Sukses

6 Situs Desain Grafis Online, Mudah Digunakan oleh Pemula

Berikut beberapa situs desain grafis online yang mudah digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan akan media promosi kerap kali jadi masalah ketika ada kendala pada alat yang digunakan. Baik perangkat keras maupun lunak yang digunakan untuk membuat media promosi tersebut terkadang jadi kendala. Pasalnya tidak semua orang memiliki perangkat yang dibutuhkan. Salah satunya ketika akan membuat media promosi dalam bentuk desain grafis. Tentunya kamu butuh perangkat lunak alias software yang mampu menunjang pekerjaanmu.

Tentunya desain grafis terutama untuk promosi dibuat menarik dan informatif, agar pesan yang ada mampu disampaikan dengan baik pada khalayak. Tidak perlu khawatir, jika memang perihal dana sering menjadi masalah untuk menyewa jasa desain grafis, kamu bisa membuatnya sendiri dengan bantuan situs desain grafis online. 

Hadirnya situs desain grafis online ini, bisa memudahkanmu untuk menggunakannya di mana saja. Kamu juga tidak perlu khawatir jika tidak punya kemampuan desain. Biasanya, pada situs desain grafis online tersebut banyak tersedia ratusan template yang bisa kamu gunakan. Cukup berikan modifikasi agar karya desain grafismu berbeda dengan yang lain.

Nah, selain mudah digunakan, situs desain grafis online banyak juga yang gratis. Jadi tidak perlu takut keluar biaya. Kalaupun berbayar, biasanya dikarenakan fitur yang digunakan adalah fitur situs desain grafis online premium.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber, apa saja situs desain grafis online yang tentunya gratis dan mudah untuk kamu gunakan, Kamis (7/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Canva

Canva adalah salah satu situs desain grafis online yang paling populer. Di situs ini terdapat berbagai template yang bisa digunakan. Selain itu, fitur yang tersedia juga bisa dikatakan sangat sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Kamu bisa mencari berbagai kategori template di situs ini. Selain itu, template yang sudah dipilih juga masih mungkin untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu, baik diganti dari segi gambar, teks, warna, dan lain sebagainya.

Banyak juga stok gambar yang disediakan Canva dan bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Kamu juga bisa menyimpan hasil desainmu ke dalam berbagai format seperti PDF, JPG, dan PNG.

3 dari 7 halaman

2. Piktochart

Biasanya, jika kamu ingin membuat desain grafis untuk poster, situs ini akan cocok digunakan. Pada situs desain grafis online ini, jika ada yang tidak sesuai dengan preferensimu, kamu bisa menyesuaikan semuanya, baik dari teks, warna, atau gambar.

Piktochart juga menawarkan berbagai gambar yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Selain itu, pada situs ini yang cukup menarik perhatian adalah skema warna. Kamu bisa mengubah skema warna keseluruhan hanya dengan satu klik. Sayangnya, situs ini juga memiliki kekurangan, di mana kamu hanya bisa menyimpan hasil desainmu secara gratis ke dalam format PNG.

4 dari 7 halaman

3. Poster My Wall

Situs desain grafis online ini hampir sama dengan situs desain sebelumnya. Di dalam situs Poster My Wall tersedia foto stok dan di dalam situs ini juga memungkinkan kamu menambahkan foto dari Facebook, Google Drive, serta Dropbox.

Selain itu, hal yang cukup menarik adalah bahwa situs desain grafis online ini menunjukkan sub-menu dengan setiap opsi. Hal tersebut bisa membuatmu lebih mudah untuk mengoperasikannya. Menariknya lagi, kamu juga tidak perlu login agar bisa membuat desain grafis.

Akan tetapi, kekurangan dari situs ini adalah hasil desainmu akan terdapat watermark, serta tidak ada pilihan format gambar yang disediakan pada situs desain grafis online gratis ini.

5 dari 7 halaman

4. Crello

Situs desain grafis online berikutnya adalah Crello. Situs ini juga menawarkan fitur serupa dengan beberapa situs di atas. Kamu bisa mengubah gaya teks yang digunakan, font, bahkan warnanya. Bahkan di situs ini, kamu juga bisa dengan mudah mengubah gambar serta menambahkan efek pada gambar tersebut.

Crello bisa dibilang cukup mirip dengan Canva, situs web ini juga menyediakan fitur berupa konten premium yang bisa digunakan dengan berbayar. Namun tenang saja, meski begitu konten gratis yang tersedia sudah cukup banyak, seperti foto, stiker, ikon, bingkai, dan lain sebagainya.

Kemudian, jika menggunakan konten gratis, maka hasil karyamu tidak ada tanda air alias watermark. Tentu ini menambah estetika dan daya tarik bagi pengguna. Pasalnya beberapa watermark terkadang mengganggu visual dari karya yang dibuat.

Hanya saja, kamu perlu login dengan email atau sosial media untuk dapat menggunakan berbagai fitur yang ada di situs desain grafis online ini.

6 dari 7 halaman

5. Adobe Spark

Adobe Spark merupakan salah satu situs desain grafis online lainnya yang mudah digunakan mendesain poster, bahkan posting media sosial. Mungkin kamu akan mengira jika harus menginstall terlebih dahulu Adobe Spark di perangkatmu. Tidak, kamu tidak perlu melakukannya. Cukup pilih “pricing” kategori “starter plan”, dengan begitu kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur Adobe Spark dengan gratis.

Ada banyak template yang bisa kamu gunakan. Adobe Spark juga memungkinkanmu mengunduh format PNG, JPG, dan PDF dari gambar. Selain itu, yang menarik dari Adobe Spark adalah versi gratisnya tidak memiliki banyak keterbatasan. Seperti penggunaan ikon, gambar, serta gaya teks hampir tidak terbatas. Satu-satunya kekurangan pada Adobe Spark, yaitu ada watermark di hasil karyamu. Jika ingin menghilangkan watermark tersebut, kamu perlu menggunakan fitur berbayar.

7 dari 7 halaman

6. Snappa

Snappa merupakan situs lain yang memungkinkanmu membuat desain grafis yang keren. Snappa memiliki banyak opsi untuk template, tergantung pada tema yang diambil. Kamu juga bisa mengubah ukuran template.

Kamu juga bisa membuat Sampul Facebook dan Twitter, Thumbnail YouTube serta kebutuhan story atau feed Instagram. Versi dasar Snappa gratis untuk satu pengguna dan kamu bisa mengakses hingga 5000 template berbeda.

Nah, jadi tidak alasan untuk kesulitas membuat desain sesuai keinginanmu, ya. Selamat mencoba berbagai situs desain grafis online di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini