Sukses

10 Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut, Kaya Manfaat

Liputan6.com, Jakarta Minyak kelapa termasuk bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut. Minyak kelapa dapat membantu mengurangi kehilangan protein rambut dan membuatnya tetap terlihat sehat. Minyak kelapa adalah pelembap yang sangat baik untuk rambut.

Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat. Ini memberi minyak kelapa struktur panjang dan lurus, yang lebih mudah diserap jauh ke dalam batang rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebelum dan sesudah mencuci rambut untuk membantu mencegah kerusakan dan menjaga agar rambut terlihat berkilau dan sehat.

Salah satu cara memanfaatkan minyak kelapa untuk rambut adalah menjadikannya masker rambut. Perawatan masker rambut minyak kelapa dapat mengurangi rambut rontok dan melembapkan rambut dan kulit kepala. Masker rambut minyak kelapa juga bisa menjadi kondisioner alami untuk rambut.

Berikut cara menggunakan minyak kelapa untuk masker rambut, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Jumat(8/1/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut

Masker minyak kelapa untuk rambut kering

Masker rambut ini menggabungkan kebaikan telur dan madu dengan minyak kelapa. Telur mengandung protein, mineral, lemak, dan vitamin B kompleks yang membantu memperkuat rambut dan memperbaiki teksturnya. Sementara madu memiliki sifat melembapkan rambut secara mendalam.

Lelehkan dua sendok makan minyak kelapa di atas kompor atau microwave. Kocok satu telur secara terpisah sebelum mencampurkannya dengan minyak. Pastikan minyak telah benar-benar dingin sebelum menambahkan telur agar telur tidak matang. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata.

Basahi rambut dan bagi menjadi beberapa bagian. Aplikasikan masker dengan pijatan lembut ke setiap bagian, lapisi secara merata. Bungkus rambut dengan handuk bekas atau shower cap. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan sampo.

Masker minyak kelapa untuk pertumbuhan rambut

Panaskan 2 sendok makan extra virgin coconut oil (buat menjadi 3 sendok makan untuk rambut panjang dan 1 sendok makan untuk rambut pendek). Campur dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E untuk nutrisi ekstra.

Bagi rambut menjadi beberapa bagian dan aplikasikan setiap bagian, dari akar hingga ujung, dengan masker ini. Tutupi rambut dengan topi mandi atau handuk dan diamkan semalaman. Bilas masker dengan sampo di pagi hari. Minyak zaitun melembutkan rambut dan menyediakan protein penting untuk pertumbuhan rambut.

3 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut

Masker minyak kelapa untuk rambut keriting

Masker untuk rambut keriting ini menggabungkan manfaat alpukat dan minyak kelapa. Alpukat kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini dipercaya dapat menutrisi kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut.

Di dalam mangkuk, hancurkan 1 buah alpukat matang berukuran sedang sampai halus. Campurkan 2-3 sendok makan minyak kelapa murni sampai membentuk pasta halus. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Oleskan masker secara merata ke setiap bagian rambut. Tutupi rambut dengan shower cap agar masker meresap ke dalam. Bilas masker setelah satu jam dengan sampo biasa.

Masker minyak kelapa untuk rambut berminyak

Rambut berminyak terlihat tidak bernyawa dan menarik banyak kotoran. Masker minyak kelapa dan lemon dipercaya dapat mendetoksifikasi rambut sekaligus menghilangkan penumpukan kotoran di kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Campur 1 sendok makan jus lemon dengan 2-3 sendok makan minyak kelapa leleh. Kocok perlahan sampai tercampur rata. Pijat campuran tersebut ke kulit kepala. Biarkan selama satu jam. Bilas dengan sampo dan air dingin.

4 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut

Masker minyak kelapa untuk rambut kusam

Cuka sari apel dikatakan bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat pH rambut. Dikombinasikan dengan minyak kelapa, masker rambut ini dapat memberikan kekuatan pada rambut yang kusam dan rapuh.

Panaskan 2-3 sendok makan minyak kelapa dalam microwave. Tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel dan aduk rata. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Oleskan campuran tersebut ke setiap bagian, dari akar hingga ujung. Biarkan masker selama 20 menit. Cuci bersih dengan sampo dan air.

Masker minyak kelapa untuk rambut rusak

Perawatan masker rambut minyak kelapa dan madu adalah salah satu cara paling sederhana untuk meremajakan rambut kusam dan rusak. Madu telah membuktikan sifat antijamur, antibakteri, dan antioksidan serta kaya akan nutrisi, menjadikannya produk yang bagus untuk kesehatan rambut.

Campur 1 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan madu. Panaskan sedikit campuran agar bahan-bahan saling meleleh. Biarkan campuran mendingin sebelum diaplikasikan. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Oleskan campuran tersebut pada rambut dari akar hingga ujung, menutupi rambut secara merata. Bungkus rambut dan diamkan selama 20 menit sebelum mencuci rambut dengan air hangat dan sampo.

5 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut

Masker minyak kelapa untuk rambut kusut

Ini adalah masker rambut kelapa yang bagus untuk rambut lembut, berkilau, dan tebal. Perpaduan antara pisang dan minyak kelapa mampu melembapkan batang rambut secara mendalam. Ini dapat menjadi solusi untuk rambut kering atau kusut.

Hancurkan 1 buah pisang menjadi bubur dalam mangkuk. Lelehkan 1 sendok makan minyak kelapa dan campur hingga menjadi pasta yang lembut. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Oleskan masker rambut secara merata ke setiap bagian, dari akar hingga ujungnya. Bungkus rambut dan diamkan setidaknya selama 30 menit. Cuci rambut dengan sampo dan air seperti biasa.

Masker minyak kelapa untuk rambut rapuh

Banyak orang percaya bahwa minyak jarak meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak jarak memang asam lemak dan antioksidan yang sangat melembabkan rambut rapuh dan mengurangi kerusakan.

Hangatkan 2 sendok makan minyak kelapa dan minyak jarak. Aduk rata dan biarkan hingga dingin. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Oleskan minyak dari akar hingga ujungnya. Biarkan masker minyak semalaman sebelum mencucinya dengan sampo dan air.

6 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut

Masker minyak kelapa untuk kulit kepala gatal

Masker ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menenangkan kulit kepala yang gatal. Gel lidah buaya memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa menenangkan kulit.

Campur 1 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan gel lidah buaya. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Oleskan masker ke kulit kepala dan lapisi setiap bagian rambut secara merata. Biarkan masker selama 15 menit sebelum mencucinya dengan sampo ringan.

Masker minyak kelapa untuk lembapkan rambut

Minyak kelapa yang dipadukan dengan minyak argan bisa membantu meningkatkan kelembapan rambut. Minyak argan adalah minyak alami yang kaya akan vitamin dan antioksidan, yang dapat membantu menjaga kelembapan.

Panaskan 2 sendok makan minyak kelapa dan 2 sendok makan minyak argan, aduk hingga tercampur rata. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Lapisi setiap bagian dengan masker minyak. Bungkus rambut dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan sampo dan air.