aliran air ini pada akhirnya akan menuju sungai atau danau terdekat dan menyebabkan air terkontaminasi pupuk.

Limbah

Macam-macam pencemaran lingkungan ini terutama disebabkan oleh limbah pabrik yang tidak memiliki tempat pembuangan khusus. Limbah ini biasanya langsung dibuang menuju sungai di permukiman. Dampaknya akan membuat sungai menjadi tercemar dan kualitas air penduduk di permukiman buruk. Kesehatan penduduk akan ikut memburuk dan makhluk hidup sungai akan mati.

Racun dan bahan peledak

Racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan sangat berbahaya bagi lingkungan. Bahkan dapat membuat air terkontaminasi bahan kimia. Selain membuat kualitas air buruk, kegiatan ini juga dapat mengakibatkan ekosistem air sungai/laut rusak.

5 dari 5 halaman

Pencemaran Suara

Pencemaran suara termasuk bagian dari macam-macam pencemaran lingkungan meskipun tidak signifikan. Pencemaran ini berupa suara yang mengganggu aktivitas manusia dan merusak pendengaran. Macam-macam pencemaran suara meliputi:

Kendaraan

Suara dari kendaraan bermotor seperti mobil, truk, motor, bahkan pesawat terbang termasuk sumber dari pencemaran suara. Suara-suara yang terus menerus muncul bisa menimbulkan kebisingan dan gangguan pendengaran.

Industri pabrik

Suara dengan intensitas tinggi, seperti yang dikeluarkan oleh banyak mesin industri juga dapat menimbulkan kebisingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini