Sukses

13 Penyebab Wasir yang Sering Disepelekan, Kebiasaan Hidup Tidak Sehat

Mulai pahami penyebab wasir atau ambeien agar bisa terbebas dari masalah ini di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta Wasir atau ambeien adalah kondisi ketika pembuluh darah di sekitar anus mengalami pelebaran dan memunculkan benjolan. Penyebab wasir yang umum terjadi dan sering disepelekan ada banyak sekali, berkaitan dengan gaya hidup.

Tanda seseorang mengalami ambeien selain muncul benjolan adalah timbul nyeri, gatal, sampai perdarahan di anus. Untuk bisa menghidarinya, penyebab wasir perlu dipahami dan mulai dihindari.

Banyak orang kerap menyepelekan kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti banyak rebahan, konsumsi makanan pedas, alkohol, duduk lama, mengejan, dan kurang minum air putih. Padahal kebiasaan ini adalah penyebab wasir.

Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas penyebab wasir atau ambeien yang sering disepelekan dari berbagai sumber, Jumat (8/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Wasir atau Ambeien yang Sering Disepelekan

Duduk di Toilet Lama

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan scrolling media sosial saat duduk di toilet. Tapi kebiasaan ini bisa menimbulkan dampak buruk. Duduk atau jongkok di toilet selama lebih dari lima menit setiap kalinya mungkin merupakan ide yang buruk.

Saat jongkok atau duduk di toilet, otot-otot panggul secara alami rileks, untuk persiapan buang air besar. Ototmu dikondisikan mengendur ketika duduk di toilet. Ketika ini terjadi, darah mengalir lebih bebas untuk membentuk wasir atau ambeien.

Kekurangan Serat

Makanan yang dimakan berpengaruh pada kondisi kesehatan. Jika mengonsumsi makanan kurang serat, akan berisiko mengalami sembelit. Ketika mengalami sembelit, Anda dapat mengejan dan menahan secara berlebihan dalam upaya untuk mendorong tinja keluar dari tubuh.

Tekanan ini dapat memengaruhi pembuluh darah di dubur dan saluran anal dan akhirnya menyebabkan pembentukan wasir. Pola makan rendah serat dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk mengembangkan ambeien. Serat tidak larut pada makanan membantu mencegah ambeien.

3 dari 7 halaman

Penyebab Wasir atau Ambeien yang Sering Disepelekan

Jarang Bergerak

Penyebab wasir yang jarang diketahui ialah akibat kebiasaan rebahan sehingga badan menjadi tidak aktif bergerak. Rebahan memang menyenangkan apalgi sambil bermain ponsel dan menonton film, tetapi efeknya cukup buruk untuk kesehatan karena menyebabkan wasir.

Memelihara hobi rebahan skemanya sama dengan terlalu lama duduk yang juga bisa membuatmu terkena ambeien. Oleh karena itu, usahakan setiap hari kamu memiliki aktivitas ringan agar tubuhmu tetap bergerak aktif.

Obesitas

Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal. Secara umum, penyebab utama dari obesitas adalah ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi.

Obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Maka dari itu diperlukan usaha untuk menjaga berat badan seimbang dengan berolahraga. Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

4 dari 7 halaman

Penyebab Wasir atau Ambeien yang Sering Disepelekan

Duduk di Kursi Lama

Jika Anda bekerja di depan komputer dan duduk dalam waktu lama, pertimbangkan untuk melakukan peregangan. Duduk dalam waktu lama bisa memberi tekanan pada pembuluh darah. Ini membuat otot di pembuluh darah meregang dan membentuk wasir.

Posisi duduk terlalu lama juga memberi tekanan besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang. Tak cuma duduk, berdiri terlalu lama tanpa istirahat juga dapat mengembangkan wasir. Bangunlah dan bergeraklah selama satu atau dua menit setiap setengah jam untuk menjaga struktur tubuh tetap sehat.

Kurang Minum Air Putih

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan wasir. Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit yang dikaitkan dengan pengembangan wasir. Tidak minum cukup air dapat membuat tinja lebih keras dan membuatnya lebih sulit untuk dikeluarkan.

Minum banyak air sepanjang hari membantu memastikan bahwa tubuh memiliki cukup air untuk pencernaan yang sehat, yang juga dapat meredakan sembelit. Minumlah banyak air dengan serat. Serat tanpa air membuat tinja keras yang menyebabkan tekanan pada anus.

Banyak bahan kimia dalam makanan dapat menyebabkan atau memperburuk gejala gatal dubur yang umum terjadi pada penderita ambeien. Makanan-makanan ini dapat secara langsung mengiritasi usus besar dan anus dan dapat mencakup cokelat, tomat, dan buah-buahan jeruk. Jadi pastikan untuk banyak minum air putih usai makan makanan ini.

5 dari 7 halaman

Penyebab Wasir atau Ambeien yang Sering Disepelekan

Mengangkat Beban Berlebihan

Berlatih gym dengan angkat beban dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan wasir. Mengangkat benda berat secara berulang dapat menyebabkan ambeien. Wasir disebabkan ketika pembuluh darah di dekat anus membengkak yang sering terjadi ketika mengejan dan memberikan tekanan berlebihan pada perut.

Mengejan dan menahan napas sambil mengangkat beban dapat menyebabkan pembuluh darah di dekat anus menjadi bengkak. Mendengus dan menahan napas saat mengangkat beban memaksa udara di paru-paru ke bawah, memberi tekanan pada organ-organ internal dan pembuluh darah di dubur.

Makan Makanan Pedas

Rempah-rempah panas seperti cabai memiliki banyak zat sehat, termasuk vitamin dan antioksidan. Tapi jika terlalu sering dimakan, makanan ini bisa berdampak buruk. Makan makanan pedas dapat menyebabkan diare.

Kelebihan capsaicin, komponen berapi dari cabai pedas dan saus berbasis lada, dapat menyebabkan diare parah. Makanan manis atau pedas, serta makanan yang digoreng berminyak, dapat menyebabkan atau memperburuk diare.

Kebanyakan orang mengasosiasikan ambeien dengan sembelit, tetapi penyakit ini juga dapat terjadi karena diare. Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus atau dubur, yang dapat robek karena diare atau sembelit.

Selain menyebabkan rasa sakit, wasir internal dan eksternal dapat gatal, terbakar, terluka, pecah, dan dapat berdarah jika tergores atau tegang. Penelitian menunjukkan makan makanan pedas dapat memengaruhi perkembangan ambeien yang lebih parah.

6 dari 7 halaman

Penyebab Wasir atau Ambeien yang Sering Disepelekan

Mengejan Saat BAB

Penyebab wasir yang sering dilakukan adalah mengejan saat buang air besar. Mengejan bisa menimbulkan efek penekanan pada plexus haemorrhoidalis atau pembuluh darah yang mengelilingi rektum dan anus.

Pembukuh darah inilah yang nanti akan merenggang karena mendapat tekanan tinggi dari dalam. Mengejan biasanya dipicu oleh konstipasi atau frekuensi buang air besar yang tidak lancar serta feses yang kering.

Konsumsi Gorengan dan Alkohol

Aneka makanan yang digoreng bisa memperparah wasir dalam dua cara. Pertama, makanan yang digoreng sulit untuk dicerna, sehingga dapat memperlambat sistem pencernaan secara keseluruhan.

Akibatnya, Anda jadi sulit buang air besar. Kedua, makanan yang digoreng biasanya dimasak dengan minyak goreng berbahan nabati, seperti jagung, kedelai, dan lobak, yang mana ketiganya dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus.

Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi rasa sakit saat wasir kambuh, sebaiknya batasi konsumi minuman beralkohol, yaitu satu atau dua gelas.

7 dari 7 halaman

Penyebab Wasir atau Ambeien yang Sering Disepelekan

Bersepeda

Bersepeda dapat berakibat buruk bagi ambeien karena darah yang mengalir ke daerah ambeien dapat menyempit karena duduk lama di kursi sepeda. Kondisi ini juga bisa diperburuk dari gesekan tambahan saat mengayuh.

Jika menderita wasir, bersepeda bisa memperburuh kondisi dan dapat menyebabkan rasa sakit serta pendarahan. Pastikan kursi sepeda disesuaikan dengan benar. Sadel sepeda harus lebih tinggi atau miring sedikit ke bawah. Ketika Anda duduk tepat di kursi dengan satu kaki menjulur ke tanah, pastikan untuk sedikit menekuk di lutut.

Batuk Kronis

Bronkitis kronis merupakan batuk produktif yang lendirnya berwarna kuning keabu-abuan atau kehijauan dapat berlangsung selama tiga bulan dalam setahun dan bisa terjadi setidaknya pada dua tahun berturut-turut.

Batuk kronis yang terjadi terus-menerus bisa menjadi penyebab wasir atau ambeien. Kondisi batuk ini membuat tubuh seolah terus mengejan. Akhirnya pelebaran pembuluh darah terbentuk pada bagian anus dan menjadi wasir.

Kehamilan

Tekanan rahim tersebut akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar dan vena cava inferior. Vena cava inferior merupakan pembuluh besar yang ada di sisi kanan tubuh, yang bertugas menerima darah mengalir dari bagian bawah tubuh.

Peningkatan tekanan dan ukuran rahim dapat menghambat aliran darah kembali ke jantung, akhirnya pembuluh darah di bawah rahim dan anus membesar.

Tidak hanya pada saat proses kehamilan, proses persalinannya juga berpotensi menyebabkan wasir. Hal ini karena adanya kontraksi selama proses persalinan yang bisa menyebabkan otot-otot di sekitar anus menegang. Akhirnya memicu munculnya ambeien atau wasir yang sebelumnya belum pernah dialami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.