Sukses

9 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bikin Kulit Sehat dan Berseri

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang glowing alias bebas jerawat, noda, kusam, dan kering bisa didapat dengan air mawar. Air yang dibuat dengan penyulingan kelopak bunga mawar ini disebut kaya antioksidan, antiinflamasi, vitamin A, E, dan antiseptik. Berkat kandungan ini, manfaat air mawar untuk wajah sangat direkomendasikan untuk perawatan.

Perawatan dengan air mawar yang dimaksudkan bisa menjadikannya campuran masker wajah, toner, dan setting spray. Selain dapat menjadikan kulit wajah menjadi sehat dan berseri, manfaat air mawar untuk wajah begitu berdampak pada bagian mata. Mata yang kelelahan dapat disegarkan kembali dengan air mawar karena fungsi hidrasinya.

Jika kesulitan membuat air mawar sendiri dengan proses penyulingan, beli saja air mawar yang sudah jadi. Namun tetap hati-hati, jangan sampai salah membeli dan justru manfaat air mawar untuk wajah tidak didapatkan. Pastikan air mawar yang dibeli sudah mendapat izin edar dan layak digunakan.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat air mawar untuk wajah dari berbagai sumber, Senin (4/1/2020).

2 dari 7 halaman

Mencerahkan dan Mengurangi Jerawat

Mencerahkan Wajah

Manfaat air mawar untuk wajah dapat membantu mencerahkan dan menghindari dari kekusaman. Manfaat ini berasal dari vitamin A dan E yang dapat membantu proses eksfoliasi kulit wajah. Sifat antioksidan pada air mawar juga membantu memperkuat sel-sel kulit dan meregenarasi jaringan kulit. 

Oleh sebab itu, rutin menggunakan air mawar pada wajah bisa mencerahkan kulit dan terhindar dari kulit kusam. Campurkan air mawar dengan susu, lalu oleskan ke kulit wajah sebelum tidur di malam hari. Biarkan semalaman dan bangun di pagi hari dengan kulit tampak cerah 

Mengurangi Jerawat

Bermimpi memiliki kulit wajah yang glowing dan bebas jerawat bisa didapat dengan manfaat air mawar untuk wajah. Air mawar diketahui memiliki kadar pH yang sedikit asam, sehingga mampu mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit.

Selain itu, air mawar memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang bermanfaat menangani masalah bakteri penyebab jerawat. Meskipun saat ini memang banyak sekali produk air mawar dalam kemasan yang dijual bebas di pasaran. Akan tetapi, membuatnya sendiri dengan bunga mawar yang masih segar lebih direkomendasikan.

3 dari 7 halaman

Menghidrasi Kulit

Air mawar dapat mencegah dehidrasi pada kulit. Selain itu manfaat air mawar untuk wajah juga baik untuk keseimbangan pH kulit wajah. Pembuatannya juga sangat mudah dan sederhana.

Siapkan 1 cangkir kelopak mawar dan 2 cangkir air. Taruh kelopak mawar di mangkuk. Didihkan air, tuangkan dalam mangkuk yang berisi kelopak mawar. Tutup rapat mangkuk, diamkan 30 menit.

Setelah itu, ambil kain lalu saring dan peras air mawar, simpan dalam botol. Air mawar pun siap digunakan. Ada baiknya kalian menyimpan air mawar maksimal satu minggu.

4 dari 7 halaman

Melindungi dari Iritasi dan Penyempurna Riasan

Melindungi dari Iritasi

Dihadapkan dengan masalah peradangan atau kemerahan pada wajah bisa diselesaikan dengan air mawar. Manfaat air mawar untuk wajah ini berasal dari sifat anti inflamasi. Hal ini yang dapat membantu mengurangi radang dan kemerahan akibat iritasi, jerawat, dan masalah kulit wajah lain.

Air bunga mawar ini dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dan membersihkan kotoran pada pori-pori yang nantinya menjadi penyebab komedo. Air mawar dapat menjaga kulit agar tetap terasa nyaman. Caranya, gunakan beberapa tetes minyak esensial mawar dan oleskan secara merata pada bagian yang sedang radang atau iritasi.

Penyempurna Riasan

Manfaat air mawar untuk wajah selanjutnya dapat menyegarkan wajah dan menyempurnakan riasan. Manfaat ini telah dikenal cukup lama di bidang kecantikan. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, dapat langsung menyemprotkan air mawar ke wajah yang sudah dibersihkan atau sudah dipakaikan makeup.

Menyemprotkan air mawar ke wajah usai mengaplikasikan make up dapat membuat wajah menjadi lebih segar bercahaya. Selain itu, kesegaran dan kelembapan wajah bisa begitu terasa sepanjang hari dengan menyemprotkan air mawar.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Luka Bakar di Wajah

Wajah yang terbakar sinar matahari karena tidak memakai tabir surya bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar akan menenangkan, menyembuhkan kulit terbakar, dan mempercepat proses penyembuhan dengan sifat-sifat pendingin yang dimilikinya.

Untuk merasakan manfaat air mawar untuk wajah, semprotkan air mawar ke area yang bermasalah. Gunakan ketika kulit terasa memburuk. Dampaknya akan menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar, bercak merah, dan gatal di wajah.

6 dari 7 halaman

Mencegah Penuaan dan Toner

Mencegah Penuaan

Air mawar dapat mencegah penuaan dini. Hal ini di dukung karena air mawar telah diolah menjadi minyak esensial yang berasal dari penyulingan kelopak mawar. Penyulingan menghasilkan sifat anti bakteri, yang dipercaya dapat mencegah penuaan kulit.

Manfaat air mawar untuk wajah lainnya dapat melindungi dari kekeringan dan kusam. Penggunaan minyak esensial mawar dapat mencegah kemunculan bintik-bintik hitam dan memijat wajah secara perlahan dengan minyak esensial mawar juga dapat mencegah kemunculan kerutan dan garis-garis halus.

Toner

Air mawar selalu dijadikan bahan utama untuk produk kecantikan. Hal ini bisa ditemui pada beberapa produk toner wajah. Untuk hasil yang lebih alami, kalian bisa membuat sendiri air mawar yang digunakan untuk toner wajah.

Untuk bisa merasakan manfaat air mawar untuk wajah, cukup semprotkan air mawar secara langsung ke wajah, atau bisa juga dengan menuangkan ke kapas terlebih dahulu. Setelah itu, tepuk-tepuk wajah menggunakan air mawar.

7 dari 7 halaman

Menyegarkan Mata

Selain kulit, manfaat air mawar untuk wajah juga baik untuk bagian mata. Manfaat ini baik untuk membantu mengatasi kondisi mata yang kelelahan.

Caranya, tuangkan beberapa tetes air mawar pada kapas lalu gunakan untuk mengompres mata. Diamkan selama sekitar 15 sampai 20 menit. Gunakan secara rutin dan lihat hasilnya.

Tidak hanya mengobati mata lelah, air mawar juga dapat membantu melembapkan bagian bawah mata yang kering. Nutrisi dalam minyak dan air mawar dapat memberikan hidrasi yang cukup pada bagian kulit paling sensitif tersebut.

Caranya sama, kompres bagian bawah mata dengan air mawar. Bisa juga dengan mengoleskan minyak esensial bunga mawar ke bagian bawah mata yang kering.