Sukses

8 Wisata Kopeng Salatiga yang Populer dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Kopeng adalah jalur penghubung kota Salatiga dengan kota Magelang. Jangan menganggap remeh wilayah penghubung ini, justru kini destinasi wisata Kopeng Salatiga begitu beragam dan semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Wisata Kopeng Salatiga yang paling populer adalah tamannya. Selain Taman Wisata Kopeng, di sekitar wilayahnya ada Umbul Songo Kopeng, Bukit Harapan Cuntel, Kopeng Treetop Adventure Park, dan masih banyak lagi.

Tentu saja mengunjungi Salatiga, tidak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke wisata Kopeng Salatiga. Bagi yang sudah selesai dengan Kopeng, masih ada tempat wisata Salatiga yang tidak kalah eksotis seperti Rawa Pening dan Gunung Merbabu loh.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Kopeng Salatiga dari berbagai sumber, Minggu (3/1/2021).

2 dari 5 halaman

Wisata Kopeng Salatiga

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng berlokasi di Jl. Raya Kopeng – Magelang Km. 15 Getasan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah. Wisata Kopeng Salatiga ini merupakan area rekreasi yang cocok untuk liburan keluarga atau instansi. Taman Wisata Kopeng menjadi tujuan menyenangkan untuk berlibur ke Semarang.

Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas lengkap seperti Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop. Berpadu dengan suasana pegunungan yang sejuk, Taman Wisata Kopeng menarik dikunjungi bagi Anda yang ingin melepas penat.

Taman Wisata Kopeng juga menawarkan camping ground untuk berkemah. Tak perlu repot membawa tenda dan peralatan lainnya, semua sudah disediakan di sini.

Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland adalah wisata Kopeng Salatiga yang wajib dikunjungi wisatawan. Tempat wisata ini menjadi salah satu wahana favorit rekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

Meskipun permainan utama di tempat wisata Salatiga ini ialah bermain dengan air, akan tetapi banyak pula wahana wisata yang bisa kamu nikmati di Atlantic Dreamland ini. Bukan hanya berenang atau bermain water toys, waterboom serta water balls saja loh, kamu pun bisa bermain jet coaster, flying fox, ATV dan lain sebagainya.

Berlokasi di jalan Soekarno-Hatta, Isep-isep Salatiga ini memiliki konsep yang hampir sama dengan tempat wisata Ancol yang ada di Jakarta. Pengunjung hanya perlu membeli tiket terusan seharga Rp 40 ribu saja. Namun jika kamu tak ingin memainkan semua wahana, kamu bisa juga membeli tiket sesuai dengan wahana yang kamu inginkan.

3 dari 5 halaman

Wisata Kopeng Salatiga

Umbul Songo Kopeng

Umbul songo terletak di kompleks wisata Kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Umbul Songo merupakan air terjun yang diapit oleh Gunung Telomoyo, Andong dan Gunung Merbabu. Umbul songo beradai di ketinggian tempat 1.450 mdpl.

Air terjun setinggi 15 meter ini mengalir deras dan sejuk di antara rimbunnya pepohonan. Selain menikmati keindahan air terjun, di wisata Kopeng Salatiga ini pengunjung bisa menikmati fasilitas lain seperti kolam untuk berendam, taman bermain dan bumi perkemahan.

Menurut kisah sejarah yang beredar, Umbul Songo yang berarti Sembilan Mata Air ditemukan oleh Wali pada zaman kerajaan Demak untuk memenuhi kebutuhan bersucinya. Umbul Songo enjadi salah satu dari mata 9 air yang ada di sini selain Solodhuwur, Tayengan, Contre, Takelan, Pang Jero, dan Kali Sati.

Gardu Pandang Kopeng

Gardu Pandang Kopeng terletak di lereng Gunung Merbabu sekitar 2,3 km dari Taman Wisata Kopeng. Gardu Pandang Kopeng berada di dusun Cuntel, Kopeng, Kabupaten Semarang. Dusun Cuntel memang terkenal sebagai salah satu jalur pendakian menuju puncak Merbabu.

Tak cuma panorama gunung Merbabu, dari Gardu Pandang Kopeng pengung dapat menikmati pemandangan gunung Andong, gunung Telomoyo, bukit Gajahmungkur, dan rawa pening dari ketinggian. Tidak heran jika wisata Kopeng Salatiga satu ini wajib banget dikunjungi.

4 dari 5 halaman

Wisata Kopeng Salatiga

Kopeng Treetop Adventure Park

Kopeng Treetop Adventure Park berada sekitar 1,2 km dari taman wisata Kopeng. Wisata Kopeng Salatiga ini merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang telah tersebar di seluruh dunia. Kopeng Treetop Adventure Park berada di tengah hutan pinus seluas 7 hektar.

Di sini pengunjung dapat melakukan petualangan alam dengan berbagai fasilitas menarik. Kopeng Treetop Adventure Park memiliki 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox serta giant tarzan jump yang cocok untuk kegiatan outing.

Semua platform rangkaian dipasang, menggunakan sistem kompresi inovatif untuk melindungi pohon dari kerusakan. Ada pula area Camping Glam yang memberi pengalaman rekreasi bermalam di tenda layanan bintang lima.

Bukit Harapan Cuntel

Tidak jauh dari Gardu Pandang Kopeng, pengunjung bisa mampir ke Bukit Harapan Cuntel. Tempat ini memiliki pohon yang mengering dan menjadi begitu ikonik bagi para wisatawan. Di Bukit Harapan Cuntel sudah tersedia tempat untuk bersantai seperti tempat duduk, rumah pohon, atau spot foto menarik.

Bukit Harapan Cuntel pun menyediakan gardu pandang yang menyajikan keindahan pegunungan dan kabupaten Semarang. Di sini pengunjung dapat menikmati panorama jajaran gunung seperti Sumbing, Sindoro, Andong, dan Telomoyo.

Lahan pertanian warga yang hijau juga indah dan menarik mata. Bukit Harapan Cuntel ini bahkan pernah jadi tempat pengambilan film Kau dan Aku Cinta Indonesia.

5 dari 5 halaman

Wisata Kopeng Salatiga

Rawa Pening

Wisata Kopeng Salatiga dan sekitarnya yang cukup terkenal ialah Rawa Pening. Seperti namanya, objek wisata ini memang memanfaatkan rawa untuk dijadikan tempat wisata. Tempat wisata Rawa Pening menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan hawa yang sejuk.

Pengunjung bisa bersantai dan menikmati kuliner yang ada disekitaran tempat wisata ini. Lokasi tempat wisata ini pun masuk di tiga wilayah yaitu, Salatiga, Ambarawa dan juga Ungaran.

Tidak hanya bisa bersantai menikmati kuliner dan juga pemandangan yang ada loh. Tersedia berbagai wahana wisata yang bisa pengunjung coba. Mulai dari bersepada air, berenang, dan berkuda.

Gunung Merbabu

Wisata Kopeng Salatiga yang menjadi favorit para pendaki adalah Gunung Merbabu. Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung indah yang di miliki Indonesia. Pemandangan yang mengagumkan saat trekking di Gunung Merbabu menjadi salah satu alasan Merbabu menjadi gunung favorit.

Jika pengunjung telah berhasil mendaki hingga ke puncak gunung, maka pengunjung pun bisa melihat pemandangan lampu di Salatiga. Selain itu, kawasan Rawa Pening, Ungaran, dan Semarang pun bisa dilihat dari puncak Gunung Merbabu ini. 

Bukan hanya keindahan kota saja yang bisa dilihat. Akan tetapi pengunjung bisa melihat kemegahan dari Gunung Merapi saat berada di puncak Gunung Merbabu. Salah satu loksi yang cukup terkenal di Gunung Merbabu ini ialah bukit Teletubbies. Bahkan keindahan bukit ini semakin jelas lihat di pagi hari.