Sukses

12 Wisata Madura Bangkalan yang Wajib Dikunjungi, Destinasi Alam sampai Kuliner Unik

Liputan6.com, Jakarta Berbagai wisata Madura Bangkalan ini cocok dijadikan destinasi wisata. Bangkalan sendiri adalah salah satu kabupaten yang terletak paling barat di Pulau Madura. Kabupaten ini dapat dikatakan sebagai pintu gerbang Pulau Madura. Di sinilah letak dari Pelabuhan Kamal dan Jembatan Suramadu yang menjadi penghubung pulau Madura dan Jawa.

Bangkalan menjadi kabupaten pertama yang pengunjung pijak ketika sampai di pulau Madura dari Jembatan Suramadu. Seiring perkembangannya, semakin beragam wisata Madura Bangkalan yang menarik untuk dikunjungi. Wisata Madura Bangkalan mulai dari bukit, pantai, religi, kota, bahkan kuliner yang siap menggoyang lidah.

Wisata Madura Bangkalan juga menjadi destinasi alternatif jika kamu sedang berada di daerah Jawa Timur. Jarak tempuh menuju wisata Madura Bangkalan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dan biayanya tidak menguras kantong.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai macam-macam wisata Madura Bangkalan mulai dari pantai hingga wisata kulinernya. Simak ulasannya berikut ini, Selasa (5/1/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata Madura Bangkalan: Pantai

1. Pantai Siring Kemuning

Wisata Madura Bangkalan berupa pantai ini lokasinya ada di desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Pantai ini berjarak kurang lebih 41 kilometer dari pusat Kabupaten Bangkalan. Daya tarik pantai ini karena hamparan pasir putihnya yang kekuningan. Pantai Kemuning juga cukup ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

 

2. Pantai Sembilangan

Sedangkan Pantai Sembilangan adalah Wisata Madura Bangkalan yang ada di Desa Sambilangan, Bangkalan. Yang menjadi daya tarik pantai ini yaitu kehadiran Mercusuar Sembilangan. Mercusuar ini ternyata adalah bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang digunakan untuk navigasi kapal-kapal yang melintas di Selat Madura. Aktivitas nelayan juga bisa dengan mudah ditemui pada pantai ini.

3 dari 7 halaman

Wisata Madura Bangkalan: Bukit Kapur

3. Bukit Jaddih

Bukit Kapur Jaddih adalah wisata Madura Bangkalan populer. Dahulu, Bukit Jaddih adalah lokasi penambangan batu kapur yang kini juga dijadikan objek wisata. Bekas penambangan meninggalkan pahatan yang unik dan indah. Di dalam bukit ini juga terdapat gua-gua kecil serta danau dengan air berwarna biru. Hingga kini aktivitas tambang masih berlangsung di Bukit Jaddih.

 

4. Bukit Arosbaya

Bukit Arosbaya adalah wisata Madura Bangkalan yang lokasi tepatnya ada di Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Bukit Arosbaya juga merupakan lokasi bekas penambangan kapur tulis yang sudah tidak beroperasi lagi. Bekas pahatan yang tidak beraturan memberi corak yang indah. Bukit kapur Arosbaya juga punya panorama bukit kapur yang cenderung kecokelatan. Di sekitar bukit juga terdapat gua-gua kecil yang terbentuk karena aktivitas penambangan.

4 dari 7 halaman

Wisata Madura Bangkalan: Taman

5. Alun-alun Bangkalan

Alun-alun Bangkalan juga salah satu wisata Madura Bangkalan yang terkenal. Lokasi ini adalah tempat favorit warga sekitar untuk nongkrong dan berkumpul. Di malam hari, tempat ini jadi pusat kuliner yang menjajakan beragam jenis makanan, dari kuliner tradisional hingga modern. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap mulai dari ruang terbuka hijau, taman bermain anak, sampai lokasi untuk duduk bersantai.

 

6. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Taman Rekreasi Kota Bangkalan sendiri adalah Wisata Madura Bangkalan berupa taman rekreasi. Taman ini dikelola langsung oleh pemerintah setempat. Di dalamnya ada beragam wahana rekreasi keluarga seperti permainan anak, ruang terbuka hijau, sampai danau buatan. Ada juga kolam renang yang biasanya digunakan untuk renang baik oleh orang dewasa atau anak-anak.

5 dari 7 halaman

Wisata Madura Bangkalan: Religi

7. Pesarean Aermata

Pesarean Aermata ada di Karang Pao, Arosbaya yang lokasinya tidak jauh dari Bukit Arosbaya. Pesarean Aermata ini adalah kompleks pemakaman bangsawan Madura dari Wangsa Cakraningrat, beserta kerabat dan abdi dalem istana lainnya.

Ketika mengunjungi Pesarean Aermata, pengunjung dapat melihat sumber mata air yang dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Menurut legenda, mata air ini muncul sebagai bentuk kesedihan Syarifah Ambami, istri Cakraningrat I karena sang suami kecewa padanya.

 

8. Masjid Agung Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan ada di Jl. KH. Moh. Kholil, Demangan Barat, Kabupaten Bangkalan. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 11.527 meter persegi. Sedangkan bangunan masjid ini sendiri memiliki luas 3.000 meter persegi. Arsitektur bangunan masjid ini juga masih asli sejak awal dibangun.

6 dari 7 halaman

Wisata Madura Bangkalan: Kuliner Bebek

9. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay merupakan salah satu kuliner yang paling terkenal di Bangkalan. Bebek Sinjay adalah olahan bebek goreng dengan bumbu rempah khas Madura. Bebek Sinjay disajikan dengan sambal mangga atau biasa disebut sambal pencit.

Rasa rempah yang gurih berpadu rasa pedas asam pada sambalnya jadi favorit banyak orang saat berkunjung ke Bangkalan. Di Bangkalan, Bebek Sinjay dapat ditemukan di Jl. Raya Ketengan No.45, Junok, Tunjung, Kec. Burneh, Kabupaten Bangkalan.

 

10. Bebek Songkem

Selain Bebek Sinjay, Bebek Songkem juga salah satu olahan bebek yang terkenal. Bebek Songkem merupakan masakan khas madura berupa olehan bebek yang dikukus. Bebek songkem dimasak dengan dikukus sehingga rendah kolesterol.

Cita rasa Bebek Songkem gurih, garing tanpa minyak, empuk, dan pedas. Salah satu Bebek Songkem yang terkenal di Bangkalan di adalah Bebek Songkem Pak Salim yang ada di Jl. Raya Ketegan No.85, Ketengan, Tunjung, Kec. Burneh, Kabupaten Bangkalan.

7 dari 7 halaman

Wisata Madura Bangkalan: Kuliner Unik

11. Topak Ladeh

Topak Ladeh adalah hidangan khas Kabupaten Bangkalan. Hidangan ini biasa hadir ketika perayaan lebaran ketupat. Topak atau topa' berarti ketupat. Ladeh sendiri merupakan istilah gabungan racikan bumbu untuk membuat kuah ladeh. Ada juga yang beranggapan bahwa ladeh merupakan istilah lain dari lodeh, yang merupakan sejenis sayur bersantan.

Kuah dari hidangan ini mengandung santan dan berisi sayur mayur seperti irisan rebung, kacang panjang serta labu siam. Bedanya dengan lodeh, kuah hidangan ini juga diisi lauk berupa daging sapi berikut jeroan berupa usus atau babat serta telur rebus sebagai pelengkap.

 

12. Soto Mata Sapi

Soto ini berbahan dasar mata sapi asli utuh yang masih terbalut tulang. Kemudian, diberi racikan bumbu rahasia sehingga kuah soto berwarna merah. Soto Mata Sapi mungkin tidak bisa ditemukan di daera lainnya. Soto ini disajikan dengan ketupat atau lontong yang diberi tambahan irisan babat atau daging sapi. Kuliner ekstrem ini bisa ditemukan tepatnya di kawasan Jalan Raya Burneh Bangkalan.