Sukses

8 Manfaat Bunga Pepaya bagi Tubuh, Mengontrol Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Bunga pepaya memiliki ciri khas warna putih, kuning, dan kehijauan. Bunga cantik ini memiliki nilai gizi sangat tinggi dan cocok dikonsumsi. Tidak heran pula jika ada segudang manfaat bunga pepaya bagi tubuh yang menyertainya.

Manfaat bunga pepaya bagi tubuh dapat diandalkan karena efek antioksidan, antiinflamasi, flavonoid, vitamin C, tanin, dan serat alaminya yang cukup kaya. Hal ini yang membuat masalah kardiovaskuler, kanker, diabetes, kolesterol, asma, dan metabolisme dapat dikontrol dengan baik ketika mengonsumsinya.

Untuk bisa merasakan manfaat bunga pepaya bagi tubuh, mengonsumsinya secara rutin perlu dijadikan pilihan. Bisa mulai diolah menjadi menu makanan sehari-hari. Jika merasa aneh mengonsumsi bunga, bisa tambahkan daun pepaya dan buah pepaya mentah ketika mengolahnya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat bunga pepaya bagi tubuh dari berbagai sumber, Jumat (8/1/2021).

2 dari 7 halaman

Mengatasi Kardiovaskuler dan Mengontrol Gula Darah

Kardiovaskuler

Menurut WHO, penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor 1 secara global. Penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit kardiovaskular yang signifikan.

Penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa termasuk serangan jantung, stroke, dan aneurisma. Manfaat bunga pepaya bagi tubuh dapat membantu mengatasinya. Konsumsi bunga pepaya secara rutin dapat membantu dengan menormalkan kembali tekanan darah.

Zat bunga pepaya sangat berguna untuk mengatur sirkulasi darah dalam tubuh, dan mensirkulasi kembali sirkulasi darah. Bunga pepaya mengandung agen tingkat tinggi untuk mencegah stroke yang dapat disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk di dalam tubuh. Lancarnya sirkulasi darah akan membantu jantung tetap sehat, dan dapat mencegah gejala serangan jantung.

Gula Darah

Salah satu manfaat bunga pepaya bagi tubuh adalah membantu mengontrol gula darah yang tinggi, khususnya pada penderita diabetes mellitus.

Berbagai penelitian menemukan bahwa ekstrak bunga pepaya dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki fungsi dari sel-sel pankreas.

Studi tersebut meneliti konsumsi air ekstrak bunga pepaya yang diminum selama 30 hari. Hasil yang didapatkan adalah kadar gula darah menurun secara signifikan.

Temuan ini juga didukung dengan terlihatnya jumlah sel pankreas yang lebih banyak dan lebih sehat jika dibandingkan dengan penderita diabetes yang tidak mengonsumsi secara rutin ekstrak bunga pepaya.

3 dari 7 halaman

Mengontrol Kolesterol

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi sampai mereka mengalami komplikasi serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi. Faktor gaya hidup lainnya juga dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi.

Untungnya ada manfaat bunga pepaya bagi tubuh yang dapat diandalkan mengontrolnya. Kandungan folat dan antioksidan dalam bunga pepaya membuat kolesterol jahat berkurang dan menjaga stabilitas kolesterol dalam tubuh.

 

4 dari 7 halaman

Mengatasi Kanker

Manfaat bunga pepaya bagi tubuh sangat baik untuk pencegahan dan pemulihan kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dan antioksidan yang dimilikinya. Keduanya membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, termasuk masalah kanker.

Flavonoid dan antioksidannya juga dikenal memiliki kemampuan dalam menjaga stabilitas sistem kekebalan tubuh. Selain bunga, ekstrak dari daun pepaya juga dinilai memiliki potensi sebagai tambahan dalam mengatasi kanker jenis tertentu.

Penelitian di Jepang mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki efek anti tumor dengan menghambat pertumbuhan sel-sel ganas. Bahan ini juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi gen yang dapat menghancurkan sel-sel tumor.

5 dari 7 halaman

Mencegah Diabetes

Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh sebagai penyebab utama diabetes. Bunga pepaya memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Bunga pepaya mengandung vitamin C yang cukup banyak. Dalam satu studi, peningkatan asupan vitamin C mengurangi penanda inflamasi dan kadar gula darah puasa untuk orang dengan diabetes tipe 2 atau tekanan darah tinggi.

6 dari 7 halaman

Meredakan Asma

Bersama daun pepaya, bunga pepaya bisa membantu mengurangi derajat keparahan asma. Pada penyakit asma, terjadi reaksi peradangan pada saluran pernapasan sehingga saluran menjadi bengkak dan menghasilkan banyak lendir.

Selain manfaat bunga pepaya bagi tubuh yang mampu meredakan asma, daun pepaya dikenal mengandung efek anti-inflamasi yang cukup kuat. Efek ini dapat bekerja langsung pada sel-sel di saluran pernapasan.

Jika dibandingkan dengan obat kortikosteroid sejenis metilprednisolone, keduanya memiliki efek yang hampir serupa. Meski demikian, obat metilprednisolone tetap lebih superior.

7 dari 7 halaman

Melancarkan Metabolisme dan Penambah Nafsu Makan

Metabolisme

Membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar bisa didapat dengan manfaat bunga pepaya bagi tubuh. Terdapat kandungan tanin dan serat alami yang membantu organ pencernaan dalam tubuh, mengoptimalkan fungsinya.

Kandungan nutrisi ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Tanin juga merupakan molekul yang berguna bagi kesehatan manusia karena sifat antioksidannya. Mereka memiliki kapasitas untuk melindungi jaringan dari aksi radikal bebas akibat proses penuaan sel.

Metabolisme mengacu pada semua proses kimia dalam tubuh. Semakin cepat metabolisme, semakin banyak kalori yang dibutuhkan tubuh. Metabolisme adalah alasan beberapa orang bisa makan banyak tanpa menambah berat badan.

Bunga pepaya mengandung serat dan vitamin yang memadai untuk membantu penurunan berat badan. Kemampuan bunga pepaya untuk melancarkan metabolisme juga mampu mengontrol berat badan dalam angka normal.

Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan terjadi ketika seseorang memiliki keinginan rendah untuk makan. Berbagai faktor dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, termasuk penyakit mental dan fisik.

Jika kurang nafsu makan berlangsung lebih dari beberapa hari, itu bisa menyebabkan penurunan berat badan atau kekurangan gizi. Maka dari itu, manfaat bunga pepaya bagi tubuh perlu dijadikan andalannya.

Sama seperti daunnya yang dikenal untuk penambah nafsu makan, bunga pepaya pun memiliki manfaat serupa. Bunga pepaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Cukup tambahkan daun pepaya pada menu harian anak, nafsu makan akan bertambah dari nutrisi yang ada pada bunga pepaya.