Sukses

Mawar AFI Positif Covid-19, Begini Curhatannya saat Merasakan Beberapa Gejala

Sering alami batuk kering, Mawar AFI akui sempat mengabaikan gejalanya.

Liputan6.com, Jakarta Sejak Maret 2020 lalu, pandemi Corona Covid-19 di Indonesia masih belum mereda. Sejak awal tahun lalu, bukan hanya masyarakat luas saja yang menjadi korban paparan Covid-19 namun juga sederet tokoh publik hingga publik figur.

Kini terbaru, Mawar AFI 1 mengabarkan jika ia terpapar Covid-19 lewat unggahan video di Instagram miliknya. Pemilik nama asli Mawar Dhimas Febra Purwanti ini menceritakan kronologi bagaimana dirinya sampai dinyatakan positif.

"Postingan yang mungkin kurang enak buat dibaca, dilihat.. Tapi semoga bisa jadi pencerahan buat yg sedang mengalami, atau org terdekatnya ada yg mengalami.." tulisnya pada Sabtu (2/1/2021). 

"Gak usah stress, covid bukan aib..Gak usah dikucilkan, karena obat yg paling ampuh adalah hati yang bahagia..." lanjutnya. 

Sebelum mengetahui jika dirinya positif Covid-19, Mawar akui dirinya sempat mengalami batuk kering. Namun hal itu hiraukan lantaran ia sering mengalami batuk kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sering Alami Batuk Biasa

Lewat unggahan video di Instagram mililknya, Mawar AFI mengabarkan jika ia dinyatakan positif Covid-19. Ia pun menceritakan kronologi bagaimana dirinya bisa positif.

"Pada tanggal 30 Desember saya diinfokan oleh temen yang kebetulan di hari sebelumnya tes antigen positif. Dia cerita mau PCR. Akhirnya saya jaga-jaga tes antigen. Saat saya tes hasil antigen saya negatif. Saya infokan ke temen saya itu terus hasil PCR temen saya belum ada hasilnya," tulisnya.

Namun kemudian pada 31 Desember 2020, Mawar merasakan gatal di tenggorokkan dan batuk kering. Lantaran hal tersebut ia sering alami, Mawar pun tidak terlalu menghiraukannya.

3 dari 4 halaman

Alami Sesak Lalu Swab PCR, Hasilnya Positif

Usai rasakan batuk kering, wanita berusia 34 tahun ini pun mulai mengalami sesak napas. Saat itu ia langsung lakukan tes swab antigen dan hasilnya positif. Melihat hal itu ia memutuskan untuk swab PCR.

"Biasanya memang suka batuk biasa aja. Tapi satu jam setelahnya saya ngerasa sesak, disitu saya agak panik. Dada saya berasa sesak kaya ada beban. Saya juga sempat demam. Akhirnya saya memutuskan untuk isolasi mandiri," tambahnya.

"Jam 10.00 WIB saya sudah swab PCR dan hasilnya positif," lanjutnya.

Selama masa penyembuhan dan isolasi mandiri, ibu tiga anak ini menceritakan banyak mengonsumsi multivitamin, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makan bergizi.

4 dari 4 halaman

Sudah Mulai Membaik

Sejak hari pertama, mawar selalu membuat video soal perkembangan kesehatannya. tepat 3 hari positif, ia mengaku sudah smeakin membaik. Walaupundirinya masih mengalami nyeri badan namun masih bisa diatasi.

"Batuk udah enggak tapi masih ada dahak sedikit dan bisa dikeluarin, Alhamdulillah. Karena dokter bilang yang bagus adalah kamu bisa negluarin dahak, yang bahaya itu kalau dahaknya nggak bisa dikeluarin dan numpuk di paru-paru sehingga menimbulkan sesak napas," tuturnya dalam video ketiga yang diunggah pada Senin (4/1/2021).

Meski tak bisa bertemu dengan suami dan kedua buah hatinya, ia merasa bersyukur lantaran keluarga tercintanya tak turut terpapar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.