Sukses

6 Background PowerPoint Keren dan Tips Atasi Grogi saat Presentasi

Beberapa contoh background PowerPoint keren ini bisa jadi inspirasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan background PowerPoint keren dan tepat bisa membuat presentasimu semakin menarik. Tentu, dengan background PowerPoint keren dan tepat, informasi yang disampaikan saat presentasi dapat lebih mudah ditangkap oleh audiens.

Pasalnya, penggunaan background PowerPoint keren dan sesuai dengan inti materi, dapat membuat fokus audiens semakin tinggi terhadap materi yang disampaikan saat presentasi. Sebab selain menarik perhatian, background PowerPoint keren dan tepat juga akan membuat mata semakin nyaman.

Bayangkan saja jika background PowerPoint yang digunakan terlalu mencolok, atau bahkan warnanya banyak yang “tabrakan” dengan warna font yang digunakan, selain tidak nyaman dilihat, informasi yang ditampilkan juga tidak semuanya terbaca.

Jika memang kamu kesulitan membuat background PowerPoint keren, tidak ada salahnya mencari contoh-contoh yang banyak tersebar di internet. Jika masih bingung dan tidak kunjung menemukannya, jangan khawatir. Berikut ini Liputan6.com telah menyediakan berbagai contoh background PowerPoint keren yang bisa kamu jadikan inspirasi, Kamis (7/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Background Simpel Putih

Background PowerPoint keren di atas menggunakan warna putih sebagai warna dasarnya. Kemudian, agar mendapatkan aksen-aksen yang lebih menarik, ditambahkan beberapa bentuk di ujung-ujung dari background PowerPoint keren ini.

Sebenarnya, menggunakan background PowerPoint keren dengan warna putih seperti ini akan memudahkan kamu saat konten yang digunakan banyak menggunakan tulisan-tulisan. Sebab, warna tulisan cenderung tidak akan 'tabrakan' dengan warna putih yang digunakan.

Pada background PowerPoint keren di atas juga terlihat banyak 'lahan' yang bisa dijadikan tempat meletakkan tulisan-tulisan atau informasi tambahan yang ingin disampaikan.

3 dari 7 halaman

2. Background Pelangi

Berbeda dari background PowerPoint keren sebelumnya, background PowerPoint keren di atas ini banyak menggunakan kombinasi warna dan lebih condong ke warna Pelangi. Jika konten dari presentasimu tidak banyak menggunakan tulisan, maka background PowerPoint keren ini akan sangat cocok.

Sebab, background PowerPoint keren ini menggunakan lingakaran di tengahnya. Lingkaran ini akan sangat berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan poin-poin penting dari presentasi yang akan kamu sampaikan.

Namun, karena background PowerPoint keren ini menggunakan banyak warna, hati-hati saat memilih warna font huruf. Tujuannya agar tulisan yang digunakan tidak sulit dibaca akibat warnanya 'tabrakan'.

4 dari 7 halaman

3. Background Hitam Pelangi

Sedangkan background PowerPoint keren ini memiliki warna dasar hitam. Warna hitam yang digunakan juga memberi kesan tegas pada presentasimu. Sedangkan aksen Pelangi yang digunakan bisa membuat presntasimu semakin berkesan.

Pada background PowerPoint keren ini, terdapat banyak sekali 'lahan' untuk meletakkan konten dari presentasimu. Jadi tidak perlu takut akan kesulitan saat informasi yang akan disampaikan banyak berupa tulisan-tulisan.

5 dari 7 halaman

4. Background Abu-Abu Ungu

Selanjutnya, background PowerPoint keren ini menggunakan warna dasar abu-abu dan diberi kombinasi warna ungu. Penggunaan background PowerPoint keren ini memudahkanmu untuk membuat presentasi yang nyaman dilihat audiens.

Banyak tempat yang bisa digunakan untuk meletakkan konten yang dibutuhkan. Selain itu, warna yang digunakan untuk warna huruf juga tidak sulit dicari, karena dasar warnanya mudah dipadukan.

6 dari 7 halaman

5. Background Biru

Lalu, contoh background PowerPoint keren yang terakhir memiliki warna biru dengan aksen lingkaran dan kotak yang tidak terlalu mencolok. Menggunakan background PowerPoint keren ini bisa membuat presentasimu semakin menarik.

Jika kamu menggunakan background PowerPoint keren ini, kamu bisa menggunakan warna font cerah seperti putih agar terlihat jelas.

7 dari 7 halaman

Tips Tidak Grogi saat Presentasi

Banyak pakar yang mengatakan apabila perasaan grogi muncul akibat melemahnya rasa percaya diri seseorang. Grogi sering berdampak pada apa yang kamu presentasikan kurang memuaskan dan apa yang disampaikan tidak sesuai harapan. Berikut tips mengatasi grogi tersebut.

 

Sandarkan tangan ke meja

Apabila tidak ada meja, cari permukaan yang bisa digunakan menyandarkan tanganmu. Gunakan meja yang menyentuh lantai. Tujuannya agar kamu bisa membayangkan energi grogi pindah ke meja dan perlahan turun ke lantai.

Selain permukaan meja, kamu juga bisa menyentuh dinding dan mungkin bisa sedikit menghilangkan rasa grogi.

 

Berpindah posisi berdiri

Ketika melakukan presentasi, hindari diam dan hanya terpaku pada satu titik. Sebab, saat kamu melakukan hal seperti itu, audiens akan bosan dan mengalihkan perhatiannya dari presentasi yang sedang kamu lakukan. Coba untuk sesekali bergerak, hal tersebut juga bisa sedikit mengurangi rasa grogi dan membuat audiens tidak bosan.

 

Tatap mata audiens

Apabila kamu ingin audiens perhatian kepada presentasi yang kamu lakukan, maka tatap mata mereka. Kunci tatapan tersebut dan sedikit gerakan tubuh kamu. Jika kamu berhasil mengunci tatapan mata audiens, itu tandanya presentasi berhasil dan perhatian audiens meningkat. Ikuti suasana tersebut, maka grogi yang kamu rasakan akan hilang sendirinya.

Jadi, selain menggunakan background PowerPoint keren juga perlu diperhatikan tips mengatasi grogi tersebut ketika presentasi. Semoga berhasil dan tips di atas berguna, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.