Sukses

15 Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama yang Perlu DIketahui

Simak ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama berikut ini agar lebih hati-hati pada kesehatan kandungan.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama mungkin jarang disadari. Pasalnya, banyak wanita baru bisa mengenali tanda kehamilan dengan jelas setelah memasuki usia 4-6 minggu. Di sisi lain, ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama ini juga lebih sulit dideteksi. Sebab, ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama mirip dengan PMS.

Apabila kehamilan benar-benar terjadi, janin juga belum terbentuk dengan wujud yang pasti. Kurun waktu 1 minggu sendiri baru masuk pada tahap awal sebelum fertilisasi dan membuahkan janin. Jika seorang wanita sudah terlambat haid dari jadwal normalnya, bisa dikatakan ini merupakan ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama.

Membahas lebih jauh mengenai ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama, berikut Liputan6.com rangkum informasi tersebut dari berbagai sumber, Selasa (5/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

1. Kram Perut

Saat minggu pertama setelah terjadi konsepsi atau pertemuan sel telur dan sel sperma, kram perut akan terjadi. Kram sendiri terjadi karena penempelan hasil konsepsi (embrio) ke dalam dinding rahim yang disebut dengan implantasi. Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama ini cukup jarang disadari banyak calon ibu.

2. Muncul Flek Cokelat

Tidak jarang wanita mengalami flek karena darah menstruasi masih tersisa dalam rahim. Kendati demikian, flek cokelat juga bisa menjadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama. Sebab, pada awal kehamilan wanita akan mengalami flek karena ada pendarahan implantasi.

Flek tersebut bisa muncul bukan karena hubungan seksual satu hari sebelumnya. Tapi, flek muncul karena hubungan seksual 10 hari sebelumnya. Ini karena flek atau pendarahan ringan hanya terjadi tepat setelah 10 hingga 14 hari pembuahan.

Flek kehamilan normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Selama trimester pertama, organ intim juga dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning.

3. Badan Lelah

Lelah juga termasuk ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama. Ini karena perubahan hormon, kadar gula darah, serta pengaruh tekanan darah pada tubuh.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

4. Sesak Napas

Sesak napas bisa terjadi karena banyak hal. Sebab, ada gejolak hormon progesterone yang menstimulasi otak untuk memberi sinyal pada paru-paru untuk menarik udara lebih banyak.

Sebenarnya, sesak napas tidak hanya ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama, tapi juga di akhir menjelang persalinan. Sesak napas yang terjadi di akhir kehamilan terjadi akibat bentuk janin yang semakin besar. Janin bahkan bisa menghalangi paru-paru ibu untuk mengembang secara normal.

5. Keputihan Berlebih

Keputihan juga menjadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Pada keputihan akibat ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama, memiliki ciri dan warna yang khas seperti susu, hingga cairan keputihan yang tidak encer.

Perbedaan keputihan tanda hamil 1 minggu dengan keputihan saat periode menstruasi bisa dilihat dari perbedaan volumenya. Volume cairan pada keputihan tanda hamil 1 minggu lebih banyak. Bahkan jumlahnya bisa bertambah hingga mendekati persalinan.

6. Ngidam dan Sensitif

Ngidam dan sensitif tiba-tiba merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama, meski tidak sepenuhnya akurat. Pasalnya, wanita yang memasuki masa menstruasi juga bisa mengalami ngidam serta sensitif.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

7. Suhu Tubuh Meningkat

Saat pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh busa sedikit meningkat. Apabila suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal ini merupakan ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama.

8. Punggung Nyeri

Nyeri pada punggung bagian bawah merupakan tanda kehamilan yang kerap dialami wanita. Kondisi ini timbul karena ligamen jadi longgar. Pada beberapa kasus, nyeri punggung terjadi di awal hingga proses persalinan. Nyeri punggung juga bisa jadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama karena janin mulai tumbuh dalam kandungan.

9. Payudara Sensitif

Payudara disebut sebagai bagian tubuh pertama yang merespon pesan ketika sperma bertemu sel telur. Maka tidak heran jika payudara sensitif menjadi salah sati ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama.

Payudara bisa terasa nyeri ketika disentuh. Payudara juga terasa lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Perubahan ini mungkin tidak jauh berbeda dari tanda PMS. Pada PMS perubahan hanya bertahan saat menstruasi berlalu.

Perubahan juga bisa terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang jadi lebih gelap. Perubahan ini terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan dan sering jadi tanda pertama kehamilan.

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

10. Sering Buang Air Kecil

Meski sering buang air kecil termasuk ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama, namun tidak semua wanita merasakan ciri-ciri ini. Bbisa saja buang air kecil yang meningkat karena pola asupan makanan dan minuman yang memengaruhi.

11. Heartburn

Hormon bisa merubah segalanya selama kehamilan. Termasuk katup antara perut dan kerongkongan yang menjadi rileks selama kehamilan. Kemudian, bagian tersebut dapat timbul asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Saat mengalami ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama ini, perhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Ini membuat wanita kerap mual hingga mengeluarkan kembali isi perutnya. Usahakan untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

12. Mood Swing

Mengingat hormon mudah berubah saat hamil, maka tidak heran jika hal tersebut bisa mempermainkan emosi wanita. Wanita bisa merasa luar biasa emosional. Wanita juga mungkin akan mengalami perubahan suasana hati. Ini adalah hal yang sangat umum selama awal kehamilan.

6 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

13. Meriang

Kondisi sakit kepala, kembung, dan hidung tersumbat sangat identik dengan meriang. Meriang bisa jadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama. Hal ini berkaitan dengan gejolak hormon yang dialami tubuh. Sakit kepala ketika hamil terasa berat di minggu-minggu pertama kehamilan.

Tidak hanya sakit kepala, namun juga hidung tersumbat. Kondisi yang dialami hampir mirip flu, meski tidak menunjukkan gejala flu sebelumnya. Bahkan, pada beberapa wanita ada yang sampai mengalami mimisan karena hidungnya kering.

Kemudian, adanya perubahan hormon selama awal kehamilan juga dapat menyebabkan perut merasa kembung. Kembung yang dirasakan mirip dengan kembung selama masa menstruasi. Beberapa wanita juga bisa mengalami sembelit.

14. Telat Datang Bulan

Telat datang bulan adalah ciri-ciri hamil muda 1 minggu yang sangat mudah dikenali. Wanita sangat mungkin melewatkan siklus haid empat minggu setelah pembuahan.

Setelah implantasi selesai, tubuh mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

15. Morning Sickness

Morning sickness adalah ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang juga mudah dikenali. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah tanda kehamilan yang paling awal. Morning sickness bahkan bisa terjadi pada 80 persen dari semua wanita hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini